UmumPendidikanBegini Cara Udinus Memacu Jiwa Kewirausahaan Mahasiswa

Begini Cara Udinus Memacu Jiwa Kewirausahaan Mahasiswa

-

- Advertisment -spot_img

SEMARANG – Saat ini kewirausahaan telah menjadi bagian terpenting dalam perekonomian, banyaknya bisnis baik skala kecil maupun besar tumbuh dengan pesat di Indonesia memicu hal ini. Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) selalu mengupayakan praktek langsung mengenai kewirausahaan, melalui acara Creanovatif Entepreuner 2019, para mahasiswa didaulat untuk memasarkan produknya baru-baru ini.

Creanovatif Enterpreneur diikuti oleh seluruh mahasiswa yang mengambil mata kuliah Dasar Kewirausahaan dan Start Up Business. Melalui acara tersebut mahasiswa dapat mempraktekkan secara langsung bagaimana menjadi seorang enterpreuner.

Dr. Nila Tristiarini M.SI,CSRA sebagai Bagian Kurikulum MKU di LP2K Udinus membuka kegiatan rutin ini, Kamis (4/7/19).

“Acara expo ini digelar untuk untuk mahasiswa agar konsisten pada usahanya dan terus mengkembangkan bisnis apa yang sudah mereka mulai,” ungkap Nila.

Expo yang digelar di area Gedung D kampus Udinus tersebut terdapat 56 stand, yang terdiri dari 38 stand dasar kewirausahaan dan 18 stand start up business. Dari seluruh stand akan dinilai oleh juri mulai dari Quality, Servicing, dan Pricing dan akan dipilih 3 pemenang untuk layak mendapatkan dana pembinaan.

“Saya harapkan dengan adanya expo ini tidak berhenti hingga disini. Sesuai dengan visi dan misi dibidang pendidikan dan kewirausahaan, semoga pemenang dalam expo 2019 bisa memperluas bisnisnya,” ujar Kepala UPT Kewirausahaan, Imam Nuryanto SE, MM.

Ia juga mengatakan mahasiswa dapat terus mengembangkan bisnisnya melalui tenda kewirausahaan yang telah disiapkan Udinus, untuk mahasiswa yang aktif dalam bisnis. Mahasiswa dapat mengirimkan proposal untuk dievaluasi dan melakukan kegiatan wirausaha selama satu hingga dua semester.

“Kompetisi kewirausahaan tidak hanya di acara ini, namun akan terus berlanjut. Bisa dilanjutkan ke jenjang yang lebih luas lagi, seperti di Kementrian Koperasi atau lain sebagainya. Udinus juga menfasilitasi dengan menyediakan tenda kewirausahaan,” lanjut Imam.

Dalam kegiatan tersebut menghadirkan juara baru dalam bidang entepreneur dan memiliki produk unggulan. Dari kategori Start up bisnis, juara pertama diraih oleh produk Eco Bag produk dari Dessyita Mellinia, juara kedua diraih oleh produk Sutireng produk dari Alfie ortiza dan juara ketiga diraih oleh produk bernama Ayam Kampus Nicolas Sergio.

Sedangkan dari kategori Dasar Etepreneur juara pertama diraih oleh produk Bownie Bag yang merupakan produk dari Amaliza, juara kedua diraih oleh produk Smart Social Wifi yang merupakan karya mahasiswi Pramesti Widya.

Pada juara ketiga diraih oleh brand Pe”ezzz yang merupakan produk dari mahasiswi Sania Natasya.

Keseluruhan juara merupakan mahasiswa dari Udinus dari berbagai Fakultas dan program studi
Kewirausahaan menjadi salah satu fokus Udinus untuk menuntun mahasiswa menjadi pebisnis yang sukses.

Kahumas Udinus, Agus Triyono S.Sos, M.Kom berharap mahasiswa dapat terus belajar serta praktek langsung mengenai proses berwirausaha.

“Acara seperti ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa, selain teori mahasiswa juga mampu mempraktekkan secara langsung menjadi seorang pebisnis,” tutur Agus. (ZP/06)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

PLN Siap Serap Listrik 5 MW dari PLTSa Terbesar di Jawa Tengah

SURAKARTA - PT PLN (Persero) siap menyerap listrik sebesar 5 megawatt (MW) yang dihasilkan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa)...

‘CB150R Charity’ Kumpulkan Rp8 Juta Untuk Anak Disabilitas

SOLO – Astra Motor Jateng bersama dengan Trooper Custom resmi mengakhiri program “CB150R Charity Ride” dengan melakukan live Instagram...

Dukung Energi Hijau, PLN Siap Serap Listrik dari PLTSa Terbesar di Jateng

SURAKARTA- PT PLN (Persero) siap menyerap listrik sebesar 5 megawatt (MW) yang dihasilkan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) Surakarta...

Hotel Santika Pekalongan Rutin Gelar Simulasi Pemadam Kebakaran

PEKALONGAN - Hotel Santika Pekalongan Sebagai salah satu hotel berbintang yang ada di Kota Pekalongan menggelar Simulasi Fire Drill...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Indosat Ooredoo Hutchison Siap Jadi Perusahaan Telekomunikasi Paling Dipilih di Indonesia

SEMARANG – Indosat Ooredoo Hutchison telah mengumumkan penyelesaian penggabungan usaha pada 4 Januari 2022 lalu, setelah menerima semua persetujuan...

Membanggakan, Desa Wisata Bakti BCA Torehkan Prestasi Gemilang

JAKARTA– PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) melalui program Corporate Social Responsibility senantiasa berkomitmen memberikan kontribusi bagi negeri ini....

Must read

Akhir 2021, Dafam Buka 2 Hotel Baru SEMARANG- Pandemi tidak...

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda