Ekonomi BisnisDitreskrimsus Polda Jateng Beberkan Tips Aman Belanja Online

Ditreskrimsus Polda Jateng Beberkan Tips Aman Belanja Online

-

- Advertisment -spot_img

SEMARANG – Belanja melalui daring atau online, kini sudah menjadi gaya hidup. Apalagi, di tengah pandemi Covid-19 yang mengharuskan segala sesuatu dilakukan dari rumah. Namun, kita harus berhati-hati terhadap akun-akun bodong yang hendak menipu pembeli. Nah, berikut tips dari Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Jateng, agar aman dalam transaksi online.

Kasubdit 5/ Siber Ditreskrimsus Polda Jateng AKBP Agung Prabowo, membagikan tips-tips singkat saat siaran langsung Instagram dengan Diskominfo Jateng, Senin (18/5/2020). Dipandu oleh Staf Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Rieka Hapsari, siaran ini mengundang antusiasme dari warganet.

Mengawali perbincangan, Agung mengatakan selama pandemi Covid-19, cukup banyak aduan terkait tindak kejahatan siber. Meskipun di tengah wabah, pihaknya tetap rutin menggelar patroli keamanan internet. Namun, warganet mesti berhati-hati dengan akun yang menawarkan harga miring, dan menjanjikan bonus-bonus.

“Yang sudah terungkap, mereka menawarkan dengan berbagai cara. Seperti pancingan bonus, harga murah, dan sebagainya. Jadi kita juga harus bijak, tanyakan ke teman atau survei terlebih dahulu. Misalnya kalau mau beli masker, bandingkan dengan pasaran, kemudian bandingkan dengan media sosial lain,” ujarnya.

Agung juga mengingatkan, agar masyarakat mewaspadai nomor-nomor atau akun yang tidak jelas, yang menanyakan terkait data pribadi. Seperti nomor rekening atau one time password (OTP). Jika hal itu terjadi, terindikasi kuat yang bersangkutan berusaha mencuri data-data.

“Jika merasa sudah tertipu jual beli online, segera blokir rekening, dan melapor ke kami (Ditreskrimsus Polda Jateng) di Jalan Sukun Raya Nomor 46. Buat laporan resmi, dengan melampirkan bukti, seperti screenshoot (tangkapan layar) transaksi ataupun percakapan di telepon genggam,” jelasnya.

Ditambahkan, ketika laporan resmi dibuat, polisi bisa segera menangani dan jika terbukti bisa dilimpahkan ke meja hijau. Hal itu tidak menutup kemungkinan, uang dari konsumen bisa dikembalikan, bila sesuai dengan mekanisme yang ada.

Agar aman, lanjut Agung, warga net diminta untuk bertransaksi melalui platform jual beli online terpercaya. Jika melalui media sosial dan masih berada dalam satu area, usahakan menggunakan sistem antar bayar atau Cash on Delivery (COD) .

“Jangan percaya dengan yang menggunakan domain blog, jangan tergiur harga murah, pilih penjual dengan reputasi bagus, pertimbangkan ulasan pembeli, pastikan nomor rekeningnya bukan pribadi tapi rekening tampungan (rekber). Terakhir, tidak memberikan password maupun kode OTP (one time password) kepada orang lain, kalau tidak data kita bisa diakses termasuk data bank,” urainya. (ZP/06)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Ramadan Kareem ala Patra Semarang

SEMARANG -  Bulan Ramadhan adalah bulan yang dinanti oleh umat muslim, salah satu momen yang paling dinanti setelah seharian...

JNE Berikan Promo Berlimpah di Bulan Ramadhan 2021

SEMARANG – Bulan Ramadhan telah tiba, seluruh masyarakat menyambut antusias dengan tradisi untuk saling berbagi kepada keluarga dan kerabat....

3Second Buka Gerai Baru di Kota Semarang dengan Konsep Family Store

SEMARANG - 3Second kembali melebarkan sayap dengan membuka Store terbarunya berkonsep Family Store di Kota Semarang, Jawa Tengah. 3Second Family Store yang berada di...

LG Borong 31 Red Dot Award

JAKARTA- Tak hanya dari inovasi, kepiawaian LG dalam meramu produk elektroniknya juga menyentuh hingga penciptaan desain yang mengesankan. Sebagai...
- Advertisement -spot_imgspot_img

CIMB Niaga Perkuat Kapabilitas OCTO Mobile Jadi Super App

JAKARTA- Seiring meningkatnya aspirasi nasabah terhadap layanan finansial berbasis digital, perbankan terus berinovasi meningkatkan kapabilitas platform digitalnya, sehingga dapat...

PGN Siapkan Pasokan dan Infrastruktur Gas Bumi di Jawa Tengah

JAKARTA - PT Perusahaan Gas Negara Tbk dan PT Jateng Petro Energi (Perseroda) (JPEN) telah melakukan penandatanganan Memorandum of...

Must read

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...

PGSI Jateng Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Sosial Hadapi Corona

  SEMARANG - Ketua Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI)...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda