UmumPendidikanIsemantic 2018 Udinus Bahas Tentang "Creative Technology"

Isemantic 2018 Udinus Bahas Tentang “Creative Technology”

-

- Advertisment -spot_img
Prof. Peter Wushou Chang, MD, MPH, ScD saat mendapatkan anugerah dari Udinus terkait kontribusinya di Asian Health Literacy Association.

SEMARANG- International Seminar on Application for Technology of Information and Communication (Isemantic) yang diadakan Universitas Dian Nuswantoro Semarang telah digelar pada 21-22 September lalu. Acara tersebut bertemakan ‘Creative Technology for Human Life’ dan dihadiri oleh pembicara dari mancanegara.

Tiga pembicara besar yang hadir dalam Isemantic ketiga yang digelar oleh Udinus yakni Dr Reece Hinchcliff dari University of Technology Sydney, Prof Dr Nurul Taufiqu Rochman, M.Eng dari LIPI, dan Prof Peter Wushou Chang, MD, MPH, ScD dari Taipe Medical University. Kegiatan tersebut digelar di gedung E lantai 3 Udinus.

Ketua Panitia Isemantic 2018, Dr Guruh Fajar Shidik, MCs mengatakan, kegiatan seminar diikuti oleh para peneliti, akademisi, mahasiswa dan masyarakat industri yang telah lolos seleksi awal yang diumumkan pada 12 Mei yang lalu. Topik makalah mengenai Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, Teknologi Listrik dan Elektronik, Teknologi E-computing, Teknologi untuk Studi Bahasa dan Sastra, dan Teknologi E-health.

“Para peserta sebelumnya telah mengumpulkan makalah Pengumuman penerimaan pada 12 mei lalu dan makalah yang diserahkan harus memenuhi kriteria diantaranya orisinalitas, kebaruan, belum dipublikasikan dan harus ditulis dalam bahasa Inggris. Selain itu, makalah tersebut ditinjau oleh tiga reviewers, yang akan dikenakan proses peer-review, dimasukkan dalam IEEE Xplore yang terindeks oleh Scopus,” ujarnya.

Ia juga mengungkapkan bahwa kegiatan Isemantic sebagai langkah untuk memberi pengaruh besar dan manfaat bagi pengembangan teknologi informasi sebagai suatukontribusi positif bagi pengembangan IPTEKS berbasis kearifan local.

“hasil research atau pun sharing dari hasil temuan dan pengamatan yang telah dilakukan oleh para kelompok intelekual, praktisi serta kalangan industry dapat berguna bagi peningkatan kualitas hidup, terjaganya kekayaan budaya nasional serta terpiliharanya lingkungan,” ungkapnya.

Sementara itu, dalam pemaparannya di acara Isemantic 2018, Prof. Peter Wushou Chang, MD, MPH, ScD dari Taipe Medical University menjelaskan Pentingnya literasi kesehatan digalakkan adalah agar masyarakat lebih paham akan  hak-hak kesehatannya, tercukupi  kebutuhan kesehatannya, dan mampu menentukan keputusan kesehatan. Menurutnya peran pemerintah juga sangat diperlukan.

“Peran pemerintah berguna untuk  pengedukasian masyarakat   tentang literasi kesehatan dapat dilakukan secara massive dan lebih efektif. Sehingga keperluan kesehatan untuk masyarakat dapat diseleksi lebih dini, dan meminimalisir finansial yang harus dikeluarkan untuk kebutuhan kesehatan masyarakat,” jelasnya.

Isemantic sendiri merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Udinus berkolaborasi dengan Institute Electrical and Electronic Enginneers (IEEE). Dalam kegiatan bertaraf internasional, Udinus memberikanpenghargaan kepada Prof. Peter Wushou Chang, MD, MPH, ScD  karena kontribusinya di Asian Health Literacy Association (AHLA).

Terlebih sejak 2017 lalu, Udinus telah dijadikan kantor representatif AHLA pertama di Indonesia, sehingga Udinus juga telah berperan dalam menggalakkan kesadaran literasi kesehatan untuk masyarakat di Indonesia

Kahumas Udinus Agus Triyono,S.Sos, Msi menegaskan bahwa agenda tahunan dari Udinus tersebut telah dinanti-nantikan oleh para peneliti, akademisi, mahasiswa, maupun masyarakat industri. Ia berharap paper atau makalah dari para peserta yang telah mengirimkan nantinya dapat dipublikasikan.

“Penelitian melalui makalah ilmiah diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat, dan bagi akademisi hal ini dapat mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Saya berharap agar acara ini juga bermanfaat untuk publikasi para akademisi,” tutupnya. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Pameran Property Expo Semarang Cetak Transaksi Rp 28 Miliar

SEMARANG - Pameran Property Expo Semarang mendapatkan hasil menggembirakan bagi para pengembang di awal tahun 2022. Pemeran perdana yang digelar...

GTSI Kembali Dikontrak BP Berau Ltd.

JAKARTA– PT GTS Internasional Tbk. (GTSI) melalui salah satu anak perusahaannya PT Hikmah Sarana Bahari (HSB) berhasil mendapatkan kepercayaan...

Empal Krispi Sajian Baru Hotel Santika Pekalongan

PEKALONGAN - Hotel Santika Pekalongan kembali mengeluarkan special menu di awal tahun 2022 ini. Menu ini sangat cocok untuk...

Smartfren Hadirkan Unlimited Terbaru, No Drama No Ribet dengan Promo Dua Kali Lebih Besar

JAKARTA –  Selaras dengan kebutuhan generasi masa kini  yang selalu keep connected ke internet, maka di awal tahun ini...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Pertamina Tegaskan WA Undian Berhadiah HOAX

SEMARANG- PT Pertamina (Persero) menegaskan, pesan berantai yang beredar melalui sejumlah saluran media seperti Whatsapp terkait undian berhadiah...

25 Konsumen Pertama di Kota Semarang Terima Honda All New BR-V

SEMARANG- Mengawali tahun 2022, Honda Semarang Center melakukan penyerahan perdana secara simbolik 25 unit All New Honda BR-V kepada...

Must read

Akhir 2021, Dafam Buka 2 Hotel Baru SEMARANG- Pandemi tidak...

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda