PeristiwaPLN Gerak Cepat Atasi Gangguan Pasca Angin Kencang di...

PLN Gerak Cepat Atasi Gangguan Pasca Angin Kencang di Timoho Yogyakarta

-

- Advertisment -spot_img

YOGYAKARTA- Petugas PLN Area Yogyakarta, Selasa (24/4) bergerak cepat dalam penanganan gangguan listrik, pasca angin kencang yang melanda Timoho, Yogyakarta. Setidaknya, ada kerusakan terbagi atas 3 titik terdampak dengan estimasi pelanggan padam sebanyak 13.548.

Humas PT PLN (Persero) Area Yogyakarta, Suryanta mengatakan, tim PLN yang sigap selama 24 jam ini berhasil melakukan recovery jaringan hanya dalam waktu 50 – 60 menit. Normalisasi pasokan listrik terjadi setelah dilakukan pembenahan kerusakan beberapa Jaringan Tegangan Rendah (JTR) yang putus akibat kerobohon pohon di Timoho.

“Selain itu, pembenahan juga telah dilakukan pada Breaker Trafo yang mengalami trip akibat JTR banyak bersinggungan di Baciro, dan Recloser HJN 04 akibat dari Jaringan Tegangan Rendah (JTM) tertimpa seng yang terbang di Jl Janti – Karangjambe,” kata Suryanta.

Diakuinya, masih ada beberapa pelanggan yang mengalami pemadaman karena adanya kerusakan rumah yang cukup parah. Untuk itu, demi keselamatan maka perlu waktu lebih lama dalam penyalaan, sambil menunggu perbaikan dirumah pelangan tersebut.

“Untuk pelanggan yang rumahnya masih rusak, petugas PLN belum memungkinkan melakukan perbaikan jaringan listrik, demi keamanan,” ujarnya.

Sementara, PLN juga menghimbau kepada masyarakat dan pelanggan agar dapat ikut berpartisipasi dalam menjaga keandalan jaringan listrik. Adapun langkah tang diambil antara lain dengan berinisitif menjaga jarak aman benda, bangunan, dan pohon dari jaringan listrik PLN, minimal 2.5 meter.

“Jika masyarakat akan melaksanakan perabasan/pemotongan pohon yang dekat dengan jaringan, hendaknya juga dapat berkoordinasi langsung dengan PLN, untuk dapat dilakukan pencegahan dan penanganan secara aman,” terangnya.

Suryanta menambahkan, bagi masyarakat yang mendapati tim PLN melaksanakan kegiatan perabasan terhadap pohon-pohon yang berpotensi mengganggu jaringan, hendaknya juga diberikan izin. Pasalnya, patut disadari jika keamanan dan keandalan pasokan listrik menjadi kebutuhan bersama.

“Untuk layanan 24 jam kami bisa melalui PLN setempat atau di Contact Center PLN 123 untuk telepon 123 atau hand phone (kode area) 123,” tandasnya. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Komunitas Tionghoa Semarang Bagikan Sembako untuk Warga Terdampak PPKM Darurat

SEMARANG - Perserikatan Organisasi Indonesia Tionghoa (PORINTI) Kota Semarang membagikan sembako kepada warga terdampak PPKM Darurat. Pembagian tersebut dilakukan bersama...

90% Dikorbankan, Efektifkah PPKM?

SEMARANG - Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jateng menilai, sejumlah Kebijakan pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19 yang sudah terjadi...

Brantas Abipraya Gelar Vaksin COVID-19 Gratis

JAKARTA - Pandemi COVID-19 belum berakhir, Pemerintah terus melakukan berbagai upaya untuk menekan laju penularan virus ini. Guna menyokong...

Subholding Gas Bersinergi Serahkan Bantuan 50 Tabung Oksigen ke RS UGM

YOGYAKARTA – Subholding Gas Grup sebagai bagian dari Holding Migas PT Pertamina (Persero) bersinergi dalam menyerahkan bantuan oksigen sebanyak...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Qurban Dermawan Menyapa Masyarakat Urban Semarang

SEMARANG - Dibalik megahnya Ibu Kota Jawa Tengah ternyata masih ada wilayah terpinggirkan yang masyarakatnya tidak berkesempatan menikmati lezatnya...

Pertamina MOR IV Bagikan 8.026 Paket Daging Qurban untuk Warga Sekitar

SEMARANG – Merayakan Idul Adha 1442 H, Pertamina melaksanakan potong hewan qurban dengan total sebanyak 85 ekor yang terdiri...

Must read

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...

PGSI Jateng Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Sosial Hadapi Corona

  SEMARANG - Ketua Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI)...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda