Presentasikan 67 Karya Ilmiah, Peneliti dari 9 Negara Ikuti 1st ICTECA 2023 USM

0
Rektor USM Dr Supari ST MT saat ditemui di ruang kerjanya. (foto:ist)

 

SEMARANG, ZONAPASAR.COM – Rektor Universitas Semarang (USM), Dr Supari ST MT menyampaikan teknologi, engineering, computer application telah merambah ke seluruh aspek kehidupan.

“Maka dari ICTECA yang pertama ini, kami optimistis dalam waktu ke depan akan menjadikan kegiatan ini terselenggara secara rutin setiap tahun,” ujar Rektor Universitas Semarang (USM), Dr Supari ST MT saat ditemui di ruang kerjanya pada 15 November 2023.

Saat ini, lanjutnya, USM tengah bersiap mengadakan 1st International Conference on Technology, Engineering, and Computing Applications (ICTECA) 2023 dengan tema “Trends in Technology Development In the Era Of Society 5.0” pada 20 Desember 2023.

Nantinya, kegiatan tersebut akan mempresentasikan 67 karya tulis ilmiah yang dibuat para peneliti dari 9 negara yaitu Indonesia, Jepang, Maroko, China, Pakistan, Uni Emirat Arab, (UEA), Filipina, Malaysia dan Irak.

Menurut Rektor, kegiatan ini akan membuka peluang diskusi terkait penelitian internasional antara dosen USM dan peneliti dari luar negeri.

”Kegiatan ini adalah wadah pertemuan, kolaborasi, diskusi dari dosen dan pakar-pakar yang ada di Indonesia dan seluruh dunia untuk membahas bidang masing-masing khususnya di bidang teknologi, engineering dan computer applications,” katanya.

Dengan kegiatan ini, lanjut rektor, akan menjadi stimulus kultur budaya akademik USM untuk mulai akrab dengan teknologi, engineering dan computer application.

”Ketiga hal itu akan menjadi solusi dalam berkehidupan nyata. Dari hal itu pula akan hadir talenta untuk memunculkan peluang dan opsi solusi untuk bangsa ini,” ungkapnya.

Dia berharap, kegiatan ini juga akan mengakibatkan internasionalisasi sehingga membawa USM menjadi unggul serta mendapat rekognisi pengakuan dari masyarakat dan pemerintah.

”Dengan USM unggul pasti nantinya akan terbuka peluang kolaborasi antara dosen dan mahasiswa USM bersama peneliti luar negeri yang menghasilkan riset dengan dana yang bersumber dari internasional,” tambahnya. (***)

Tinggalkan pesanan

email kami rahasiakan