PolitikPilkada 2020Golkar Tidak Menjadi Partai Pengusung Ganjar-Yasin, Kemana Dia?

Golkar Tidak Menjadi Partai Pengusung Ganjar-Yasin, Kemana Dia?

-

- Advertisment -spot_img

 

Paslon Ganjar-Yasin saat diarak para pendukungnya menuju kantor KPU Jateng untuk mendaftarkan diri, Selasa (9/1/2018)

SEMARANG – Pasangan calon Ganjar-Yasin sudah resmi terdaftar sebagai bakal calon gubernur dan bakal calon wakil gubernur Jateng di KPU Jateng. Mereka didaftarkan ke KPU Jateng Selasa (9/1) pukul 14.00 oleh empat partai pengusung, yaitu PDIP, PPP, Nasdem dan Demokrat. Sedang Partai Golkar yang disebut-sebut ikut bergabung tidak termasuk partai pengusung paslon ini.

Hal itu diketahui berdasarkan berkas pendaftaran Paslon yang yang diserahkan ke KPU.

Ketua KPU Jateng Joko Purnomo menyatakan berkas pendaftaran Paslon Ganjar-Yasin sudah lengkap. Tidak ada data adminitrasi yang kurang.

“Ada tiga dokumen yang diverifikasi tim, ada bukti dukungan pengusungan masing-masing partai pengusung, dokumen pencalonan, dan dokumen persyaratan paslon. Sudah terverifikasi,” katanya.

Anggota KPU Muslim Aisha menambahkan, paslon Ganjar- Yasin diusung empat partai yakni PDIP, PPP, Nasdem, dan Demokrat. Partai Golkar tidak terdaftar sebagai partai koalisi dalam berkas verifikasi pendaftaran.

“Semua berkas dinyatakan lengkap dan telah dikeluarkan tanda terima kelengkapan berkas pendaftraan. Mulai dari dokumen pencalonan, syarat partai, dan syarat calon,” katanya.

Muslim menyampaikan, total ada 48 kursi dukungan, yakni PDIP 27, Demokrat 9, Nasdem 4, dan PPP 8 kursi. Partai Golkar menurutnya tidak masuk dalam koalisi pengusung, karena tidak ada bukti dokumen terkait pengusungan paslon Ganjar – Yasin.

“Jika nanti Golkar atau ada partai lain yang bergabung, itu disebut bukan partai pengusung tapi partai pendukung. Golkar bisa menjadi partai  pengusung paslon, harus berkoalisi dengan partai lain diluar koalisi partai ini,” katanya.

Selanjutnya, setelah dokumen pendaftaran paslon terkumpul pada batas waktu pendaftaran pada 10 Januari, maka akan berlanjut pada fase pemeriksaan kesehatan. KPU akan kembali memeriksa data yang kemudian jika ada kekurangan akan diberikan batas waktu untuk melengkapinya.

Sementara , Ketua Harian DPD Partai Golkar Jawa Tengah, Iqbal Wibisono saat dihubungi wartawan terkait dukungan ikut berkoalisi untuk mengusung paslon Ganjar Pranowo – Taj Yasin, menyatakan belum menentukan sikap arah koalisi.

“Prinsipnya apa pun keputusan DPP Partai Golkar kita tegak lurus untuk mengawalnya. Paling besok malam sudah jelas dan pasti. Masih menunggu keputusan DPP,” katanya saat dihubungi, Selasa sore (8/1).

Belum pastinya mengarah koalisi partai Golkar ke PDIP,  juga terlihat saat jumpa media di Panti Marhen Semarang, dimana masing-masing Ketua DPD/DPW partai pengusung Ganjar Pranowo-Taj Yasin hadir dan saling mendeklarasikan. Namun dari Golkar tidak ada yang hadir.
Tersiar kabar saat itu, Partai Golkar masih melakukan pembicaraan dengan kubu Sudirman Said untuk bisa memasangkan kadernya Arianti Dewi, anggota DPR RI dari Solo, sebagai wakilnya Sudirman. Namun akhirnya gagal. Sudirman memelih Ida Fauziyah dari PKB (zp/03)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Pertamina Siagakan Agen dan Pangkalan LPG

*Jelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H SEMARANG– Menyambut Idul Fitri 1442 H, Pertamina Pemasaran Regional Jawa Bagian Tengah menetapkan...

PLN Berikan Bantuan Listrik Gratis di Jawa Tengah

SEMARANG - PLN memberikan bantuan penyambungan listrik gratis kepada masyarakat kurang mampu yang berada di wilayah Jawa Tengah. Bantuan...

Pakai Smartfren di Realme C21 Ada Bonus Kuota 384 GB Hingga Hadiah Smart TV

JAKARTA - Smartfren kembali menghadirkan paket bundling terbaik untuk seluruh masyarakat Indonesia. Kali ini pelanggan yang membeli smartphone Realme...

XL Axiata Donasikan 100 Laptop ke Belasan Pesantren

BOYOLALI -  PT XL Axiata (XL Axiata) menyalurkan donasi 100 unit laptop dan sarana akses internet untuk 12 pondok pesantren...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Apindo Semarang Jamin Perusahaan Bayar THR Secara Penuh

SEMARANG - Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kota Semarang memastikan perusahaan di kawasan ini akan membayar Tunjangan Hari Raya (THR)...

Dipimpin Evolusi OLED, Lini TV LG Tahun 2021 Siap Meluncur

JAKARTA - PT LG Electronics Indonesia (LG) mengeluarkan pernyataan kesiapan perusahaan dalam memperkenalkan lini TV terbarunya di tahun ini....

Must read

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...

PGSI Jateng Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Sosial Hadapi Corona

  SEMARANG - Ketua Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI)...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda