Pemkot Siap Beri Subsidi Tiket Trem di Kota Semarang

Ilustrasi/ist.

SEMARANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang siap memberikan subsidi tiket trem untuk membuat moda transportasi massal tersebut bisa dijangkau oleh seluruh masyarakat.

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi mengatakan, anggaran pembangunan trem direncanakan dibiayai sepenuhnya oleh PT KAI, namun Pemkot tidak menutup kemungkinan jika diminta untuk membantu menyiapkan anggaran.

“Anggaran murni dari PT KAI, tapi kami membuka diri kalau diharapkan ada subsidi tiket. Kami siap untuk menganggarkan subsidi tiket supaya terjangkau masyarakat,” kata Hendi, Selasa (21/1/20).

Dia mengatakan, berdasarkan pertemuan dengan PT KAI beberapa waktu lalu, pembangunan trem telah disetujui tinggal masuk ke pembahasan teknis desain yang diinginkan.

Dalam waktu dekat, lanjut Hendi, ia juga akan segera bertemu dengan Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro untuk pembahasan lebih detail.

“Di pertemuan berikutnya, saya akan audiensi langsung dengan pak Dirut PT KAI di Jakarta, sudah dijadwalkan untuk bicara masalah teknis, terutama desain yang diinginkan seperti apa,” ucapnya.

Dia menyebutkan, untuk tahap pertama pembangunan jalur trem direncanakan akan dimulai dari Stasiun Tawang, melewati Jl Agus Salim, kemudian tembus Jl Imam Bonjol dan kembali di Stasiun Tawang.

Adapun pembangunan tahap pertama sendiri ditargetkan segera dilakukan pada tahun 2020 ini.

“Itu tahap pertamanya, tahap berikutnya kita melihat sisi kemanfaatan dan operasionalnya, kalau diminati bisa bertambah ke trase – trase lain,” pungkasnya. (ZP/07)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here