LG Siap Boyong TV 8K Dengan Prosesor AI Terbaru

SEOUL – LG Electronics (LG) telah menjadwalkan debut perdana lini produk TV 8K miliknya pada Consumer Electronic Show (CES) 2020 yang akan berlangsung pekan depan di Las Vegas, Amerika Serikat.

Hadir dalam dua kategori premium LG, OLED dan NanoCell, LG sebanyak delapan TV 8K diboyong LG dalam pameran global bagi industri elektronik konsumer ini. Termasuk didalamnya, berbentang layar 77 inci dan 65 inci yang baru bakal dibawa serta bergabung dengan TV 88 inci dan 75 inci.

Tak hanya menawarkan pengalaman sesungguhnya dari resolusi 8K, dikatakan jajaran TV terbaru LG inin juga menawarkan peningkatan performa melalui keberadaan prosesor dengan kecerdasan buatan bernama α (Alpha) 9 Gen 3. Dengan memanfaatkan teknologi pembelajaran mendalam (deep learning), jajaran TV 8K memberikan pengoptimalan kualitas gambar dan suara bagi berbagai tipe konten melalui AI-based 8K upscaling.

“Dengan LG 8K OLED dan NanoCell TV, pengguna akan mendapatkan produk yang memberi pengalaman sesungguhnya melalui kualitas gambar memukau,” ujar Park Hyoung-sei, Presiden LG Home Entertainment Company.

Pernyataan memberikan pengalaman sesungguhnya ini terkait dengan hasil uji TV 8K LG yang melebihi batas yang ditetapkan Consumer Technology Association (CTA) untuk mendefinisikan resolusi 8K Ultra HD. Pengujian ini sendiri dilakukan pada laboratorium uji independen kelas global yaitu TUV Rheinl.

Tak hanya mengandalkan kemampuan menghasilkan gambar dalam resolusi 8K, jajaran LG 8K TV ini juga disiapkan benar bagi penggunanya untuk dapat menikmatinya melalui berbagai cara. Untuk konten 8K native, selain melalui HDMI dan USB, LG juga menyiapkan codec HEVC, VP9 dan AV1.

Sementara untuk opsi streaming, TV ini akan didukung berbagai penyedia layanan streaming termasuk YouTube. Pada saat streaming, TV 8K LG ini akan menggunakan 60FPS yang pula tersertifikasi untuk mengalirkan 8K 60Pover HDMI.

Teknologi upscaling berbasis AI miliknya pun dikatakan akan memberikan tayangan 8K yang tampak hidup dan akurat . Hal ini berkat proses analisis konten yang mengikutkan pengaplikasian QuadStep Noise Reduction untuk mengurangi distorsi gambar dan Sharpness Enhancer sebagai peningkat ketajaman yang berkolaborasi untuk meningkatkan konten dengan resolusi di bawah menjadi mendekati 8K.

Sementara bicara mengenai kehandalan prosesor α (Alpha) 9 Gen 3, prosesor pintar ini dilengkapi fitur AI Picture Pro yang mampu mengenali wajah dan teks pada layar. Proses pengenalan ini kemudian akan dilanjutkan penajaman visual dengan tetap memperhatikan tampilan warna kulit natural dan teks yang lebih mudah dibaca.

Sementara fitur Auto Genre Selection mengenali tipe dari masing-masing konten yang dinikmati untuk kemudian secara otomatis mengatur tampilan gambar paling ideal dari berbagai genre tayangan berbeda. Terdapat empat genre yang dikenali yaitu film, olahraga, standar dan animasi.

Tak hanya performa visual, keberadaan prosesor ini pun memberi dukungan pada peningkatan keluaran suara. Melalui fitur AI Sound Pro, TV 8K LG akan menganalisis dan mengklasifikasikan audio dari tiap konten untuk memberikan suara lebih bersih dan kaya dengan memperhatikan tekstur bunyi latar belakangnya.

Terdapat lima kategori yaitu musik, film, olahraga, drama dan berita. Setiap ucapan pada tayangan akan diisolasi untuk kemudian mengalami penguatan bunyi. Hal ini untuk memudahkan pengguna mendengarkan diantara bunyi latar belakang dalam tayangan yang kadang mengganggu.

Pengembangan berbasis kecerdasan buatan pun memberikan tingkat kenyamanan baru dalam penggunaan TV 8K LG ini. Melalui layar TV, pengguna bakal dapat memonitor dan mengendalikan perangkat berbasis Internet of Things (IoT) yang terhubung dengannya melalui Home Dashboard.

Semakin nyaman karena kendali berbagai perangkat menggunakan perintah suara sehingga membuat pengguna dapat mengontrol berbagai perangkat terhubung ini bahkan dari ruang yang berbeda. Bakal tersedia di 144 negara, fitur perintah suara bertajuk ThinQ voice recognition ini akan tersedia pada tiap TV 8K LG.

Dukungan dari platform smart TV milik LG, webOS, jajaran TV terbaru LG ini akan memiliki kompatibilitas luas dengan berbagai platform pintar lain. Termasuk didalamnya yaitu Apple AirPlay 2 berikut HomeKit, Google Assistant dan Amazon Alexa. Bahkan dikatakan, TV 8K LG ini akan pula kompatibel dengan Amazon Alexa Premium Far-Field Voice di masa mendatang.

“Berbagai pengembangan ini merupakan cerminan komitmen mendalam LG untuk menyediakan pengalaman terbaik dalam menyaksikan berbagai hiburan dari TV sekaligus dengan peningkatan kenyamanannya,” ujar Park Hyoung-sei lagi.

Lebih lanjut ia menyatakan, seluruh jajaran TV 8K LG ini akan dapat disaksikan sepanjang penyelenggaraan CES 2020 dari 7 Januari nanti dengan mengunjungi booth LG yang bertempat di Central Hall, Las Vegas Convention Centre. (ZP/07)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here