Aksi Peduli Bencana Kebakaran di Kawah Putih, Ciwidey

BANDUNG – Rumah Zakat melakukan Aksi Peduli Bencana dengan membuka Pos Hangat dan Pos Segar di sekitar lokasi kebakaran lahan dan hutan yang terjadi di kawasan wisata Kawah Putih Ciwidey, Kabupatan Bandung. Kebakaran tersebut terjadi pada Senin (7/10), tepatnya di Desa Sugihmukti, Kecamatan Pasirjambu.

“Kami menyediakan buah-buahan untuk tim pemadam yang terdiri dari Damkar, BPBD, TNI, dan Polri. Selain itu kami juga menyediakan minuman hangat seperti kopi dan susu,” kata Rikar, Relawan Rumah Zakat, Jumat (11/10).

Tidak hanya itu, Rumah Zakat juga turut berpartisipasi dalam upaya pemadaman sisa-sisa kebakaran bersama Damkar dan tim lainnya. Rumah Zakat akan terus melakukan bantuan hingga api padam.

Menurut BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Jawa Barat, kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di kawasan wisata Ciwidey menjangkau area seluas belasan hektare. Hal tersebut menyebabkan tanaman dan pohon yang berada di sekitarnya terbakar.

Di samping itu, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah menurunkan helikopter untuk melakukan water bombing. Hal tersebut bertujuan untuk melakukan pendinginan kebakaran hutan dan lahan di kawasan Kawah Putih dan Malabar.  (ZP/07)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here