Ekonomi BisnisPemilu Usai, Pengusaha Jateng Optimistis Dunia Usaha Kian Menggeliat

Pemilu Usai, Pengusaha Jateng Optimistis Dunia Usaha Kian Menggeliat

-

- Advertisment -spot_img

SEMARANG – Pengusaha di Provinsi Jawa Tengah meyakini dunia usaha akan kembali menggeliat pada pertengahan tahun. Hal tersebut seiring dengan adanya pemimpin baru di Indonesia.

Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Jawa Tengah Frans Kongi mengatakan, perlambatan pertumbuhan dunia usaha dipengaruhi oleh pasar global. Namun, dia meyakini pada triwulan II dunia usaha di Jawa Tengah kembali tumbuh.

“Memang pada awal tahun ini para pengusaha di Jateng banyak yang wait and see. Kami lihat peluang dulu agar tidak mengalami kerugian,” kata Frans, baru-baru ini.

Terkait perlambatan pertumbuhan ekspor, Frans mengatakan hal itu disebabkan para pengusaha masih fokus menggarap pasar domestik. Selain itu, berkurangnya permintaan dari luar negeri juga mempengaruhi perlambatan pertumbuhan ekspor Jateng.

“Awal tahun ini kami fokus kepada pasar dalam negeri. Tapi kami yakin pertengahan sampai akhir tahun ini dunia usaha terus tumbuh signifikan,” ujarnya.

Dari data Bank Indonesia, pada triwulan l 2019, ekspor luar negeri di Jawa Tengah tumbuh 3,45% (yoy), lebih rendah dibanding pertumbuhan triwulan sebelumya 7,12% (yoy).

Kepala Grup Advisory dan Pengembangan Ekonomi BI Jateng Rahmat Dwi Saputra mengatakan, berdasarkan komoditas, pertumbuhan ekspor yang melambat berasal dari komoditas mebel dan kayu olahan, barang dari karet, bahan kimia, serta produk plastik.

Sedangkan komoditas ekspor unggulan Jawa Tengah lainnya berupa tekstil dan produk tekstil serta alas kaki tumbuh lebih tinggi pada triwulan I 2019.

“Dengan perlambatan ini, kontribusi ekspor luar negeri terhadap pertumbuhan ekonomi Jawa Tengah mengalami penurunan,” terangnya.

Sementara, impor luar negeri Jawa Tengah juga menunjukkan perlambatan, yaitu dari 21,73% (yoy) pada triwulan IV 2018 menjadi 6,12% (yoy) pada triwulan I 2019. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

PLN UP2D Garap Pemeliharaan Kubikel GI Mranggen

SEMARANG- PLN Unit Pelaksana Pengatur Distribusi (UP2D) Jawa Tengah dan DIY, pada Minggu (21/11/2021) telah melaksanakan kegiatan pemeliharaan rutin...

BCA Hadirkan Bakti Sosial Operasi Katarak Bersama Perdami

PURWOKERTO, 27 November 2021 – Katarak menjadi salah satu penyebab kebutaan bagi indera penglihatan yang dapat diderita siapa saja....

DPD MKGR Jawa Tengah Dukung Airlangga Hartarto Jadi Presiden

SEMARANG - Pelantikan Pengurus DPD Ormas MKGR Jawa Tengah digelar di Ballroom Hotel Santika Kota Semarang, Sabtu (27/11/2021). Sebelumnya, Musda...

SGM Eksplor Apresiasi Guru Bersama Alfamart

JAKARTA - Danone Specialized Nutrition (SN) Indonesia melalui merek susu pertumbuhan SGM Eksplor bekerja sama dengan PT Sumber Alfaria...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Ada Pameran SAUTO Expo di Mal Ciputra Semarang, Deretan Mobil Baru Turut Dihadirkan

SEMARANG - Deretan mobil terbaru bakal dipamerkan dalam SAUTO Expo di atrium Mal Ciputra Semarang pada 26 November hingga...

200 Pedagang Pasar Kaliwungu Kendal Gunakan Transaksi Digital QRIS

KENDAL - Sebanyak 200 pedangang di Pasar Kaliwungu, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah sudah menggunakan transaksi digital dengan Quick Response...

Must read

Akhir 2021, Dafam Buka 2 Hotel Baru SEMARANG- Pandemi tidak...

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda