Ekonomi BisnisRealisasi Penerimaan Pajak Tumbuh 6.18%, DJP Jateng I Optomis...

Realisasi Penerimaan Pajak Tumbuh 6.18%, DJP Jateng I Optomis Capai Target

-

- Advertisment -spot_img

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) DJP Jateng I, Irawan dalam acara media gathering di Hotel Griyapersada Bandungan Semarang Rabu (11/7).

SEMARANG- Realisasi penerimaan pajak Kanwil Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Tengah (Jateng) l sampai dengan Semester I Tahun 2018 mencapai Rp 12,56 triliun. Jumlah itu mengalami pertumbuhan sebesar 6,18 % jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2017 lalu.

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) DJP Jateng I, Irawan mengatakan, jumlah penerimaan pajak itu telah mencapai 38,85% dari target tahun 2018 ini yang sebesar Rp 32,33 triliun.

“Dengan pertumbuhan itu kita harapkan di semester II bisa mencapai target Rp 32,33 triliun, Jadi harapannya di semester II bisa akselerasi lebih tinggi lagi,” kata Irawan, Rabu (11/7).

Dijelaskan, capaian pajak tersebut terdiri dari Pajak Penghasilan (PPh) Non Migas Rp 6,08 triliun, Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM), sebesar Rp 6,32 triliun, Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) sektor Perkebunan, Perhutanan, dan Pertambangan (P3), sebesar Rp 25,89 milyar dan sisanya sebesar Rp 126,01 milyar disumbang oleh pajak Iainnya.

Ditambahkan, untuk mengejar target pajak sebesar Rp 32.33 triliun akan dilakukan penelitian dari data Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) yang kemudian disandingkan dengan data yang dimiliki Kanwil DJP Jateng I.

“Kita akan lakukan penelitian dari data SPT dan kita sandingkan dengan data yang dimiliki. Dan di tahun 2018 ini akses perbankan sudah dibuka untuk kita bisa mendapatkan data-data rekening para nasabah, itu yang akan kita gunakan untuk perbandingan laporan pajaknya,” ujarnya.

Dia melanjutkan, akan dilakukan pula penambahan Wajib Pajak (WP) dengan melakukan sosialisasi akan pentingnya membayar pajak.

“Sekarang ada 1.8 juta WP, gimana caranya supaya bertambah banyak, kita akan sosialisasi dan mencari data dari berbagai instansi pemerintah untuk menambah jumlah WP,” pungkasnya. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Smartfren Sediakan Hadiah Miliaran Rupiah di Rejeki WOW Treasure Hunt Periode Ketiga

JAKARTA – Setelah sukses membagikan hadiah sekaligus membuka peluang baru untuk lebih dari 3,9 juta pemenang, sekarang Smartfren menghadirkan...

Mulai Hari Ini Tarif Rapid Test Antigen di Stasiun Turun Menjadi Rp 45.000

SEMARANG - PT Kereta Api Indonesia (Persero) menerapkan tarif baru untuk layanan Rapid Test Antigen di Stasiun dari sebelumnya...

Original Coklat dari Hotel Santika Pekalongan

PEKALONGAN - Coklat? Makanan manis yang bisa menjadi Mood Boster untuk sebagian orang. Makanan manis satu ini tentu sangat...

Usaha Jus Organik Pelajar Semarang Ini Raup Omzet Jutaan

SEMARANG - Usaha jus buah dan sayuran organik yang ditekuni pelajar di Kota Semarang ini membawa keberuntungan bagi kondisi...
- Advertisement -spot_imgspot_img

KA Lokal PSO Kedungsepur dan Ekonomi Lokal Cepu, Kembali Beroperasi

SEMARANG - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 4 Semarang, kembali mengoperasikan KA Lokal PSO mulai Rabu 22 September...

Sporty Car Kian Diminati, Nasmoco Hadirkan 5 Varian Toyota Gazoo Racing

SEMARANG - Diperkenalkan sejak dua tahun lalu, deretan model Toyota Gazoo Racing mulai dari sports car GR Supra hingga...

Must read

Akhir 2021, Dafam Buka 2 Hotel Baru SEMARANG- Pandemi tidak...

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda