PeristiwaPertamina Jamin Stok BBM Aman

Pertamina Jamin Stok BBM Aman

-

- Advertisment -spot_img

SEMARANG– Untuk mengantisipasi lonjakan kebutuhan BBM selama liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2018, Pertamina MOR IV membentuk Satgas BBM yang siap siaga menjaga keamanan stok dan pasokan ke beberapa SPBU di Jawa Tengah. Selain itu juga menyediakan 18 SPBU ‘Kantong’ bersifat sebagai mobile storage yang berfungsi memperpendek jarak suplai.

Pada jalur mudik dan jalur wisata yang rentan mengalami kepadatan, Pertamina juga telah menyiapkan kios BBK di Rest Area KM 252 dan pada jalur Selatan jalan Daendels III Purworejo serta 5 titik motorist yang beroperasi mulai 22 Desember hingga 2 Januari di wilayah Pantura sekitar Tegal dan Brebes.

GM PT Pertamina MOR IV Jateng-DIY, Yanuar Budi Hartanto mengatakan, diprediksi pada momentum liburan Natal dan Tahun Baru ini kebutuhan BBM meningkat signifikan. Untuk Premium meningkat 10%, Pertamax 11%, Pertalite 11%, Pertamina Turbo 15%, Dexlite 18%, Pertamina Dex 31%, Avtur 8% dan LPG 6,8%.

Adapun Solar diperkirakan turun 1% karena pembatasan operasional angkutan barang pada H-3 hingga H+3 dan penurunan kegiatan angkutan industri.

“Stok BBM (Bahan Bakar Minyak) dan BBG (Bahan Bakar Gas) untuk wilayah Regional IV Jawa Tengah dan DIY dijamin aman,” katanya, saat meninjau kesiapan Satgas BBM di Terminal BBM Pengapon Semarang.

Menurutnya, menjamin stok dan suplai BBM, Pertamina juga menambah armada tangki hingga total yang beroperasi selama momen Nataru mencapai 438 unit untuk melayani suplai ke seluruh SPBU di wilayah Jawa Tengah dan DIY. Semua mobil tangki beroperasi selama 24 jam selama Siaga BBM berlangsung.

“Khusus untuk LPG, meski diprediksi naik 6,8%, Pertamina menyiapkan tambahan stok mencapai 10% khusus untuk LPG 3 lg subsidi dengan harga HET Rp 15.500. Untuk menjamin stok LPG 3 kg subsidi, Pertamina menyiapkan 830 SPBU yang tersebar di wilayah Jateng dan DIY untuk melayani penjualan LPG layaknya pangkalan,” ungkapnya.

Ditambahkan, kebutuhan LPG di Jateng per bulan mencapai 74.959 Metrix Ton (MT) atau setara 24.986.296 tabung. Adapun menjelang Nataru disiapkan 27.484.926 atau setara 82.455 MT.

Sedangkan wilayah DIY yang semula sebulan rata-rata mencapai 8.465 MT atau setara 2.821.832 tabung, pada Nataru besok disiapkan 3.104.015 tabung atau setara dengan 9.312 MT.

Dalam kesempatan tersebut, GM Pertamina MOR IV Jateng-DIY Yanuar Budi Hartanto, menemui awak mobil tangki yang sedang mengisi BBM di Terminal Pengisia BBM Pengapon Semarang. Yanuar berpesan agar berhati-hati dalam mendisitribusikan BBM ke beberapa SPBU yang tersebar di wilayah Jawa Tengah.

“Kami juga menyampaikan terima kasih dan memberi apresiasi pada sopir armada yang juga terlibat dalam Siaga BBM Pertamina,” pungkasnya.(ZP/02)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

XL Axiata Operasikan BTS USO di Kawasan Timur Indonesia

JAKARTA- PT. XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus membangun infrastruktur jaringan 4G ke berbagai wilayah terpencil di Kawasan Timur...

Mengenal Lebih Dekat GM Patra Semarang Hotel & Convention

SEMARANG - Pria kelahiran Sidoarjo Jawa Timur ini mengawali karirnya sebagai seorang Pengajar, namun sejak tahun 1993 memutuskan...

Pertamina Tanam 5000 Mangrove

CILACAP– Integrated Terminal Cilacap yang merupakan unit operasi dari Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah, kembali melakukan...

Griya Riset Indonesia Siapkan Generasi Unggul Melalui Riset dan Kepenulisan

SEMARANG - Griya Riset Indonesia (GRI) hadir sebagai wadah yang membangun mental dan nalar ilmiah generasi muda yang memiliki...
- Advertisement -spot_imgspot_img

BMW Astra Card, Keanggotaan Ekslusif dengan Berbagai Manfaat

JAKARTA - Sebagai bentuk layanan menyeluruh dari BMW Astra untuk para pelanggan, BMW Astra memberikan BMW Astra Card untuk...

Reformasi Struktural Jadi Kunci Percepatan Pemulihan Ekonomi

JAKARTA – UOB Indonesia memproyeksikan, perekonomian Indonesia akan tumbuh setidaknya lima persen pada tahun 2022. Hal ini seiring dengan...

Must read

Akhir 2021, Dafam Buka 2 Hotel Baru SEMARANG- Pandemi tidak...

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda