SMA Muhi Yogyakarta Adakan Seminar Parenting Online

Pemateri Seminar Parenting Online yang diadakan SMA 1 Muhammadiyah Yogyakarta

YOGYAKARTA – SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta mendorong optimalisasi kerjasama orangtua dengan anak dalam mendukung pembelajaran online. Hal itu diwujudkan dengan menggelar Seminar Parenting Online seiring dengan pembelajaran jarak jauh masih dilakukan seiring dengan meluasnya pandemi Covid-19  yang menjadi tantangan tersendiri bagi para orangtua.

Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta, Drs. H Herynugroho, Mpd mengatakan, tujuan dari seminar ini untuk memastikan kualitas pembelajaran jarak jauh SMA Muhi Yogyakarta tetap terjamin kualitasnya.

Kegiatan ini dilaksanakan pada Senin 11 Januari 2021 untuk kelas XI dan Selasa 12 Januari 2021 untuk kelas X. Kegiatan dimulai pukul 12.30 WIB dan dihadiri oleh seluruh guru karyawan, siswa beserta para orang tua / wali secara daring melalui zoom. “Melalui kegiatan ini, sekolah dan orang tua dapat belajar bersama bagaimana menjadi orangtua yang baik bagi anak dan perannya dalam pembelajaran jarak jauh di masa pandemi,” katanya.

Kegiatan Parenting ini menghadirkan pemateri handal Bapak  Erik Hadi Saputra, S.Kom, M.Eng. “Senang sekali, ternyata sekolah-sekolah sekarang sudah sadar akan pentingnya parenting bagi orangtua. Sambutan yang luar biasa hangat dari para orangtua/wali,” ungkap beliau dalam awal materinya.

Erik Hadi Saputra mengajak para orangtua/wali untuk melakukan relaksasi imagery, membayangkan beberapa tahun ke depan tentang putra/putri mereka. Dalam materinya, beliau juga menyampaikan berbagai tanggung jawab beserta tips bagi orangtua/wali dalam mendidik dan mendampingi putra/putrinya di masa krisis. Diantaranya mendidik dengan keteladanan, kebiasaan, nasihat, perhatian, serta hukuman yang bersifat lembut dan bertahap. “Para siswa teruslah semangat dalam belajar, selalu menjaga komunikasi dengan guru dan orang tua serta para siswa harus memiliki komitmen yang kuat untuk belajar agar menjadi orang yang sukses,” imbuhnya.

Drs. H. Herynugroho, M.Pd menambahkan, pihaknya mengajak para orang tua untuk selalu mengawasi dan mendampingi aktivitas putra putrinya selama pembelajaran jarak jauh. “Saya menilai edukasi parenting dalam masa-masa seperti ini merupakan urgensi. Alhamdulillah materi yang disampaikan luar biasa dan sangat bermanfaat. Semoga dengan adanya kegiatan parenting dapat menjaga semangat, menambah keikhlasan serta kesabaran dalam mendidik anak-anak kita saat ini serta ke depannya” pungkas beliau. (ZP/01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here