Jelang Idul Fitri 2018, BI Bakal Buka Tempat Penukaran Uang secara Gratis

Ilustrasi/istimewa

SEMARANG- Menjelang lebaran Idul Fitri 2018, Bank Indonesia bersama perbankan di Jawa Tengah akan menyiapkan tempat-tempat penukaran uang di berbagai titik di Semarang dan di berbagai daerah lain.

Pada tempat-tempat penukaran uang tersebut nantinya masyarakat bisa menukarkan uangnya secara gratis tanpa harus membayar kelipatan tertentu.

Kepala Bank Indonesia Perwakilan Jawa Tengah, Hamid Ponco Wibowo mengatakan, selain di tempat yang telah disediakan itu, masyarakat juga bisa datang langsung ke bank terdekat untuk menukar uangnya.

“Kita akan bekerjasama dengan perbankan, awal puasa kita buka counter, di situ nanti ada spanduk penukaran uang gratis. Dan masyarakat pun tidak perlu menukar uang jauh-jauh, cukup mereka datang ke bank di dekat lokasi tinggal,” kata Hamid Ponco Wibowo, Senin (30/4).

Dijelaskan, dengan menukarkan uang di tempat resmi, kemungkinan akan adanya uang palsu yang diselipkan dengan uang asli akan terminimalisirkan. Selain itu, bagi masyarakat juga bisa membawa uangnya untuk dicek apakah uang yang dimiliki asli atau palsu.

“Masyarakat bisa datang ke tempat penukaran uang, bisa cek apakah ada uang palsu atau tidak, sehingga pola seperti ini harapanya akan semakin memudahkan memperoleh uang jelang lebaran,” ucapnya.

Ia menambahkan, kebutuhan uang rupiah menyambut lebaran tahun ini di Jawa Tengah diprediksi akan meningkat hingga 14 persen dibanding lebaran tahun lalu. Melihat hal itu BI akan menyiapkan uang rupiah hingga Rp 23 triliun.

“Untuk di Semarang kita siapkan uang rupiah sekitar Rp 9.7 triliun, kemudian kalau Jawa Tengah meliputi BI Semarang, Purwokerto, dan Solo disiapkan Rp 23.2 triliun,” pungkasnya. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here