SEMARANG- Partai- partai di Jateng mulai mengumumkan calon calon yang akan diusung di Pilkada serentak yang digelar Juni 2018 mendatang. Jadwal pendaftaran pasangan calon ke KPU, baik bupati, walikota dan gubernur adalah mulai hari Senin (8/1) sampai Rabu (10/1) pukul 24.00.

Salah satu partai yang sudah mengumumkan calonnya adalah PDIP Jateng. Partai ini mengumumkan calon-calonnya di Panti Marhaen, kantor DPD PDIP Jateng Minggu malam (7/1) dihadiri langsung oleh tujuh pasangan calon yang akan diusung serta pengurus partai partai pengusung atau partai koalisi.
Pengumuman disampaikan oleh Wakil Ketua Bapilu DPD PDIP Jateng Bambang Haryanto.

Dari daftar nama pasangan calon serta partai pengusungnya, PDIP ikut mencalonkan semua di tujuh daerah dengan berkoaliasi dengan berbagai partai yang berbeda beda di masing masing daerah, tanpa PKS dan Gerindra. Kedua partai itu tidak ada dalah daftar partai pengusung tujuh pasangam calon yang diumumkan.

“Kita terbuka. Bisa koalisi dengan partai apapun. Jadi masing masing daerah partai koalisinya berbeda beda. Itu tergantung dengan peta politik dan komunikasi para calon di daerahnya masing masing. Saya tidak berpikir kalau tidak bersama (Partai Gerindra dan PKS, red.), mungkin faktor kebetulan atau tidak, saya tidak tahu. Akan tetapi, prinsipnya inilah dinamika yang bisa diwujudkan hari ini seperti itu,” kata Bambang Haryanto.

Menurut Bambang, dari tujuh kabupaten/kota di Jateng yang akan menggelar pilkada, Pilkada Karanganyar yang dinilai paling aman bagi calon kepala daerah yang diusung PDIP.

“Paling aman Karanganyar karena koalisi besar, kemungkinan besar calon tunggal,” ujarnya.

Sebagai upaya pemenangan pilkada di tujuh kabupaten/kota, PDIP akan menyolidkan struktur partai bersama partai koalisi.

Tujuh daerah di Jateng yang akan menggelar pilkada bersama Pilgub Jateng Juni 2018 nanti yaitu Kudus, Karanganyar, Temanggung, Banyumas, Tegal, Kota Tegal, dan Kabupaten Magelang.

Pilkada Kudus, PDIP bersama Partai Demokrat, Partai Golkar, dan Partai Amanat Nasional akan mengusung pasangan Masan/Noor Yasin.

Pilkada di Kabupaten Karanganyar, PDIP bersama Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Demokrat, Partai Golkar, PAN, Partai Hanura, dan Partai Persatuan Pembangunan mengusung Juliyatmono/Rober Christanto. Juliyatmono berstatus petahana dimana wakilnya adalag Rohadi, kader PKS.
Rohadi sempat deklarasi akan kembali maju berpasangan dengan Juliyatmono.

Pasangan Zaenal Arifin/Edi Cahyana akan diusung PDIP, PKB,PPP, PAN, dan Partai Demokrat pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Magelang.

Pasangan Bambang Sukarno/Matoha diusung PDIP dan PKB pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Temanggung.

Pasangan Achmad Husein/Sadewo Tri Lastiono diusung PDIP, Partai Demokrat, Partai NasDem pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Banyumas.

Pasangan Haron Bagas Prakosa/Drajat Adi Prayitno diusung PDIP, Partai Demokrat, dan Partai NasDem pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tegal.

Pada pilkada di Kota Tegal, PDIP akan mengusung pasangan Herujito/K.R.T. Sugono Adinagara. Disini PDIP maju sendiri tanpa koalisi. (zp/03)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here