PeristiwaCegah Stunting, Tingkatkan Daya Saing Bangsa

Cegah Stunting, Tingkatkan Daya Saing Bangsa

-

- Advertisment -spot_img

Para pembicara Seminar Kesehatan dengan tema Mencegah Stunting, Meningkatkan Daya Saing Bangsa, di Hall Gedung D Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro, Semarang, Jawa Tengah, Selasa (13/2/2018).

SEMARANG- PT Phapros Tbk. bekerjasama dengan Harian Bisnis Indonesia  menyelenggarakan Seminar Kesehatan dengan tema Mencegah Stunting, Meningkatkan Daya Saing Bangsa. Seminar nasional tersebut digelar di Hall Gedung D Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro, Semarang, Jawa Tengah, Selasa (13/2/2018).

Sejumlah pembicara ternama hadir pada seminar itu, seperti Kepala Dinas Kesehatan Dr. Yulianto Prabowo, pakar gizi sekaligus Komisaris PT Phapros Tbk. Fasli Jalal, Ketua Rembuk Nasional Firdaus Ali, Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro Hanifa Maher Denny, dan Direktur Pemberitaan Harian Bisnis Indonesia Arif Budisusilo.

Di Indonesia, tercatat hampir 9 juta anak di bawah usia 5 tahun mengalami pertumbuhan yang tidak maksimal (stunted) akibat kekurangan gizi kronis. Dengan angka ini, Indonesia berada di peringkat kelima negara yang kekurangan gizi sedunia.

Fasli Jalal, pakar gizi yang juga duduk dalam Dewan Pembina Perhimpunan Dokter Gizi Medik Indonesia (PDGMI) mengatakan, stunting berpotensi mengancam generasi mendatang menjadi generasi yang hilang.

“Kekurangan gizi pada usia dini dapat meningkatkan angka kematian untuk bayi dan anak, mudah terserang penyakit, dan kerja otak yang tidak optimal sehingga menurunkan kemampuan kognitif,” katanya.

Ketua Rembuk Nasional, Firdaus Ali mengatakan, upaya pemerintah dalam menekan angka stunting terdiri dari tiga tahapan. Pertama, penentuan target, yakni menargetkan turunnya prevalensi stunting pada anak kurang dari 2 tahun dari 37% pada 2013 menjadi 28% pada 2019.

Kedua, program pencegahan berupa pelaksanaan pencegahan stunting dalam 1.000 hari pertama (dari janin hingga umur 2 tahun). Ketiga, partisipasi publik. Target dan program pemerintah membutuhkan dukungan dari berbagai pihak.

Sementara itu, Direktur Utama PT Phapros Tbk., Barokah Sri Utami menuturkan, saat ini pemerintah sedang aktif berusaha menurunkan penderita anemia pada remaja dan ibu hamil yang berujung menurunkan angka kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat kekurangan gizi kronis (stunting) akibat kekurangan gizi.

Anak usaha PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) itu berkontribusi mendukung program pemerintah tersebut dengan menyuplai tablet tambah darah (TTD) lewat e-katalog yang sudah dimenangkan.

“Selain TTD, kami juga punya produk multivitamin lain yang bisa mencegah stunting karena kandungan asam folat dan zat besinya tinggi,” ujar Emmy, sapaan akrab Barokah Sri Utami.

Selain itu, PT Phapros Tbk. memiliki program tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility/CSR) yang mendukung program pemerintah, seperti mendirikan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu), sosialisasi dan edukasi tentang pencegahan stunting kepada Forum Posyandu Kota Semarang, serta program minum TTD bagi remaja putri di Semarang. (ZP/02)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Komunitas Tionghoa Semarang Bagikan Sembako untuk Warga Terdampak PPKM Darurat

SEMARANG - Perserikatan Organisasi Indonesia Tionghoa (PORINTI) Kota Semarang membagikan sembako kepada warga terdampak PPKM Darurat. Pembagian tersebut dilakukan bersama...

90% Dikorbankan, Efektifkah PPKM?

SEMARANG - Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jateng menilai, sejumlah Kebijakan pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19 yang sudah terjadi...

Brantas Abipraya Gelar Vaksin COVID-19 Gratis

JAKARTA - Pandemi COVID-19 belum berakhir, Pemerintah terus melakukan berbagai upaya untuk menekan laju penularan virus ini. Guna menyokong...

Subholding Gas Bersinergi Serahkan Bantuan 50 Tabung Oksigen ke RS UGM

YOGYAKARTA – Subholding Gas Grup sebagai bagian dari Holding Migas PT Pertamina (Persero) bersinergi dalam menyerahkan bantuan oksigen sebanyak...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Qurban Dermawan Menyapa Masyarakat Urban Semarang

SEMARANG - Dibalik megahnya Ibu Kota Jawa Tengah ternyata masih ada wilayah terpinggirkan yang masyarakatnya tidak berkesempatan menikmati lezatnya...

Pertamina MOR IV Bagikan 8.026 Paket Daging Qurban untuk Warga Sekitar

SEMARANG – Merayakan Idul Adha 1442 H, Pertamina melaksanakan potong hewan qurban dengan total sebanyak 85 ekor yang terdiri...

Must read

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...

PGSI Jateng Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Sosial Hadapi Corona

  SEMARANG - Ketua Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI)...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda