Ekonomi BisnisEkonomi Jateng Tumbuh 5,66 Persen di Triwulan lll-2019

Ekonomi Jateng Tumbuh 5,66 Persen di Triwulan lll-2019

-

- Advertisment -spot_img

Kepala BPS Provinsi Jawa Tengah, Sentot Bangun Widoyono.

SEMARANG – Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jawa Tengah mencatat ekonomi Jawa Tengah pada Triwulan lll-2019 tumbuh 5,66 persen secara tahunan.

Realisasi pertumbuhan tersebut lebih baik dibandingkan periode yang sama tahun lalu, yang tumbuh 5,21 Persen.

Dibandingkan dengan triwulan sebelumnya, Ekonomi Jawa Tengah pada Triwulan III-2019 juga meningkat sebesar 2,44 persen (q-to-q).

Kepala BPS Provinsi Jawa Tengah, Sentot Bangun Widoyono mengatakan, pertumbuhan ekonomi tersebut didukung oleh semua lapangan usaha kecuali Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan yang tercatat mengalami konstraksi.

“Pertumbuhan tertinggi dicapai oleh kategori Penyediaan Akomodasi dan Makan Minum sebesar 18,84 persen. Tingginya pertumbuhan pada kategori tersebut didukung oleh banyaknya bermunculan kedai makan dan minum baru,” ujar Sentot, Senin (2/12/19).

Dia menambahkan, adanya beberapa kegiatan di Jawa Tengah di triwulan III-2019 seperti Asean School Games turut mendorong tumbuhnya lapangan usaha akomodasi tersebut.

“Lapangan usaha lain yang mengalami pertumbuhan cukup tinggi adalah Jasa Perusahaan sebesar 13,53 persen serta Informasi dan Komunikasi sebesar 11,52 persen,” katanya.

Disebutnya, dari sisi struktur PDRB Jawa Tengah menurut lapangan usaha atas dasar harga berlaku pada Triwulan Ill-2019 tidak menunjukkan perubahan yang berarti.

Lapangan Usaha Industri Pengolahan, Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan, kemudian Perdagangan Besar Eceran, Reparasi Mobil Sepeda Motor, dan Konstruksi masih mendominasi PDRB Jawa Tengah.

“Bila dilihat dari kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi Jawa Tengah Triwulan III 2019 (y on y), Industri Pengolahan menjadi sumber pertumbuhan tertinggi sebesar 2,07 persen, diikuti Perdagangan Besar Eceran, Reparasi Mobil Sepeda Motor sebesar 0,96 persen; dan Konstruksi sebesar 0,60 persen,” pungkasnya. (ZP/07)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

90% Dikorbankan, Efektifkah PPKM?

SEMARANG - Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jateng menilai, sejumlah Kebijakan pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19 yang sudah terjadi...

Brantas Abipraya Gelar Vaksin COVID-19 Gratis

JAKARTA - Pandemi COVID-19 belum berakhir, Pemerintah terus melakukan berbagai upaya untuk menekan laju penularan virus ini. Guna menyokong...

Subholding Gas Bersinergi Serahkan Bantuan 50 Tabung Oksigen ke RS UGM

YOGYAKARTA – Subholding Gas Grup sebagai bagian dari Holding Migas PT Pertamina (Persero) bersinergi dalam menyerahkan bantuan oksigen sebanyak...

Qurban Dermawan Menyapa Masyarakat Urban Semarang

SEMARANG - Dibalik megahnya Ibu Kota Jawa Tengah ternyata masih ada wilayah terpinggirkan yang masyarakatnya tidak berkesempatan menikmati lezatnya...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Pertamina MOR IV Bagikan 8.026 Paket Daging Qurban untuk Warga Sekitar

SEMARANG – Merayakan Idul Adha 1442 H, Pertamina melaksanakan potong hewan qurban dengan total sebanyak 85 ekor yang terdiri...

Stimulus Kelistrikan, Upaya Pemerintah Membantu Masyarakat di Tengah Pandemi

JAKARTA - Selama Pandemi Covid-19, Pemerintah Indonesia cukup banyak mengeluarkan program bantuan sosial kepada masyarakat yang membutuhkan. Mulai dari...

Must read

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...

PGSI Jateng Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Sosial Hadapi Corona

  SEMARANG - Ketua Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI)...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda