Udinus Terus Dampingi Mahasiswa Kembangkan Wirausaha

SEMARANG – Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) yang mempunyai visi menjadi universitas pilihan utama di bidang pendidikan dan kewirausahaan, terus memupuk jiwa wirausaha ribuan mahasiswanya.

Dari jajaran dosenpun membimbing dan membina para mahasiswa untuk mengikuti berbagai kejuaraan, utamanya Program Kreatifitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKMK), agar insting kewirausahan mahasiswa makin terasah. Selain itu, didalam Udinus juga terdapat Entrepreneurship Center yang mengimplementasikan kegiatan Inkubator Bisnis bagi para mahasiswa.

Namun sayangnya, tidak semua mahasiswa pelaku wirausaha yang mengikuti ajang PKMK ini berhasil mengembangkan bisnisnya. Bahkan hanya sebagian kecil yang serius meneruskan usahanya. Hal inilah yang akhirnya menggugah para dosen Udinus untuk menerapkan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan mewujudkan pengabdian masyarakat, melalui pendampingan pada para mahasiswa untuk terus mengembangkan usahanya dalam Program Pengembangan Kewirausahan (PPK).

Pengabdian masyarakat oleh para dosen Udinus yang diketuai oleh Etika Kartikadarma, M.Kom, dengan anggota Dr. Nila Tristiarini M.Si dan Vilda Ana Veria Setyawati, M.Gizi, ingin semakin banyak wirausahawan muda dan sukses yang berasal dari Udinus.

“Target kami bisa melakukan pendampingan enam tenant dalam satu tahun pertama, sedangkan di tahun kedua dan ketiga masing-masing tujuh tenant,” tutur Etika saat dimintai keterangan pada Jumat (17/5/2019).

Nantinya dalam pengabdian ini, para mahasiswa akan mendapatkan pengetahuan mengenai kewirausahaan melalui sosialisasi dan kuliah umum. Mereka yang berminat akan mengikuti rekrutmen tenant, bagi yang lolos akan mendapatkan pendampingan.

“Biasanya kendala mahasiswa dalam melanjutkan usahanya adalah karena kurang siapnya rencana bisnis, tidak adanya pemasaran yang terstruktur, hingga tidak adanya pendampingan yang intensif. Di awal program ini, kami datangkan alumni Udinus yang sukses mengelola usahanya hingga mempunyai banyak karyawan. Salah satunya Khaerul Anwar ini,” tambah Etika.

Khaerul Anwar merupakan CEO dari Seven Media Technology yang sukses mengelola perusahaan web development, sistem informasi, mobile apps, hingga digital marketing. Dalam kuliah umum kewirausahan dihadapan ratusan mahasiswa Udinus, Khaerul mengemukakan bahwa mereka yang ingin berwirausaha direkomendasikan untuk mengikuti berbagai organisasi.

“Kegiatan berorganisasi yang positif dapat menjadi alat untuk berjualan produk anda, dan lebih cepat dikenal masyarakat. Jangan lupa untuk terus update perkembangan teknologi, gunakan media sosial untuk memasarkan produk anda,” ucapnya.

Dari pengabdian masyarakat melalui PPK ini, Kahumas Udinus Agus Triyono, MSi berharap mahasiswa dapat menciptakan lapangan kerja baru melalui wirausaha.

“Sehingga mahasiswa tidak hanya kuliah dan setelah lulus mencari kerja saja. Namun juga membuka lapangan kerja bagi masyarakat di sekitarnya,” (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here