Ekonomi BisnisBSN Beri Akses Gratis Dokumen SNI dan ISO Terkait...

BSN Beri Akses Gratis Dokumen SNI dan ISO Terkait Covid-19

-

- Advertisment -spot_img

Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Kerja Sama, dan Layanan Informasi BSN, Zul Amri.

JAKARTA – Mendukung Indonesia menghadapi pandemi Covid-19, Badan Standardisasi Nasional (BSN) memberikan akses baca gratis seluruh dokumen Standar Nasional Indonesia (SNI) yang terkait dengan Covid-19 secara online melalui akses-sni.bsn.go.id.

Melalui fasilitas ini, BSN berharap kebutuhan pemangku kepentingan akan SNI dan ISO terutama untuk industri medis dan pelayanan kesehatan, dapat terpenuhi.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Kerja Sama, dan Layanan Informasi BSN, Zul Amri di Jakarta pada Kamis (16/04/2020) mengatakan, saat ini masyarakat bisa membaca dokumen SNI secara online melalui akses-sni.bsn.go.id.

“Akses-sni.bsn.go.id adalah sebuah aplikasi yang memudahkan masyarakat untuk membaca dokumen SNI dalam bentuk flip book,” jelas Zul.

Saat ini teridentifikasi 40 SNI yang terkait dengan Covid-19 diantaranya SNI tentang masker; pembersih tangan, kaca, dan lantai; sarung tangan medis; ventilator dan standar terkait; tisu dan laundry rumah sakit; peralatan elektromedik; sistem manajemen laboratorium dan alat kesehatan; sterilisasi alat kesehatan; serta standar lain yang terkait.

“Masyarakat bisa melihat daftar lengkapnya dengan mengkases link s.id/sni-covid19,” ujar Zul.

Selain dokumen SNI, BSN juga memberikan akses baca gratis secara online untuk sejumlah Standar International Organization for Standardization (ISO) terkait penanganan terhadap virus Corona.

“Ada 27 dokumen ISO yang kami buka secara gratis untuk dibaca masyarakat,”ujar Zul. Daftar lengkapnya dapat diakses melalui link s.id/iso-covid19.

“Ketersediaan akses untuk dokumen-dokumen tersebut berlaku selama masa penanggulangan Covid-19 atau sampai ada informasi berikutnya untuk penutupan akses,” sambung Zul.

Untuk masyarakat yang berminat memiliki dokumen-dokumen tersebut secara pribadi, BSN memberikan layanan secara online untuk pemesanan dokumen standar melalui pesta.bsn.go.id. Selain itu masyarakat pun dapat mengunduh gratis dokumen SNI penetapan 1 tahun terakhir, kecuali SNI adopsi, melalui sispk.bsn.go.id.

“Dengan adanya fungsi layanan akses baca dokumen SNI gratis dan layanan online lainnya selain memberikan kenyamanan juga dapat membatasi kontak fisik dengan publik sehingga dapat terlayani dengan baik dan masyarakat tetap aman di tengah wabah corona,” tutup Zul.

Untuk pemesanan standar secara online tidak terbatas hanya yang berkaitan dengan Covid-19. Namun, seluruh SNI dan Dokumen ISO yang tersedia di BSN.

Sebagaimana diketahui, BSN yang memiliki tugas membina dan mengkoordinasikan seluruh kegiatan standardisasi dan penilaian kesesuaian di Indonesia telah menetapkan 13.059 SNI yang terdiri dari 9 klasifikasi SNI berdasarkan sektor International Classification for Standards (ICS). Dari jumlah SNI yang telah ditetapkan tersebut, 205 SNI diantaranya merupakan SNI wajib.

Sembilan sektor SNI tersebut yakni pertanian dan teknologi pangan; konstruksi; elektronik, teknologi informasi dan komunikasi; teknologi perekayasaan; umum, infrastruktur dan ilmu pengetahuan; kesehatan, keselamatan dan lingkungan; teknologi bahan; teknologi khusus; serta transportasi dan distribusi pangan. (ZP/07)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Kinerja XL Axiata Kembali Tumbuh di Kuartal Ke-2 2021

JAKARTA - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) kembali berhasil meraih pertumbuhan kinerja di sepanjang kuartal kedua 2021. Prestasi...

BEI Ajak Investor Pasar Modal Berinvestasi Sekaligus Menolong Sesama

JAKARTA – Self-Regulatory Organization (SRO) yang terdiri dari PT  Bursa  Efek  Indonesia (BEI),  PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI)...

Kesadaran Masyarakat Gunakan BBM Ramah Lingkungan Makin Tinggi

SEMARANG- Kesadaran masyarakat dalam menggunakan BBM ramah lingkungan semakin besar. Kondisi tersebut terlihat dari volume konsumsi Pertamax di Jawa...

PGN Salurkan Oksigen 50 Tabung Untuk Rumah Sakit Di Probolinggo

Jakarta – PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) kembali menyalurkan bantuan oksigen medis untuk penanggulangan COVID-19 melalui Program Pertamina...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Buka Rekening Tabungan Permata Bisa Lewat Aplikasi Moxa

JAKARTA- Setelah diluncurkan di Maret 2021, Moxa sebagai aplikasi penyedia produk keuangan digital milik dari Astra Financial bersama PermataBank...

SIG Bukukan Kenaikan Laba 29,7%

JAKARTA- PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) pada semester 1 tahun 2021 berhasil membukukan laba yang dapat diatribusikan kepada...

Must read

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...

PGSI Jateng Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Sosial Hadapi Corona

  SEMARANG - Ketua Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI)...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda