Ekonomi BisnisNatal dan Tahun Baru, BI Jateng Sediakan Uang Tunai...

Natal dan Tahun Baru, BI Jateng Sediakan Uang Tunai Rp 4,69 Triliun

-

- Advertisment -spot_img

SEMARANG- Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Jawa Tengah memastikan kecukupan uang tunai untuk kebutuhan Natal dan Tahun Baru 2019. Sebanyak Rp 4,69 triliun uang kartal disediakan BI Jateng untuk kebutuhan akhir tahun ini.

Kepala Grup Sistem Pembayaran PUR Layanan dan Administrasi Bank Indonesia Perwakilan Jawa Tengah Noor Yudanto mengatakan, untuk memenuhi kebutuhan uang tunai masyarakat pada hari besar seperti Natal dan akhir tahun kali ini, BI Jateng telah menyediakan uang kartal lebih besar dibandingkan hari-hari biasa.

“Perayaan Natal dan akhir tahun ini, kita menyediakan uang kartal Rp 4,69 triliun khusus wilayah BI Jateng,” kata Noor Yudanto, Jumat (21/12).

Dikatakan, penyediaan uang tersebut lebih besar dibandingkan tahun 2017. Di mana pada tahun lalu BI Jateng menyediakan uang sebesar Rp 3,35 triliun dan mampu terealisasi sebesar Rp 2,75 triliun.

Ditambahkan, uang yang disediakan BI Jateng pun masih sama seperti tahun sebelumnya yakni mayoritas merupakan uang pecahan besar.

“Uang yang disediakan BI Jateng tersebut 90% dalam bentuk uang pecahan besar yakni mulai Rp 20.000 hingga Rp 100.000,” paparnya.

Sementara itu, lanjutnya kebutuhan uang saat Natal dan Tahun Baru 2019 se Jateng dan DIY sebesar Rp 13,2 Triliun mencakup uang pecahan besar (UPB) sebesar Rp 13 Triliun (98,4%) dan uang pecahan kecil (UPK) sebesar Rp 208 Milyar (1,6%).

Disebutnya, adanya tiga ruas tol Trans Jawa yang baru saja diresmikan Presiden Joko Widodo pada Kamis lalu turut mendorong permintaan uang yang dibutuhkan masyarakat. Untuk itu BI Jateng juga telah menyiapkan uang di mesin-mesin ATM lebih banyak dibandingkan hari biasa.

“Prinsipnya BI di mana saja siap melayani kebutuhan masyarakat saat merayakan Natal dan Tahun Baru,” tutupnya. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

XL Axiata dan Vision+ Luncurkan Paket Bundling

JAKARTA- PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus memperkuat bisnis layanan Over The Top (OTT) dan layanan hiburan, seiring...

PLN Gelar PLN Mobile Virtual Charity Run and Ride

JAKARTA– PLN kembali menggelar kegiatan virtual charity run and ride pada 16 Oktober s.d. 7 November 2021. Virtual Charity...

Ajak Masyarakat Bijak Gunakan BBM, Pertamina Dorong Solar Subsidi Tepat Sasaran

SEMARANG – Sebagai badan usaha yang menerima penugasan dari pemerintah dalam menyalurkan bahan bakar minyak (BBM) subsidi, dalam hal...

Hotel Santika Pekalongan Gratiskan Ambil Kopi dan Teh Setiap Hari

PEKALONGAN - Hotel Santika Pekalongan merupakan salah satu hotel bintang 3 yang terletak di Kota Pekalongan. Memiliki letak yang...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Menjadi Programmer Sukses Masa Kini

JEPARA - Market Corner Goes To School yang merupakan kegiatan kolaborasi antara Up Radio dan Gmedia yang  pada bulan...

Ini Daftar Kompor Tanam Artugo Spesifikasi Lengkap dengan Harga Ekonomis

SEMARANG - PT Kreasi Arduo Indonesia (Artugo) meluncurkan berbagai jenis kompor tanam dengan spesifikasi lengkap, namun dengan harga yang...

Must read

Akhir 2021, Dafam Buka 2 Hotel Baru SEMARANG- Pandemi tidak...

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda