Ekonomi BisnisBulog Pastikan Stok Beras di Jateng Aman

Bulog Pastikan Stok Beras di Jateng Aman

-

- Advertisment -spot_img

Pemimpin Wilayah Perum Bulog Jawa Tengah Basirun (kiri) beserta jajarannya saat menunjukkan beras di Gudang Bulog Sumberejo, Kaliwungu, Kendal.

SEMARANG – Ketersediaan beras di wilayah Jawa Tengah sampai saat ini masih dalam kondisi aman. Perum Bulog Kantor Wilayah Jawa Tengah mencatat, stok beras yang ada di sejumlah gudang Bulog Kanwil Jateng mencapai 107.076 ton.

Kepala Perum Bulog Kanwil Jateng, Basirun mengatakan, dengan realisasi KPSH saat ini rata-rata per hari 500 ton, maka stok beras yang ada masih sangat mencukupi untuk 7 hingga 8 bulan ke depan.

“Stok beras saat ini masih 107.076 ton. Masih sangat besar, dan tersebar di  4 kantor cabang, yakni di Semarang 37.865 ton, Pati 17.802 ton, Surakarta 20.032 ton, dan Pekalongan 31.377 ton,” katanya, Jumat (6/3/20).

Menurutnya, stok beras yang tersedia bahkan masih terlalu besar. Hal ini mengingat pada bulan April hingga Juni diprediksi memasuki musim panen.

“Kalau musim panen raya, otomatis serapan atau permintaan dari masyarakat terhadap beras Bulog akan turun, sehingga ketahanan stok bisa lebih lama lagi,” ungkapnya.

Dengan Stok yang cukup besar tersebut, akan mempengaruhi kemampuan BULOG untuk menyerap hasil panen petani, namun petani tidak perlu khawatir akan adanya harga jatuh, karena saat ini harga gabah kering panen di pasaran masih di atas Rp5.000/kg. Sedangkan HPP gabah kering panen hanya Rp4.070/kg.

“Kondisi tersebut menunjukkan jika saat panen tiba, kemampuan pasar untuk menyerap hasil panen petani masih cukup baik,” tegasnya.

Terkait isu Corona, Basirun mengaku, di Jateng tidak ada kepanikan pembelian sembako besar-besaran, sehingga stok pun hingga kini masih tetap aman. Sedangkan dilihat dari serapan beras secara harian pada beberapa hari ke belakang pun masih stabil.

“Kalau diamati, di Jateng tidak ada pengaruh kepanikan atau rush sembako, sehingga stok beras masih aman-aman saja,” pungkasnya. (ZP/07)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

BMW Astra Roadshow Berikan Penawaran Khusus di Sepuluh Kota

JAKARTA - Sambut bulan Ramadan, BMW Astra berikan berbagai penawaran khusus selama 23 - 25 April 2021 di sepuluh...

XL Axiata Tebar Dividen Rp 339,4 Miliar

JAKARTA - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) pada hari ini, Jumat (23/4) menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan...

BPOM Sidak Pasar Tradisional di Banyumas

PURWOKERTO- Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Kabupaten Banyumas, Kamis (22/4/2021) mengadakan inspeksi mendadak (sidak) ke berbagai pasar tradisional...

Kanwil DJP Jawa Tengah I Optimis Capai Target

SEMARANG - Pada masa new normal, Kanwil DJP Jawa Tengah I mencatat kinerja penerimaan pajak yang relatif menggembirakan....
- Advertisement -spot_imgspot_img

Sambut Lebaran, Bisnis Elektronik Makin Bergairah

*Global Elektronik Gelar Pameran SEMARANG - Pertumbuhan ekonomi Indonesia diperkirakan akan positif pada kuartal III-2021 mendatang. Hal ini dapat dicermati...

Gmedia Hadirkan Geisler Play Home Karaoke

PT. Media Sarana Data (Gmedia) merupakan perusahaan berkembang yang bergerak dibidang teknologi informasi, tidak berhenti untuk terus berinovasi dengan...

Must read

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...

PGSI Jateng Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Sosial Hadapi Corona

  SEMARANG - Ketua Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI)...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda