Ekonomi BisnisBKIPM Tingkatkan Ekspor Rajungan di Jateng

BKIPM Tingkatkan Ekspor Rajungan di Jateng

-

- Advertisment -spot_img

Istimewa.

SEMARANG- Balai Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu (BKIPM) Kota Semarang, saat ini tengah memacu hasil produksi komoditas rajungan di Jawa Tengah. Pasalnya, Jateng merupakan salah satu pengekspor rajungan terbesar di Indonesia.

Adapun, data yang dirilis BKIPM Semarang sampai Agustus 2018 total eskpor rajungan mencapai 234 ton atau menyumbangkan 37,4% produk hasil perikanan Jawa Tengah.

Kepala BKIPM Semarang, Raden Gatot Perdana menuturkan, saat ini rajungan memang menjadi primadona ekspor. Sebab, dari seluruh komoditas hasil perikanan di Jateng rajungan menempati urutan pertama.

“Rajungan memang menjadi andalan Jateng dalam ekspor hasil perikanan. Ini dibuktikan dengan banyaknya permintaan rajungan dari luar negeri khususnya dari Amerika Serikat dan beberapa negara Asia,” kata Gatot Rabu (3/10).

Dia menjelaskan, Amerika Serikat dan beberapa negara Asia masih menjadi andalan Jateng untuk mengeskpor ranjungan. Permintaan dari negara-negara tersebut cukup banyak.

Dia melanjutkan, untuk rajungan dengan kualitas eskpor kebanyakan didatangkan dari beberapa daerah di Jateng bagian Utara. Selain itu, BKIPM juga menerima rajungan dari beberapa daerah di Pulau Sulawesi dan Indonesia Timur.

Sementara itu, Sekretaris Asosiasi Pengelolaan Ranjungan Indonesia (APRI) Bambang Arif Nugraha mengatakan, Jawa Tengah masuk peringkat ketiga untuk penyumbang rajungan setelah Jawa Timur dan Jawa Barat.

Untuk jumlah nelayan rajungan, lanjut dia berjumlah 90.000 orang dan 20% berasal dari Jawa Tengah. Jumlah ini cukup banyak mengingat Jateng masuk dalam zona kuning untuk penangkapan rajungan.

“Pennyumbang rajungan terbesar masih dari Jawa Timur. Untuk itu, kami sedang memacu ekspor rajungan di Jateng agar terus alami peningkatan, seiring dengan banyaknya nelayan rajungan,” ucapnya. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

XL Axiata Donasikan 100 Laptop ke Belasan Pesantren

BOYOLALI -  PT XL Axiata (XL Axiata) menyalurkan donasi 100 unit laptop dan sarana akses internet untuk 12 pondok pesantren...

Apindo Semarang Jamin Perusahaan Bayar THR Secara Penuh

SEMARANG - Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kota Semarang memastikan perusahaan di kawasan ini akan membayar Tunjangan Hari Raya (THR)...

Dipimpin Evolusi OLED, Lini TV LG Tahun 2021 Siap Meluncur

JAKARTA - PT LG Electronics Indonesia (LG) mengeluarkan pernyataan kesiapan perusahaan dalam memperkenalkan lini TV terbarunya di tahun ini....

SIG Bukukan Laba Rp450,36 Miliar

*Kuartal I Tahun 2021 JAKARTA– PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) Kuartal I tahun 2021 mencatatkan laba yang dapat diatribusikan...
- Advertisement -spot_imgspot_img

XL Axiata Donasikan 100 Laptop ke Belasan Pesantren

*Kembangkan Desa Digital BOYOLALI- PT XL Axiata (XL Axiata) menyalurkan donasi 100 unit laptop dan sarana akses internet untuk 12...

Jelang Larangan Mudik, 27 Ribu Kendaraan Sudah Masuk Jateng Via Tol

SEMARANG - Jasa Marga Semarang-Batang mencatat 27 ribu kendaraan sudah memasuki Jawa Tengah hingga 1 Mei 2021 jelang larangan...

Must read

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...

PGSI Jateng Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Sosial Hadapi Corona

  SEMARANG - Ketua Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI)...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda