Ekonomi BisnisBantu Ekonomi Keluarga dengan Teknologi

Bantu Ekonomi Keluarga dengan Teknologi

-

- Advertisment -spot_img

Jonathan Septian Hendra/istimewa.

JAKARTA – Banyak pemuda yang memanfaatkan perkembangan teknologi sebagai sumber penghasilan, salah satunya Jonathan Septian Hendra. Pemuda yang masih berstatus sebagai pelajar ini, telah menjalankan bisnis di dunia online sebagai pemilik Shopyz.id selama lebih dari 4 tahun dan telah menjangkau pasar secara luas.

Dengan keinginan kuat dan memiliki kemampuan untuk membantu ekonomi keluarga, remaja berusia 17 tahun ini menjual gadget dan asesoris ponsel bersama saudara kandungnya. Ketertarikan Jonathan terhadap produk tersebut karena hobi dalam bidang teknologi yang dalam perkembangannya diikuti dengan beragam produk yang berpotensi untuk dijual.

Jonathan pun mengungkapkan bahwa iaberkorban dulu untuk memiliki modal awal dari barang pribadi. “Untuk modal awal berbisnis ini, saya jual hp dan laptop pribadi. Terus nyisihin sebagian uang jajan juga”, ungkap pelajar kelahiran 2002 ini yang bercita-cita ingin menjadi seorang pengusaha ini.

Awalnya ia fokus berjualan online accesories ponsel saja, yaitu sebuah colokan converter listrik dengan jumlah penjualan sebanyak 500 sampai 1000 kabel dalam seminggu. Kemudian pada tahun 2016, Jonathan mulai menjual berbagai unit gadget.

“Penjualan ini dalam bentuk pre-seller, untuk sekarang bisa aja mendapatkan 10 sampai 20 orderan. Profit kira-kira 10 sampai 20 juta perbulan,” imbuhnya.

Untuk menyikapi harga pasar, Jonathan tidak mengeluarkan begitu banyak untuk potongan harga dalam melakukan strategi pemasaran terhadap konsumen.

“Saya pilih ngasih bonus gratis accessories gadget untuk menarik konsumen,” tuturnya.

Jonathan pun menjelaskan bahwa kini telah mengirim ratusan paket tiap bulan dan lebih sering mendapatkan orderan dari luar Jakarta, seperti Sulawesi serta Surabaya. Oleh karena itu, pemilihan penyedia jasa pengiriman pengiriman ekspres penting baginya.

“Untuk kirim produk seperti ini saya sering pakai JNE karena harga yang kompetitif, banyak pilihan product service, dan nyaman juga. Lebih seringnya pakai service REG, tapi saya kembalikan ke konsumen mau pakai service apa,” jelasnya.

Jonathan pun mengaku bahwa selain karena kualitas pelayanan, ia pun nyaman menggunakan JNE sejak bergabung menjadi member JLC (JNE Loyalty Card) tahun lalu. Setiap mengirimkan paket melalui JNE ia mendapatkan benefit berupa point sehingga berpeluang mendapat hadiah.

“Sampai sekarang masih ngumpulin poin JLC. Kalau jumlahnya banyak, hadiah yang bisa didapat juga makin menarik,” ujarnya. (ZP/07)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Brantas Abipraya Gelar Vaksin COVID-19 Gratis

JAKARTA - Pandemi COVID-19 belum berakhir, Pemerintah terus melakukan berbagai upaya untuk menekan laju penularan virus ini. Guna menyokong...

Subholding Gas Bersinergi Serahkan Bantuan 50 Tabung Oksigen ke RS UGM

YOGYAKARTA – Subholding Gas Grup sebagai bagian dari Holding Migas PT Pertamina (Persero) bersinergi dalam menyerahkan bantuan oksigen sebanyak...

Qurban Dermawan Menyapa Masyarakat Urban Semarang

SEMARANG - Dibalik megahnya Ibu Kota Jawa Tengah ternyata masih ada wilayah terpinggirkan yang masyarakatnya tidak berkesempatan menikmati lezatnya...

Curhat Miris Pengusaha Jateng saat PPKM Darurat, Jual Aset hingga PHK

SEMARANG - Pengusaha muda di Jawa Tengah sangat terpukul dengan kebijakan PPKM Darurat yang diberlakukan oleh Pemerintah. Ketua Himpunan Pengusaha...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Pertamina MOR IV Bagikan 8.026 Paket Daging Qurban untuk Warga Sekitar

SEMARANG – Merayakan Idul Adha 1442 H, Pertamina melaksanakan potong hewan qurban dengan total sebanyak 85 ekor yang terdiri...

Stimulus Kelistrikan, Upaya Pemerintah Membantu Masyarakat di Tengah Pandemi

JAKARTA - Selama Pandemi Covid-19, Pemerintah Indonesia cukup banyak mengeluarkan program bantuan sosial kepada masyarakat yang membutuhkan. Mulai dari...

Must read

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...

PGSI Jateng Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Sosial Hadapi Corona

  SEMARANG - Ketua Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI)...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda