TPS Bertema Wayang di Semarang Curi Perhatian di Pilkada 2018

Salah seorang warga tengah memasukkan surat suara ke dalam kota suara di TPS 21 Kelurahan Palebon Kecamatan Pedurungan, Semarang.

SEMARANG- Ada yang unik di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 21 Kelurahan Palebon Kecamatan Pedurungan, Semarang. Di TPS ini Kelompok Petugas Pemungutan Suara (KPPS) mengenakan pakaian adat pewayangan seperti Gatot Kaca, Arjuna dan Bima saat bertugas di TPS.

Camat Pedurungan, Kukuh Sudarmanto mengatakan, TPS yang menampilkan wayang orang ini sebagai upaya menghidupkan kesenian nasional sekaligus meningkatkan minat warga setempat agar bisa menyalurkan hak pilihnya.

“Jadi memang ini masuk dalam komunitas kampung seni, serta dari program bapak Wali Kota, kita harus nguri-uri dan meningkatkan seni nasional. Sedangkan relevansinya dengan Pilkada supaya bisa menjadi virus positif untuk semua yang punya hak pilih agar datang dan mencoblos dalam pilkada ini,” kata Kukuh Sudarmanto, Rabu (27/6).

Dijelaskan, pakaian wayang, gamelang dan beragam atribut yang ditampilkan merupakan milik warga sendiri.

Dikatakan, di Kecamatan Pedurungan terdapat sebanyak 320 TPS, dan TPS terbanyak berada di Tlogosari Kulon dan Mukti Harjo.

“TPS yang kami anggap unik akan kita datangi, dan semua TPS tentu akan dipantau, sehingga bisa tahu dan memahami langsung ketika ada data yang harus dilakukan penyelesaian lebih cepat,” ujarnya. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here