PeristiwaPLN Gerak Cepat Atasi Gangguan Pasca Angin Kencang di...

PLN Gerak Cepat Atasi Gangguan Pasca Angin Kencang di Timoho Yogyakarta

-

- Advertisment -spot_img

YOGYAKARTA- Petugas PLN Area Yogyakarta, Selasa (24/4) bergerak cepat dalam penanganan gangguan listrik, pasca angin kencang yang melanda Timoho, Yogyakarta. Setidaknya, ada kerusakan terbagi atas 3 titik terdampak dengan estimasi pelanggan padam sebanyak 13.548.

Humas PT PLN (Persero) Area Yogyakarta, Suryanta mengatakan, tim PLN yang sigap selama 24 jam ini berhasil melakukan recovery jaringan hanya dalam waktu 50 – 60 menit. Normalisasi pasokan listrik terjadi setelah dilakukan pembenahan kerusakan beberapa Jaringan Tegangan Rendah (JTR) yang putus akibat kerobohon pohon di Timoho.

“Selain itu, pembenahan juga telah dilakukan pada Breaker Trafo yang mengalami trip akibat JTR banyak bersinggungan di Baciro, dan Recloser HJN 04 akibat dari Jaringan Tegangan Rendah (JTM) tertimpa seng yang terbang di Jl Janti – Karangjambe,” kata Suryanta.

Diakuinya, masih ada beberapa pelanggan yang mengalami pemadaman karena adanya kerusakan rumah yang cukup parah. Untuk itu, demi keselamatan maka perlu waktu lebih lama dalam penyalaan, sambil menunggu perbaikan dirumah pelangan tersebut.

“Untuk pelanggan yang rumahnya masih rusak, petugas PLN belum memungkinkan melakukan perbaikan jaringan listrik, demi keamanan,” ujarnya.

Sementara, PLN juga menghimbau kepada masyarakat dan pelanggan agar dapat ikut berpartisipasi dalam menjaga keandalan jaringan listrik. Adapun langkah tang diambil antara lain dengan berinisitif menjaga jarak aman benda, bangunan, dan pohon dari jaringan listrik PLN, minimal 2.5 meter.

“Jika masyarakat akan melaksanakan perabasan/pemotongan pohon yang dekat dengan jaringan, hendaknya juga dapat berkoordinasi langsung dengan PLN, untuk dapat dilakukan pencegahan dan penanganan secara aman,” terangnya.

Suryanta menambahkan, bagi masyarakat yang mendapati tim PLN melaksanakan kegiatan perabasan terhadap pohon-pohon yang berpotensi mengganggu jaringan, hendaknya juga diberikan izin. Pasalnya, patut disadari jika keamanan dan keandalan pasokan listrik menjadi kebutuhan bersama.

“Untuk layanan 24 jam kami bisa melalui PLN setempat atau di Contact Center PLN 123 untuk telepon 123 atau hand phone (kode area) 123,” tandasnya. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

DPD MKGR Jawa Tengah Dukung Airlangga Hartarto Jadi Presiden

SEMARANG - Pelantikan Pengurus DPD Ormas MKGR Jawa Tengah digelar di Ballroom Hotel Santika Kota Semarang, Sabtu (27/11/2021). Sebelumnya, Musda...

SGM Eksplor Apresiasi Guru Bersama Alfamart

JAKARTA - Danone Specialized Nutrition (SN) Indonesia melalui merek susu pertumbuhan SGM Eksplor bekerja sama dengan PT Sumber Alfaria...

Ada Pameran SAUTO Expo di Mal Ciputra Semarang, Deretan Mobil Baru Turut Dihadirkan

SEMARANG - Deretan mobil terbaru bakal dipamerkan dalam SAUTO Expo di atrium Mal Ciputra Semarang pada 26 November hingga...

200 Pedagang Pasar Kaliwungu Kendal Gunakan Transaksi Digital QRIS

KENDAL - Sebanyak 200 pedangang di Pasar Kaliwungu, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah sudah menggunakan transaksi digital dengan Quick Response...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Jangkau Publik Lebih Besar Mengenal Solusi HVAC, LG Perkenalkan Showroom Virtual

JAKARTA— Memanfaatkan terapan teknologi digital, LG Electronics (LG) memperkenalkan sebuah ruang pamer online yang dibuat khusus bagi produk solusi...

PLN UP3 Purwokerto Sinergi Terangi Negeri

PURWOKERTO - PT. PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Purwokerto, melaksanakan Multi Stakeholder Forum (MSF) Tahun 2021 Kamis...

Must read

Akhir 2021, Dafam Buka 2 Hotel Baru SEMARANG- Pandemi tidak...

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda