Pemprov Jateng Ajak Mahasiswa Bersiap Hadapi Era Indutri 4.0

Sekretaris Daerah Provinsi Jateng, Sri Puryono.

SEMARANG- Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mengungkapkan, Mahasiswa harus ikut berperan dalam menumbuhkan ekonomi di Jateng. Pasalnya, di era industri 4.0 mahasiswa harus menciptakan tekhnologi terbaru untuk kemajuan industri.

Sekretaris Daerah Provinsi Jateng, Sri Puryono mengatakan, perguruan tinggi harus melakukan riset dan inovasi, serta harus berbenah dan menyesuaikan diri dengan kemajuan teknologi terbaru.

“Revolusi Industri 4.0 harus diterapkan secara menyeluruh dengan mengedepankan perkembangan teknologi terbaru. Mahasiswa harus menjadi pionir dalam melakukan riset untuk perkembangan serta inovasi terbaru,” katanya Kamis (19/7).

Dikatakan, di Jawa Tengah banyak sekali potensi hasil karya mahasiswa yang belum dioptimalkan karena kurangnya sinergitas antara kampus dan perusahaan. Saat ini baru Undip yang rutin menjalin kerjasama dengan beberapa perusahaan yang ingin melakukan inovasi.

Dia melanjutkan, penelitian pada tiap perusahaan dengan melibatkan mahasiswa juga harus intens dilakukan. Pasalnya pada era Revolusi Industri 4.0 dampak teknologi akan sangat terasa.

“Revolusi industri 4.0 menitikberatkan perkembangan industri menuju lebih canggih dengan berbasis internet. Karena saat ini banyak sekali perusahaan aplikasi yang sukses dan mempunyai omzet besar,” ungkapnya.

Ditambahkan, kalangan pengusaha harus pula mempelajari perkembangan tekhnologi agar tidak tergerus oleh revolusi industri yang tidak bisa ditahan. Untuk itu, otomatisasi sistem harus terus dikembangkan lebih baik lagi. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here