UmumPendidikanUdinus Bekali Santri Raudhatul Qur’an Semarang Kemampuan IT

Udinus Bekali Santri Raudhatul Qur’an Semarang Kemampuan IT

-

- Advertisment -spot_img
Pelatihan yang diikuti sekitar 40 santri ini mengajarkan berbagai pengetahuan terkait dunia komputer mulai dari pemasangan hardware komputer secara virtual hingga penggunaan internet secara benar.

SEMARANG- Tingkatkan kemampuan santri Pondok Pesantren Raudhatul Qur’an Semarang dalam dunia komputer, tiga dosen Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) memberikan pelatihan Teknologi Informasi dan Komputer. Pelatihan tersebut sebagai bentuk pengabdian kepada masayarakat terkait pendidikan.

Kegiatan tersebut diselenggarakan di laboratorium gedung D.2 A Udinus dan diselenggarakan selama 2 hari yakni pada 6-7 Februari 2019. Pelatihan yang diikuti sekitar 40 santri ini mengajarkan berbagai pengetahuan terkait dunia komputer mulai dari pemasangan hardware komputer secara virtual hingga penggunaan internet secara benar.

Adapun tim pengabdian masyarakat pelatihan Teknologi Informasi dan Komputer itu diketuai oleh Dr. Pulung Nurtantio Andono,ST,M.Kom dan beranggotakan Fauzi Adi Rafrastara,M.Cs dan Abdussalam,M.Kom.

Wakil Rektor IV bidang Riset dan Kerjasama sekaligus sebagai pengisi di sesi pelatihan penggunaan internet, Dr. Pulung Nurtantio Andono, ST, M.Kom mengatakan tujuan kegiatan tersebut sebagai sarana memberikan pelatihan dan pengabdian Udinus terhadap masyarakat kota Semarang. Mereka juga diajarkan pemasangan hardware secara virtual menggunakan aplikasi Sisco agar menambah ilmu dunia IT.

“Kami ajarkan berbagai hal selama 2 hari yang dimulai hari ini hingga besok. Kami ingin mereka juga tahu seluk beluk dunia IT mulai dari hal dasar yakni perakitan Personal Computer (PC) hingga pengetikan menggunakan 10 jari. Ini bisa memudahkan saat mereka mengerjakan tugas dan sebagainya,” ujarnya saat memberikan keterangan mengenai pelatihan tersebut, Kamis (7/2).

Menurutnya generasi muda sekarang ini harus mampu mengerti dan memahami dunia IT karena pada era millennial sudah menggunakan teknologi dalam aktivitas sehari-hari. Pelatihan tersebut para santri diajak untuk melek teknologi dalam cakupan teknologi yang sederhana dan dibutuhkan dalam keseharian.

“Kami ingin mengajak generasi millennial juga paham hal-hal dasar di dunia IT. Melalui pelatihan ini mereka bisa terbantu dan berani untuk mempelajari dunia IT. Karena teknologi menjadi hal yang mendasar pada era sekarang dan selanjutnya,” ungkapnya.

Para peserta terlihat antusias mengikuti dan mendengarkan arahan dari tim pengabdian masyarakat Udinus yang dipimpin oleh Dr. Pulung Nurtantio Andono, ST, M.Kom. Hal tersebut terlihat dari banyaknya pertanyaan yang dilontarkan kepada para dosen yang memberikan pelatihan Teknologi Informasi dan Komputer.

Sementara itu, Kahumas Udinus, Agus Triyono, S.Sos ,Msi menegaskan kegiatan yang berbasis pengabdian masyarakat ini diharapkan dapat menambah kesadaran generasi millennial agar melek akan dunia teknologi.

“Hal ini merupakan kontribusi Udinus untuk masyarakat sekitar, agar dapat saling bersimbiosis mutualisme menambah ilmu terkait dunia teknologi,” jelas Agus Triyono, MSi Kahumas Udinus. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Derma 9 Rambah Pasar Skincare, Bisa Gabung Jadi Agen dan Reseller

SEMARANG - Klinik kecantikan Derma 9 serius menggarap pasar skincare untuk memberikan produk perawatan kecantikan yang terbaik. Derma 9 telah...

Springbed Kesehatan Makin Diminati Konsumen di Semarang

SEMARANG - Kasur springbed kesehatan untuk tulang belakang makin diminati oleh konsumen di Semarang, Jawa Tengah selama tahun 2021. Banyak...

Polri dan Pertamina Bongkar Praktik Penyalahgunaan BBM Subsidi di Cilacap Rugikan Negara Rp 49 Miliar

SEMARANG - Direktorat Polisi Perairan (Ditpolair) Korpolairud Badan Pemelihara Keamanan (Baharkam) Polri bersama Pertamina membongkar penyalahgunaan dan penimbunan BBM...

XL Axiata Business Solutions Raih Sertifikasi ISO 22301:2019

JAKARTA- PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) melalui XL Axiata Business Solutions berhasil meraih Sertifikasi ISO 22301:2019 yang merupakan...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Hotel Santika Pekalongan Gunakan Bahan Plastik Mudah Terurai Jaga Lingkungan

PEKALONGAN - Hotel Santika Pekalongan terus mendukung pemerintah untuk menggunakan bahan plastik yang ramah lingkungan untuk segala keperluan. Hotel Santika...

Musda XV HIPMI Jateng: Dua Calon Ketua Umum Janji Siap Kolaborasi dan Sinergi

SEMARANG - Musyawarah Daerah (Musda) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Jawa Tengah ke XV segera digelar pada 28 -...

Must read

Akhir 2021, Dafam Buka 2 Hotel Baru SEMARANG- Pandemi tidak...

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda