KeuanganTransaksi Festival Ekonomi Syariah Semarang Capai Rp 5 Miliar

Transaksi Festival Ekonomi Syariah Semarang Capai Rp 5 Miliar

-

- Advertisment -spot_img

SEMARANG- Bank Indonesia (BI) mencatat transaksi yang terjadi pada kegiatan Festival Ekonomi Syariah (FESyar) regional Jawa yang dilaksanakan di Semarang pada 2 hingga 4 Mei 2018, berhasil mencapai angka Rp 5 miliar.

Kepala Bank Indonesia Jawa Tengah, Hamid Ponco Wibowo mengatakan, dalam pelaksanaan FESyar tercatat dihadiri sebanyak 5.129 pengunjung, dan pada kegiatan Sharia Fair terdapat nilai transaksi sebesar Rp 106 juta dan ada komitmen transaksi pemesanan barang sebesar Rp 659 juta.

“Sedangkan dari kegiatan business matching terdapat 6 pesantren, 1 panti asuhan, 1 Rumah sakit dan 2 UMKM yang berhasil mendapatkan komitmen kerjasama senilai Rp 4.2 miliar dari perbankan syariah, BUMN, Komunitas Eksportir Muda Indonesia (KEMI), dan PNM. Dan Untuk kegiatan business linkage berhasil menjaring komitmen dari BAZNAS, BI, Asbisindo sebesar Rp 318 juta,” kata Hamid Ponco Wibowo, dalam penutupan FESyar di Ball Room Hotel Gumaya, Jumat (4/5).

Dijelaskan, melalui kegiatan FESyar, BI terus mendorong perkembangan ekonomi syariah dengan mempertemukan para pelaku usaha baik dari pesantren dan indutri halal agar bisa secara langsung mengenalkan produknya kepada para calon investor.

“Kita membantu menghubungkan antara pesantren dan industri halal pada buyer atau pembeli. Jadi melalui kegiatan ini UMKM bisa memberikan paparan produknya dan ini disambut baik oleh investor, sehingga investor yang sudah tahu tersebut salama kegiatan ada transaksi Rp 5 miliar lebih,” ujarnya.

Ia menambahkan, khusus untuk industri makanan dan minuman, BI juga membantu para pelaku usaha tersebut dengan menghadirkan kegiatan edukasi terkait prosedur pengajuan sertifiaksi halal yang menghadirkan langsung dari kementerian agama.

“Kita membantu dan memfasilitasi pelaku usaha melalui kegiatan pemberian materi dari Kemenag terkait sejauh mana sarat atau proses pengajuan sertifikasi halal,” ucapnya.

Ia pun berharap, dengan kegiatan yang sudah terselenggara tersebut bisa mendorong dan berkontribusi nyata terhadap kemajuan ekonomi baik regional maupun secara nasional. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

BSI Cetak Laba Bersih Rp 1,48 Triliun di Semester I 2021

JAKARTA – PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) berhasil menorehkan kinerja impresif sepanjang semester I 2021 dengan membukukan laba...

PLN Cetak Laba Bersih Rp6,6 Triliun di Semester I 2021

JAKARTA- Di tengah tekanan pandemi Covid-19, PLN berhasil mencetak laba bersih sebesar Rp6,6 triliun hingga semester I 2021. Berdasarkan...

Setahun Hadir di Bandung, Pengguna Internet Rumah “XL Home” Naik 200%

BANDUNG- Layanan internet fiber XL Home dari PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) kini telah hadir di sebagian daerah...

Nikmati Promo Khusus dari Hotel Santika Pekalongan untuk Penerima Vaksin Covid-19

PEKALONGAN - Dalam rangka mendukung program pemerintah terkait vaksinasi masyarakat Indonesia Hotel Santika Pekalongan memberikan promo khusus kepada para...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Tim Siaga Bencana di Semarang Dilatih Membuat Eco Enzyme

SEMARANG - Meningkatnya kasus konfirmasi positif Covid 19 di awal tahun 2021 ini, menjadi perhatian khusus Palang Merah Indonesia...

Sinergi Telkomsel dan Gojek, Perkuat Produktivitas Mitra UMKM Hadapi Pandemi

JAKARTA– Melanjutkan sinergi yang telah dibangun, Telkomsel dan Gojek kembali menghadirkan kolaborasi pada layanan unggulan keduanya untuk meningkatkan produktivitas...

Must read

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...

PGSI Jateng Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Sosial Hadapi Corona

  SEMARANG - Ketua Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI)...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda