PeristiwaMiniatur Kakbah di MAJT Diresmikan, Pembuatan Replika Hajar Aswad...

Miniatur Kakbah di MAJT Diresmikan, Pembuatan Replika Hajar Aswad Bikin Merinding

-

- Advertisment -spot_img

Ketua DPP MAJT Prof DR Noor Achmaddidampingi Sekretaris KH Muhyiddin, dan sejumlah jajaran pengurus lainnya saat meresmikan miniatur Kakbah di halaman MAJT Semarang, Senin (11/6)

 

https://www.instagram.com/p/Bj4inZRgkdx/

SEMARANG – Miniatur Kakbah  di halaman sisi utara masjid Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) di Jalan Gajah Raya Semarang diresmikan Senin (11/6). Peresmian dilakukan oleh Ketua DPP MAJT Prof DR Noor Achmad ditandai dengan pelepasan burung Merpati. Dipilihnya burung Merpati karena terinspirasi dengan banyaknya burung Merpati di tanah Arab Saudi, tak terkecuali di sekitar Masjidil Haram.

“Ini masih proses pembangunan. Sementara baru ada miniatur Kakbah. Nanti akan dilengkapi Makam Ibrahim dan tempat sya’i. Butuh anggaran sekitar Rp 300 juta dengan waktu sekitar enam bulan,” kata Noor Achmad.

Anggota DPR RI ini mengungkapkan, adanya miniatur Kakbah ini nantinya dapat dimanfaatkan oleh para biro perjalanan ibadah haji/ umrah, KBIH, majlis taklim, lembaga pendidikan pendidikan  untuk dijadikan sebagai manasik haji atau umrah.

“Kita akan sampaikan ke mereka ada miniatur yang cukup representatif di MAJT  untuk manasik haji yang baik,” kata mantan Rektor Universitas Wahid Hasyim Semarang ini.

Dijelaskan Noor Achmad, replika Kabah ini sebagai penunjang rencana DPP MAJT untuk menjadikan kawasan ini sebagai ‘Little Makkah’. Setelah ini, segera dibangun Pondok Pesantren Tahfidz Quran yang letaknya ada di sisi utara MAJT. Rencana pendirian pesantren sudah matang, tinggal pembebasan tanah dan pembangunannya. Usai Idul Fitri direalisasikan.

“Untuk biaya pembangunan sudah ada pihak yang bersedia menjadi donatur. Harapan kami, MAJT ini benar-benar menjadi pusat pendidikan, pusat kegiatan keagamaan,” tegasnya.

Sementara dibalik proses pembuatan replika Kakbah ini terdapat cerita yang bikin merinding. Humas MAJT, Beny Arief Hidayat menceritakan, hal yang paling sulit dalam pembuatan miniatur Kakbah ini adalah pembuatan replika Hajar Aswad. Pihak perajinnnya beberapakali mengalami cobaan.

“Replika Hajar Aswad dibuat dari batu akik. Perajinnya sampai terheran saat membuatnya,  sebab alatnya sampai rusak beberapa kali. Perajin yang membuat kuningan bingkai Hajar Aswad, juga alatnya sampai rusak beberapa kali, dia mengaku sampai mereka merinding,” terang Beny. (zp/03)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

ARTUGO Luncurkan Peranti Dapur Dengan Spesifikasi Istimewa

*Dukung Wirausaha Pemula TANGERANG- Diujung semester pertama tahun 2021, ARTUGO kembali meluncurkan sederet peranti dapur terbarunya. Tak tanggung – tanggung,...

Pertamina Berbagi Berkah Bulan Ramadhan

*Bantu Sarana Prasarana Panti Asuhan di Jateng-DIY SEMARANG– Sebagai bentuk tanggung jawab sosial, Pertamina Regional Jawa Bagian Tengah menjalankan program...

Lebaran di Pekalongan Aja Menginap di Hotel Santika Pekalongan

PEKALONGAN - Lebaran Sebentar lagi. Hari yang di identikan dengan kemenangan umat muslim di seluruh dunia yang selalu di...

Pertamina Siagakan Agen dan Pangkalan LPG

*Jelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H SEMARANG– Menyambut Idul Fitri 1442 H, Pertamina Pemasaran Regional Jawa Bagian Tengah menetapkan...
- Advertisement -spot_imgspot_img

PLN Berikan Bantuan Listrik Gratis di Jawa Tengah

SEMARANG - PLN memberikan bantuan penyambungan listrik gratis kepada masyarakat kurang mampu yang berada di wilayah Jawa Tengah. Bantuan...

Pakai Smartfren di Realme C21 Ada Bonus Kuota 384 GB Hingga Hadiah Smart TV

JAKARTA - Smartfren kembali menghadirkan paket bundling terbaik untuk seluruh masyarakat Indonesia. Kali ini pelanggan yang membeli smartphone Realme...

Must read

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...

PGSI Jateng Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Sosial Hadapi Corona

  SEMARANG - Ketua Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI)...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda