SEMARANG – Koalisi tiga partai yang akan mengusung Calon Gubernur Sudirman Said diajang Pilgub Jateng Juni 2018, yaitu Gerindra, PAN dan PKS, sampai Senin siang ini (8/1) belum mengumumkan calon wakil Sudirman Said.

Padahal, sebelumnya sudah sempat berkembang kabar akan diumumkan pada Minggu (7/1) di Solo, tapi itu juga tidak terlaksana.  Kemudian diikuti kabar kalau bakal diumumkan Senin (8/1) pukul 10.00 di Palagan Ambarawa Kab. Semarang. Undangan pengumuman di Ambarawa itu juga sudah tersebar luas. Namun, lagi lagi kenyataan juga belum ada pengumuman.

Cagub Jateng Sudirman saat paparan di Kampus Undip Semarang awal Januari 2018.

Diduga kuat, belum diumumkannya wakil gubernur pendamping Sudirman Said karena koalisi partai ini belum menemukan sosok yang tepat, paska diumumkannya pasangan calon gubenur PDIP Minggu siang (7/1) yang mengusung Ganjar Pranowo dan Taj Yasin, anggota Fraksi PPP DPRD Jateng, salah satu putra dari ulama’ kharismatik KH Maemoen Zubair dari Sarang Rembang.

Karena sebelumnya, nama Taj Yasin termasuk salah satu nama yang masuk dalam daftar kandidat wakilnya Sudirman Said, bersama tiga putra KH Maemoen Zubair lainnya yaitu KH Abdul Ghofur Maemoen, KH Majid Kamil Maemoen, KH Muhammad Wafi Maemoen. Nama selain mereka ada Ketua DPW PKB Jateng Gus Yusuf, mantan Wagub Jateng Hj Rustriningsih dan masih ada lagi beberapa nama lainnya.

Ketua DPD Partai Gerindra Jateng Abdul Wachid mengatakan, sampai saat ini belum diputuskan siapa nama calon wakilnya Sudirman Said. Pihaknya terus melakulan pertemuan dan komunikasi dengan pimpinan partai pengusung Cagub Sudirman Said. “Siang ini (Senin, 8/1) pukul 13.00 akan melakukan pertemuan di Jakarta, untuk membahas ini,” kata Wachid saat dihubungi dari Semarang, Senin (8/1),  pagi.

Ditanya apakah masih akan memasangkan Sudirman Said dengan salah satu putra KH Maemoen Zubair setelah Taj Yasin resmi dipasangkan dengan Ganjar, Wachid mengatakan, pihaknya tidak akan memasangkannya dengan Sudirman Said.
“Gak mungkin kita ambil putra Mbah Maemoen, kita juga menjaga nama besar beliau,” katanya.

Sementara itu, Juru Bicara Tim Pemenangan Sudirman Said, Untoro menambahkan, penentuan nama bakal calon wakil gubernur yang dinilai sesuai untuk mendampingi cagub Sudirman Said yang diusung tiga partai politik, masih terus berproses hingga saat ini.
Menurut dia, sejak ditetapkan sebagai bakal cagub sesuai mandat yang diberikan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Sudirman Said terus melakukan komunikasi politik dengan sejumlah pihak dari berbagai latar belakang untuk mencari bakal cawagub yang pas. (zp/03)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here