UmumSerba-serbiProna Meningkatkan Kesejahteraan Warga

Prona Meningkatkan Kesejahteraan Warga

-

- Advertisment -spot_img

Kotimah (51) merasa senang setelah mendapatkan Sertifikat Hak Milik tanah dari program Prona saat di Bawen, kemarin.

BAWEN- Proyek Operasi Naional Agraria (Prona) atau Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang dicanangkan pemerintah melalui ATR/BPN rupanya bermanfaat untuk meningkatkan taraf perekonomian warga. Selain bertujuan untuk memperbaiki administrasi pertanahan Indonesia.

Setelah keluarnya Sertifikat Hak Milik  (SHM) tanah dari program Prona dan PTSL, tidak sedikit warga mengagunkan surat tanah ke perbankan terpercaya. Pinjaman yang diambil warga untuk berbagai keperluan seperti untuk usaha dan pendidikan anaknya.

Seperti dialami oleh Kotimah (51) warga RT 2/RW 3 Desa Asinan menyatakan setelah keluarnya SHM tanah seluas 413 meter persegi atas namanya, Kotimah mengajukan pinjaman ke bank.

“Saya mengajukan pinjaman untuk membantu modal usaha adik saya,” kata ibu tiga anak ini.

Menurut Kotimah program pemerintah pusat ini bermanfaat dan tepat sasaran untuk warga seperti dirinya yang sehari-hari berjualan sembako di rumah.

“Pengurusannya sertifikat gratis, saya hanya membeli patok batas dan biaya materai saja,” ungkap istri Kasihan (56).

Junari (55) warga Dusun Ba’an Desa Asinan mengaku selama beberapat tahun terakhir dirinya telah mensertifikatkan melalui Prona ini. Ada empat bidang tanah milinya yang diajukan diantaranya satu bidang tanah yang saat ini menjadi tempat tinggalnya dan tiga bidang tanah sawah di sekitaran Desa Asinan.

“Meskipun sertifikat belum saya pergunakan untuk agunan bank, tapi saya senang tanah peninggalan orang tua sudah bersertifikat,” ungkapnya.

Bagi Junari, sertifikat ini merupakan bukti otentik kepemilikan tanah yang diakui oleh negara.

“Meskipun dulu letter C diakui oleh Desa, tapi sekarang sudah sertifikat Hak Milik yang diakui negara. Menurut saya semakin kuat bukti yuridisnya,” kata wiraswastan ini.

Kepala Desa Asinan, Liliek Argolukito menyatakan adanya program Prona dan PTSL ini membantu Pemerintah Desa dalam penataan administasi pertanahan.

“Karena sebelum ada program pemerintah pusat ini masih banyak tanah yang masih atas nama orang tua atau kakeknya yang sudah meninggal. Sekarang sudah mulai tertib dan bermanfaat untuk warga,” ungkapnya.

Program PTSL ini juga membantu perekonomian warga seperti diajukan sebagai agunan pinjaman di bank, untuk modal usaha dan pembiayaan pendidikan perguruan tinggi anaknya.

“Harapan kami dapat meningkatkan taraf hidup warga kami menjadi tambahan modal dan meningkatkan taraf serta kwalitas hidup warga menjadi lebih baik,” ungkap Liliek.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

PLN Berikan Bantuan Listrik Gratis di Jawa Tengah

SEMARANG - PLN memberikan bantuan penyambungan listrik gratis kepada masyarakat kurang mampu yang berada di wilayah Jawa Tengah. Bantuan...

Pakai Smartfren di Realme C21 Ada Bonus Kuota 384 GB Hingga Hadiah Smart TV

JAKARTA - Smartfren kembali menghadirkan paket bundling terbaik untuk seluruh masyarakat Indonesia. Kali ini pelanggan yang membeli smartphone Realme...

XL Axiata Donasikan 100 Laptop ke Belasan Pesantren

BOYOLALI -  PT XL Axiata (XL Axiata) menyalurkan donasi 100 unit laptop dan sarana akses internet untuk 12 pondok pesantren...

Apindo Semarang Jamin Perusahaan Bayar THR Secara Penuh

SEMARANG - Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kota Semarang memastikan perusahaan di kawasan ini akan membayar Tunjangan Hari Raya (THR)...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Dipimpin Evolusi OLED, Lini TV LG Tahun 2021 Siap Meluncur

JAKARTA - PT LG Electronics Indonesia (LG) mengeluarkan pernyataan kesiapan perusahaan dalam memperkenalkan lini TV terbarunya di tahun ini....

SIG Bukukan Laba Rp450,36 Miliar

*Kuartal I Tahun 2021 JAKARTA– PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) Kuartal I tahun 2021 mencatatkan laba yang dapat diatribusikan...

Must read

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...

PGSI Jateng Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Sosial Hadapi Corona

  SEMARANG - Ketua Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI)...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda