Kota Lama Potensial Pengembangan Bisnis

SEMARANG – Para investor luar negeri hingga pebisnis lokal Semarang berlomba negosiasi untuk mendapat lahan di kawasan Kota Lama Semarang. Restoran hingga tempat nongkrong anak muda mulai memadati.

Revitalisai yang dilakukan pemerintah kota berdampak positif untuk mengundang investor dan pebisnis. Sejak tiga tahun belakangan ini investor mulai naik.

Awal tahun 2015 yang hanya ada tiga cafe kini sekitar 20 resto dan cafe sudah penuhi Kota Lama. Kenaikan sekitar 30 persen selalu terjadi tiap tahunnya.

Tata Kelola Pariwisata Yuliansyah Ariawan mengatakan kenaikan investor berada ditahun 2017 ketika Kota Lama mulai direvitalisasi. Kenaikan investor dan pebisnis masih akan berdatangan seiring perkembangan Kota Lama.

“Mulai tahun 2017 pada berdatangan untuk investor dan orang yang membuka bisnis. Kenaikan peminat untuk berinvestor naik pesat. Kesan Kota Lama yang penuh begal sekarang memang sudah ditinggalkan,” jelasnya, Senin (17/6/19).

Saat ini sedang ramai bernegosiasi untuk mendapatkan harga dan tempat yang cocok. Kebetulan ada Marketing Cafe Sepure Eka Hari Susilo yang akan membuka sembilan dimensi di Kota Lama. Ia mengatakan pemilihan Kota Lama dirasa sangat pas. Melihat akses jalan yang lebih baik dan wisatawan yang tidak pernah sepi.

“Kami memang memilih Kota Lama karena ini iconya Semarang. Semua sudah kenal Kota Lama jadi lebih menjanjikan jika berada ditempat ini. Apalagi para pemuda lebih suka nongkrong disini,” ungkapnya.

Tidak hanya Eka, Ahmad pemilik Herocoffe juga sependapat dengannya. Sudah dua tahun dirinya mendirikan tempat ngopi untuk anak muda Semarang. Ahmad yang sebelumnya membuka Herocoffe tiga tahun di Jogja terpaksa harus tutup. Pemilihan Kota Lama dirasa sangat tepat, namun konsep yang dirinya pakai harus mengikuti yang ada di Kota Lama.

“Untuk konsep kami mengikuti suasana di Kota Lama sendiri. Dari pemerintah memang kami mendapat himbauan untuk tidak merubah bangunan yang ada dan kebetulan memang konsep cafe kami tempo dulu,” jelasnya. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here