13 Jenis Usaha Rumahan Modal Kecil di Semarang yang Bisa Jadi Prioritas

MEMILIKI usaha di rumah sendiri siapa yang tidak ingin? Tentu dari kita pernah berpikiran bisa buka usaha di rumah bukan. Namun tidak jarang itu hanyalah rencana, kita tidak berani memulai dan mengambil resiko. Alhasil keinginan itu pun hanya tinggal wacana. Iya enggak?

Padahal jika mau peka sedikit, banyak pilihan usaha yang bisa dimulai dari rumah kita. Apalagi di Kota Semarang yang struktur huniannya sudah sangat padat justru kian mudah. Kita bisa membuka usaha dengan memprospek tetangga sebagai pembelinya.

Sebagai contoh kita bisa berwirausaha dengan membuka toko sembako yang sudah jelas banyak diburu oleh para tetangga. Selain itu masih banyak jenis usaha yang bisa kita buka di rumah untuk menambah penghasilan. Berikut adalah jenis usaha modal kecil yang bisa jadi pilihan mu:

1. Buka Cucian Motor

Coba lihatlah sekeliling kita, hampir semua orang menggunakan sepeda motor sebagai kendaraan harian. Sementara karena berbagai kesibukan sangat jarang orang yang memiliki cukup waktu dan tenaga untuk mencuci motornya sendiri.

Jika kita jeli, hal ini merupakan peluang usaha yang tidak pernah kehilangan konsumen. Ya betul, Anda bisa memulai usaha dengan membuka cucian motor.

Anda bisa memanfaatkan halaman depan rumah atau mencari tempat strategis untuk mendirikan usaha tersebut.  Anda pun tak membutuhkan modal yang terlalu besar untuk memulainya. Manfaatkan relasi Anda di kantor, atau teman-teman Anda untuk menjadi pelanggan sekaligus membantu Anda  untuk memasarkan bisnis tersebut.

2. Usaha Laundry

Bisnis modal kecil ini sangat cocok untuk Anda yang tinggal di daerah perumahan, atau setidaknya perkotaan, di mana orang-orangnya mempunyai mobilitas tinggi sehingga tidak sempat mencuci pakaian. Anda pun bisa memanfaatkan mesin cuci rumah Anda sebagai aset pertama untuk memulai usaha.

Intinya, dengan mesin cuci rumah Anda, sekarang Anda resmi memiliki usaha laundry dan langkah selanjutnya adalah bagaimana agar semua orang tahu. Semakin banyak yang tau, tentu makin besar kemungkinan pendapatan Anda.

3. Jasa Jahit di Rumah

Punya keterampilan menjahit? Jika iya Anda tak perlu ragu untuk membuka usaha jasa jahit pakaian. Ini juga salah satu usaha “abadi”, maksudnya usaha yang tidak akan pernah kehilangan konsumennya.

4. Usaha Pangkas Rambut

Membuka jasa pangkas rambut bisa menjadi opsi yang menarik untuk Anda yang punya keterampilan tersebut dan ingin membuka usaha. Jika tidak, Anda bisa mempekerjakan satu karyawan terampil untuk mengelola bisnis Anda ini.

Pangkas rambut bisa menjadi usaha rumahan yang mendatangkan omset lumayan jika dikelola secara serius. Apalagi jika mampu memberikan kepuasan kepada pelanggan yang setiap bulannya akan menyetorkan pundi-pundi rupiah ke dompet Anda.

Anda pun tak perlu modal yang wah untuk memulainya, cukup dengan menyulap ruangan rumah atau dengan membuatnya di halaman rumah Anda sudah bisa memiliki tempat pangkas rambut yang siap beroprasi.

5. Buka Angkringan Kecil-kecilan

Angkringan sudah jadi tempat makan favorit bagi sebagian anak muda yang sering begadang. Rasanya yang lezat dan harga yang murah membuat siapa saja ketagihan untuk mencobanya lagi dan lagi.

Anda bisa membuka usaha Angkringan ini malam hari selepas pulang kerja, terutama bagi Anda yang rutinitas bekerjanya di pagi hingga sore hari.

6. Konter Pulsa dan Paket Internet

Seiring tingginya kebutuhan akan akses informasi, saat ini hampir semua orang memiliki gedget. Dan itu berarti mereka semua membutuhkan pulsa atau paket internet untuk memenuhi kebutuhan telekomunikasi mereka. Sehingga keputusan Anda untuk menjatuhkan pilihan pada bisnis ini tidaklah salah.

7. Toko Kelontong

Eits jangan memandang sebelah mata usaha yang satu ini. Meskipun sekilas memberikan margin keuntungan yang kecil, namun ini adalah usaha rumahan yang tak akan pernah sepi pembeli.

Setiap hari semua keluarga mengalokasikan sejumlah uangnya untuk berbelanja di warung kelontong semacam ini.

8. Berdagang Aneka Cemilan

Siapa yang tidak suka cemilan? Jawabannya pasti tidak ada. Semua orang suka cemilan, apalagi dinikmati pas suasana santai bersama keluarga. Cemilah juga sesuatu yang rasanya wajib tersaji saat menonton televisi.

9. Jus Buah

Jus buah menjadi minuman primadona bagi mereka yang melek kesehatan, karena cocok untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Selain itu rasanya yang segar juga membuatnya banyak disukai pembeli.

Membuka usaha jus buah ini juga tak memerlukan modal berjuta-juta. Praktis Anda hanya perlu membeli alat berupa cup sealler dan blender untuk memulai bisnis ini.

10. Jualan Aksesoris Perempuan

Perempuan memang suka berdandan, jadi sudah pasti jika mereka banyak membutuhkan aksesoris dan pernak-pernik lainnya untuk menunjang penampilan.

Ini adalah peluang usaha yang baik bagi Anda. Anda bisa memanfaatkan akun media sosial yang banyak digandrungi wanita seperti instagram untuk memasarkan usaha Anda ini.

11. Air Isi Ulang

Membuka usaha air isi ulang adalah usaha dengan peluang bagus, hal ini karena kebutuhan akan minum menjadi kebutuhan wajib setiap orang.

Umumnya masyarakat sekarang menggunakan galon untuk keperluan minum sehari-hari, sehingga membuka usaha air isi ulang adalah pilihan yang bagus.

12. Membuka Jasa Bimbel atau Les Privat

Jika Anda memiliki ketrampilan mengajar, ada baiknya Anda membuat jasa bimbingan belajar sebagai bisnis rumahan Anda. Untuk membuka usaha ini pun terbilang simpel.

Anda hanya perlu mempromosikan ketrampilan tersebut kepada teman, tetangga, ataupun yang lainnya yang sekiranya membutuhkan. Kehadiran internet dan media sosial akan memudahkan Anda untuk promosi.

13. Menjadi Penulis Freelance

Punya kemampuan menulis juga bisa jadi sumber pendapatan loh. Sekarang banyak web ataupun blog yang membutuhkan jasa seorang penulis untuk mengisinya. Saking banyaknya, pendapatan Anda dari menulis di internet bahkan bisa menyaingi gaji karyawan biasa.

Sebagai gambaran, kamu akan mendapatkan bayaran Rp. 50.000-100.000 per artikel untuk tulisan yang tayang.

Di beberapa blog ada juga yang menawarkan skema pembayaran per views di setiap artikelnya. Bayaran akan diakumulasi dan ditransfer setiap bulannya. Keren bukan? (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here