Penting, Ini Bedanya Ikan Makarel dan Sarden yang Wajib...

Penting, Ini Bedanya Ikan Makarel dan Sarden yang Wajib Kamu Tahu

-

- Advertisment -spot_img

Ikan Makarel/Istimewa

BADAN Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia (BPOM RI) menarik 27 produk Ikan Makarel kalengan yang terbukti mengandung cacing parasit.

Ditariknya puluhan merek produk ikan kaleng oleh BPOM RI membuat kita resah. Pasalnya ikan kalengan ini menjadi salah satu makanan favorit yang biasa dimasak sehari-hari.

Meski sering kita masak dan tak jarang ditemui, ternyata diantara kita masih kesulitan membedakan antara Ikan Makarel dan Ikan Sarden. Hal itu karena makanan kaleng ini jika dilihat sepintas memang sama, bahkan kebanyakan dari kita sering menyebutnya sebagai Ikan Sarden. Padahal ikan sarden dan ikan makarel adalah dua jenis yang berbeda.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa perbedaan antara Ikan Makarel dan Ikan Sarden:

1. Jenis Ikan Berbeda

Ikan Makarel/Istimewa

Ikan makarel adalah jenis ikan yang banyak terdapat di laut Atlantik. Ikan ini masuk dalam keluarga Ikan Kembung dan Tenggiri. Jenis ikan ini masuk dalam klan Scombridae.

Sementara Ikan Sarden termasuk jenis ikan kecil yang banyak hidup di laut mediterania. Ikan Sarden masuk dalam keluarga Clupeidae. Jenis ikan ini termasuk ikan yang mengandung minyak tinggi, berukuran kecil dan sering disebut Ikan Herring.

2. Bentuk dan Ukurannya Berbeda

Ikan Sarden/Istimewa

Ikan Makarel memiliki ciri bertubuh ramping dan memanjang. Selain itu di seluruh tubuh ikan ini juga terdapat garis hitam memanjang. Ikan Makarel punya ukuran yang cukup besar, salah satu yang terkenal paling besar adalah jenis makarel sirip hiu atau bluefin.

Sedangkan Ikan Sarden punya tubuh yang dilapisi sisik berwarna perak dengan bagian daging berwarna gelap. Ikan Sarden masuk dalam kelompok ikan berukuran kecil.

3. Harga di Pasaran 

Ikan Sarden/Istimewa

Ikan makarel hidup di perairan yang dalam sehingga dibutuhkan teknik khusus dari para nelayan untuk menangkapnya. Tak heran karena sulit ditangkap, harganya juga melambung tinggi.

Sedangkan Ikan Sarden lebih mudah ditangkap oleh nelayan dan populasinya di laut juga sangat banyak sehingga lebih mudah ditemui di pasaran. Ikan sarden juga hidup berkelompok jadi mudah dijaring. Inilah alasan mengapa harganya terbilang lebih terjangkau.

4. Ikan Sarden Kalengan Aman Dikonsumsi

Ikan Sarden kalengan/Istimewa

Merujuk daftar yang dikeluarkan oleh BPOM RI ikan kalengan yang diketahui mengandung cacing parasit adalah Ikan Makarel. Jenis ikan ini dari perairan dalam dan dingin dan bukan dari perairan Indonesia. Karenanya ikan Sarden kalengan masih aman dikonsumsi. Tetapi tetap harus dimasak dengan suhu tinggi sebelum dikonsumsi. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

ARTUGO Luncurkan Peranti Dapur Dengan Spesifikasi Istimewa

*Dukung Wirausaha Pemula TANGERANG- Diujung semester pertama tahun 2021, ARTUGO kembali meluncurkan sederet peranti dapur terbarunya. Tak tanggung – tanggung,...

Pertamina Berbagi Berkah Bulan Ramadhan

*Bantu Sarana Prasarana Panti Asuhan di Jateng-DIY SEMARANG– Sebagai bentuk tanggung jawab sosial, Pertamina Regional Jawa Bagian Tengah menjalankan program...

Lebaran di Pekalongan Aja Menginap di Hotel Santika Pekalongan

PEKALONGAN - Lebaran Sebentar lagi. Hari yang di identikan dengan kemenangan umat muslim di seluruh dunia yang selalu di...

Pertamina Siagakan Agen dan Pangkalan LPG

*Jelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H SEMARANG– Menyambut Idul Fitri 1442 H, Pertamina Pemasaran Regional Jawa Bagian Tengah menetapkan...
- Advertisement -spot_imgspot_img

PLN Berikan Bantuan Listrik Gratis di Jawa Tengah

SEMARANG - PLN memberikan bantuan penyambungan listrik gratis kepada masyarakat kurang mampu yang berada di wilayah Jawa Tengah. Bantuan...

Pakai Smartfren di Realme C21 Ada Bonus Kuota 384 GB Hingga Hadiah Smart TV

JAKARTA - Smartfren kembali menghadirkan paket bundling terbaik untuk seluruh masyarakat Indonesia. Kali ini pelanggan yang membeli smartphone Realme...

Must read

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...

PGSI Jateng Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Sosial Hadapi Corona

  SEMARANG - Ketua Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI)...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda