Gabungan Maritim Jateng Kirim Bantuan untuk Korban Gempa Bumi di Palu dan Donggala

Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, Raden Agus H. Purnomo di Kantor Syahbandar (tengah) saat melepas bantun bagi korban gempa bumi di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah, Senin (8/10).

SEMARANG- Gabungan unsur maritim Provinsi Jawa Tengah mengirimkan bantuan kemanusiaan untuk korban bencana gempa bumi di Palu dan Donggala Sulawesi Tengah, Senin (8/10).

Pelepasan bantuan ini dilakukan langsung oleh Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, Raden Agus H. Purnomo di Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Semarang.

Adapun bantuan yang diberikan terdiri dari bahan-bahan makanan dan kebutuhan pokok lainnya, seperti bahan makanan, pakaian hingga selimut.

Agus menggemukan, bantuan ini diharapkan bisa membantu meringankan beban masyarakat yang saat ini terpaksa tinggal di pengungsian karena tempat tinggalnya yang sudah rusak.

“Bantuan dari kawan-kawan unsur maritim Jateng ini sebanyak satu kontainer full. Macam-macam ada bahan makanan dan pakaian dan sebagainya, ada selimut,” jelasnya.

Dikatakan, bantuan ini akan dikumpulkan terlebih dahulu di Surabaya Jawa Timur untuk ditampung dengan bantuan dari daerah-daerah lain, yang kemudian akan diberangkatkan menuju Palu.

“Di Surabaya di kumpulkan lagi, nanti akan diangkut kapal Pelni ke Palu. Jadi di Jawa dikumpulkan di sana. Kalau Jakarta sudah berangkat,” tutupnya.

Sementara itu, berdasar data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) hingga Minggu (7/10), jumlah pengungsi akibat gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah mencapai 63.359 jiwa, jumlah tersebut berkurang dari yang sebelumnya mencapai 70.000 jiwa.

Sedangkan, jumlah korban meninggal hingga Senin (8/10) pukul 13.00 WIB, meningkat menjadi 1.948 korban. Jumlah tersebut terdiri dari 1.539 korban dari Palu, 171 korban dari Donggala, 15 dari Parigi Moutong, dan 1 korban dari Pasangkayu, Sulawesi Barat. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here