Ekonomi BisnisBulog Jamin Ketersediaan Bahan Pangan Ramadhan dan Lebaran Aman

Bulog Jamin Ketersediaan Bahan Pangan Ramadhan dan Lebaran Aman

-

- Advertisment -spot_img

Direktur SDM dan Umum Perum Bulog Bagya Mulyanto saat memberikan keterangan kepada wartawan di Semarang, Sabtu (13/4/19).

SEMARANG – Perum Bulog menyetok sebanyak 1,8 juta ton beras untuk menghadapi bulan Ramadhan dan Lebaran 2019. Stok tersebut dijamin cukup untuk menghadapi momen besar itu.

Direktur SDM dan Umum Perum Bulog Bagya Mulyanto mengatakan, stok bahan pangan, seperti beras, gula, minyak goreng, tepung terigu, daging kerbau dan daging ayam sangat cukup untuk menghadapi Ramadhan dan Lebaran tersebut.

“Bulan Ramadhan maupun hari raya kita sudah persiapan, baik beras, minyak goreng, tepung terigu, daging kerbau, daging ayam, gula. Kita sudah siap. Beras kami punya stok 1,8 juta ton, untuk gula kita jaga stok persiapan sekitar 30.000 ton. Tapi ini kita juga produksi terus gulanya,” kata Bagya di Semarang, Sabtu (13/4/19).

Dikatakan, Bulog terus melakukan berbagai persiapan khusus untuk menjamin ketersediaan bahan pangan bagi masyarakat aman.

Menurutnya, meskipun penyerapan gabah dari petani menemui kendala karena masa panen yang sporadis atau tidak serentak, Bulog terus melakukan penyerapan.

“Serapan gabah petani, walaupun seporadis kita tetap melakukan penyerapan terus. Beras kena banjir, kita keringkan, tetap kita serap,” ujarnya.

Adapun di masa panen tahun ini, kata dia Bulog menargetkan mampu menyerap sebanyak 1,5 juta ton gabah. Jumlah tersebut turun 50% diakibatkan masa panen seporadis dan produsen beras yang mengalami gangguan banjir.

“Kita harapkan target musim panen tahun ini kita bisa menyerap 1,5 juta ton, hari ini 168.000 ton per hari ini. Turun, karena pola panen seporadis, tidak seperti tahun kemarin. Dan ini juga banyak produsen padi yang terjadi banjir, butuh kerja ekstra namun ini demi masyarakat,” ucapnya.

Disebutnya, wilayah penyumbang beras terbesar sejauh ini masih didominasi oleh Sumatera Selatan, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Jawa Barat. Khusus di Jateng hingga per hari ini sudah ada 21.000 ton beras yang diserap.

Sementara itu, Wakil Kepala Perum Bulog Divre Jateng Juaheni menambahkan, stok bahan pangan untuk Ramadhan dan Lebaran 2019 di Provinsi ini sangat aman. Bahkan stok diperkirakan mencukupi untuk kebutuhan hingga 5 bulan mendatang.

Adapun, saat ini ketersediaan stok beras medium Bulog mencapai 104.207,36 ton, beras premium 10.622,85 ton. Sementara stok gula Bulog mencapai 2.066,97 ton, daging kerbau 10,74 ton, minyak goreng 78,651 ton, bawang merah 26 ton, daging ayam 0,10 ton, dan telur 9,96 ton.

“Sangat cukup untuk memenuhi keperluan Ramadan. Beras aman ada 100.000 ton lebih, baik premium maupun medium. Jadi, cukup untuk keperluan Ramdan dan Lebaran. Selain beras, kami ada produk lain yang siap digelontorkan, kita punya minyak, gula, tepung, daging siap untuk men-support Lebaran,” ucapnya.

Selain itu, untuk mengantisipasi kenaikan sejumlah harga pangan yang biasa terjadi saat Ramadan, pihaknya telah menyiapkan berbagai strategi agar harga tetap terkendali.
Bulog, ungkapnya, akan serius memantau pergerakan harga yang terjadi di pasaran dan akan menggelar operasi pasar ketika harga sudah terlalu tinggi.

“Antisipasi kenaikan harga tetap dilakukan, seperti operasi pasar supaya penjualan untuk segala bahan pangan tidak terjadi kenaikan siginifikan,” tandasnya. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

ARTUGO Luncurkan Peranti Dapur Dengan Spesifikasi Istimewa

*Dukung Wirausaha Pemula TANGERANG- Diujung semester pertama tahun 2021, ARTUGO kembali meluncurkan sederet peranti dapur terbarunya. Tak tanggung – tanggung,...

Pertamina Berbagi Berkah Bulan Ramadhan

*Bantu Sarana Prasarana Panti Asuhan di Jateng-DIY SEMARANG– Sebagai bentuk tanggung jawab sosial, Pertamina Regional Jawa Bagian Tengah menjalankan program...

Lebaran di Pekalongan Aja Menginap di Hotel Santika Pekalongan

PEKALONGAN - Lebaran Sebentar lagi. Hari yang di identikan dengan kemenangan umat muslim di seluruh dunia yang selalu di...

Pertamina Siagakan Agen dan Pangkalan LPG

*Jelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H SEMARANG– Menyambut Idul Fitri 1442 H, Pertamina Pemasaran Regional Jawa Bagian Tengah menetapkan...
- Advertisement -spot_imgspot_img

PLN Berikan Bantuan Listrik Gratis di Jawa Tengah

SEMARANG - PLN memberikan bantuan penyambungan listrik gratis kepada masyarakat kurang mampu yang berada di wilayah Jawa Tengah. Bantuan...

Pakai Smartfren di Realme C21 Ada Bonus Kuota 384 GB Hingga Hadiah Smart TV

JAKARTA - Smartfren kembali menghadirkan paket bundling terbaik untuk seluruh masyarakat Indonesia. Kali ini pelanggan yang membeli smartphone Realme...

Must read

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...

PGSI Jateng Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Sosial Hadapi Corona

  SEMARANG - Ketua Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI)...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda