Aksi Peduli Rumah Zakat untuk Korban Gempa di Lombok

0

LOMBOK– Menyikapi bencana gempa yang terjadi di Lombok, Rumah Zakat telah melakukan aksi peduli bencana gempa. Tercatat sampai Minggu (12/8), Rumah Zakat telah menurunkan 26 relawan evakuasi, 12 tim tenaga medis, 10.540 superqurban secara bertahap,  255 paket sembako, dan 65 unit tenda terpal.

Selain itu, Rumah Zakat juga menurunkan tiga tim trauma healing untuk memulihkan kondisi psikologis warga yang terdampak gempa berkekuatan 7 SR. Untuk memenuhi kebutuhan makanan dan kesehatan warga, Rumah Zakat pun mendirikan tiga titik dapur umum serta enam titik layanan medis.

Adapun beberapa titik lokasi layanan medis yang didirikan berada di Dusun Wadon, Desa Kakait, Lombok Timur, Dusun Wedas, Lombok Barat, Dusun Kandang Kao, Lombok Utara, Dusun Tato, Lombok Barat,  Dusun Teloke, dan Dusun Orong, Lombok Barat.

Menurut Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, hingga Senin (13/8) sudah tercatat 436 orang meninggal dunia. Selain itu berdampak pada 67.875 unit rumah rusak, 1.353 orang luka-luka, dan 352.793 orang mengungsi.

Hingga saat ini, ada beberapa kebutuhan mendesak yang diperlukan warga. Diantaranya, tenda, selimut, makanan siap saji, terpal alas tidur, MCK, air bersih, perbaikan jaringan komunikasi, penerangan atau listrik, kendaraan untuk distribusi logistik, dan kebutuhan dasar sehari-hari. (ZP/05)

Tinggalkan pesanan

email kami rahasiakan