Ekonomi BisnisKSP Inti Dana Fokus Pengembalian Aset

KSP Inti Dana Fokus Pengembalian Aset

-

- Advertisment -spot_img

Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Inti Dana, Sabtu (18/1/2020), menggelar Rapat Anggota Luar Biasa (RALB) di Hotel Quest Semarang.

SEMARANG – Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Inti Dana pada tahun ini akan fokus pada upaya pengembalian aset yang dikuasai oleh sejumlah oknum anggota atau mantan pengurus. Hal tersebut menjadi salah satu langkah untuk memulihkan kinerja usaha koperasi dan tanggung jawabnya terhadap para anggota.

Hal tersebut dikatakan Budiman Gandi Suparman, Ketua Umum KSP Inti Dana, dalam Rapat Anggota Luar Biasa (RALB) yang digelar di Hotel Quest Semarang, Sabtu (18/1/2020).

Menurut Budiman, kepengurusan koperasi saat ini juga berkomitmen untuk mewujudkan manajemen yang transparan bagi lebih dari 46.000 anggotanya. Langkah tersebut sekaligus untuk memulihkan kepercayaan anggota yang tersebar di lima provinsi di Pulau Jawa.

“Sebagai koperasi primer di Indonesia, perbaikan manajeman sangat perlu dilakukan untuk menjalankan kembali KSP Inti Dana, termasuk pengembalian aset yang dimiliki oleh sejumlah oknum anggota atau mantan pengurus,” ungkapnya.

Dijelaskan, saat ini total aset yang dikuasai oleh oknum anggota serta mantan pengurus KSP Inti Dana mencapai 34 aset dengan nominal sekitar Rp141 miliar. Adapun total aset milik KSP Inti Dana ada 78 aset.

“Jadi, ada sekitar 43 persen aset dikuasai oknum anggota serta mantan pengurus. Padahal dalam aturan sangat jelas bahwa kepemilikan aset lebih dari 25 persen harus minta izin ke seluruh anggota namun kali ini tidak,” jelasnya.

Dijelaskan, kepemilikan aset tersebut menghambat laju KSP Inti Dana yang berdampak pada kepercayaan anggota. Maka dari itu, RALB sengaja digelar untuk menindaklanjuti sejumlah permasalahan yang terjadi sejak RALB pertama 2015 silam, dimana tidak terjadi transparansi keuangan serta cenderung one men show dari manajemen, sehingga tidak mampu membawa KSP Inti Dana bangkit.

“Permasalahan tersebut harus segera diselesaikan, dan aset harus dimiliki kembali supaya geliat perekonomian bisa berlanjut dalam usaha koperasi. Kami tidak mau ada gugat menggugat antar anggota. Karena ke depan KSP Inti Dana harus melangkah lebih maju untuk mensejahterakan anggota,” jelas Budiman.

KSP Inti Dana, lanjutnya, sudah menjalankan sejumlah skema dengan total yang telah dibayarkan dari 19 Desember 2016 hingga 31 Desember 2019, sebesar Rp 129 miliar lebih.Dengan demikian, tersisa kewajiban mencapai Rp800 miliar dari total kewajiban simpanan per tanggal 3 September 2015 yang mencapai Rp 930 miliar. (ZP/07)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

LG Borong 31 Red Dot Award

JAKARTA- Tak hanya dari inovasi, kepiawaian LG dalam meramu produk elektroniknya juga menyentuh hingga penciptaan desain yang mengesankan. Sebagai...

CIMB Niaga Perkuat Kapabilitas OCTO Mobile Jadi Super App

JAKARTA- Seiring meningkatnya aspirasi nasabah terhadap layanan finansial berbasis digital, perbankan terus berinovasi meningkatkan kapabilitas platform digitalnya, sehingga dapat...

PGN Siapkan Pasokan dan Infrastruktur Gas Bumi di Jawa Tengah

JAKARTA - PT Perusahaan Gas Negara Tbk dan PT Jateng Petro Energi (Perseroda) (JPEN) telah melakukan penandatanganan Memorandum of...

XL Axiata Luncurkan Paket Keluarga ‘AKRAB’

*Berbagi Kuota, Berbagi Kebersamaan JAKARTA- Menyambut bulan Ramadan, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) meluncurkan produk inovatif yang bisa mempererat...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Realme 8 dan 8 Pro Kini Hadir di Semarang dan Yogyakarta, Dijual Mulai Rp 3,5 Jutaan

SEMARANG – Realme, merek smartphone Favoritnya Anak Muda mulai meluncurkan realme 8 dan 8 Pro, realme Buds Air 2...

Sido Muncul Sumbang Rp500 Juta Korban Banjir NTT Lewat Kemensos

JAKARTA- Banjir bandang yang melanda Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada Minggu (4/4/2021), telah menelan ratusan korban...

Must read

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...

PGSI Jateng Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Sosial Hadapi Corona

  SEMARANG - Ketua Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI)...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda