Ekonomi BisnisDisperindag Jateng Pastikan Stok Kebutuhan Pokok Aman Hingga Lebaran

Disperindag Jateng Pastikan Stok Kebutuhan Pokok Aman Hingga Lebaran

-

- Advertisment -spot_img

Kepala Disperindag Jateng, Arif Sambodo saat memberikan keterangan pers, Kamis (23/5/19).

SEMARANG – Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Tengah memastikan stok kebutuhan bahan pokok mencukupi untuk mengantisipasi peningkatan kebutuhan masyarakat menjelang Lebaran 2019.

Kepala Disperindag Jateng, Arif Sambodo, mengatakan, ketersediaan bahan pangan di Jateng seperti beras, minyak goreng, telur, dan daging masih aman.

Menurutnya, stok bahan pokok tersebut sangat aman, bahkan khusus beras masih cukup hingga satu tahun.

“Untuk produk yang dikelola pemerintah tersebut jaminan bahan pangan paling tidak untuk 3 bulan aman. Beras justru satu tahun kita ada,” kata Arif, Kamis (23/5/19).

Dikatakan, harga kebutuhan pokok tersebut juga tidak ada kenaikan signifikan. Harga cabai terutama yang biasanya naik, kini cenderung normal.

Meski demikian, saat ini masih diwaspadai adanya kenaikan bawang putih karena belum bisa dipenuhi di dalam negeri atau masih impor seutuhnya.

“Sementara bahan pokok yang agak diwaspadai bawang putih karena impor, namu sekarang sudah kembali normal,” ujarnya.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Jateng, Agus Wariyanto menambahkan, secara stok kebutuhan masih mencukupi seperti produksi beras yang memang masih surplus. Tidak hanya beras, produksi ternak juga masih aman seperti kambing.

“Sebagai contoh, komoditas telur masih aman karena Jateng punya daerah penghasilnya. Secara data, sekitar 20 persen produksi telur Jateng berasal dari Kabupaten Kendal,” ucapnya.

Sementara itu, Sekretaris Komisi B DPRD Jateng, Messy Widiastuti turut mengapresiasi peran Disperindag dan pemeirntah Jateng yang sudah bekerja maksimal untuk menjaga stok dan harga tetap stabil.

Disebutnya, memang masih ada beberapa komoditas yang mengalami kenaikan harga. Namun, kenaikannya tidak terlalu signifikan dan masih terjangkau masyarakat.

“Soal daya beli, saat ini masih cukup baik, meski harga ayam dan telur sempat mengalami kenaikan,” ungkap Politikus PDI Perjuangan itu. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Ada Pameran SAUTO Expo di Mal Ciputra Semarang, Deretan Mobil Baru Turut Dihadirkan

SEMARANG - Deretan mobil terbaru bakal dipamerkan dalam SAUTO Expo di atrium Mal Ciputra Semarang pada 26 November hingga...

200 Pedagang Pasar Kaliwungu Kendal Gunakan Transaksi Digital QRIS

KENDAL - Sebanyak 200 pedangang di Pasar Kaliwungu, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah sudah menggunakan transaksi digital dengan Quick Response...

Jangkau Publik Lebih Besar Mengenal Solusi HVAC, LG Perkenalkan Showroom Virtual

JAKARTA— Memanfaatkan terapan teknologi digital, LG Electronics (LG) memperkenalkan sebuah ruang pamer online yang dibuat khusus bagi produk solusi...

PLN UP3 Purwokerto Sinergi Terangi Negeri

PURWOKERTO - PT. PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Purwokerto, melaksanakan Multi Stakeholder Forum (MSF) Tahun 2021 Kamis...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Profil dan Biodata Marwan O Baasir, Chief Corporate Affairs XL Axiata Lengkap, Pendidikan hingga Berbagai Pengalamannya

SEMARANG - Profil dan biodata Marwan O Baasir, Chief Corporate Affairs XL Axiata lengkap dari pendidikan hingga berbagai pengalamannya. Anda...

Dukung PTM dan Masa Libur Akhir Tahun, Link Net Salurkan 5.000 Healthy Kit

JAKARTA – Dalam rangka mendukung upaya pemerintah untuk menekan potensi penyebaran Covid-19 dalam pelaksanaan kegiatan Pembelajaran Tatap Muka (PTM)...

Must read

Akhir 2021, Dafam Buka 2 Hotel Baru SEMARANG- Pandemi tidak...

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda