Penting, Ini Bedanya Ikan Makarel dan Sarden yang Wajib...

Penting, Ini Bedanya Ikan Makarel dan Sarden yang Wajib Kamu Tahu

-

- Advertisment -spot_img

Ikan Makarel/Istimewa

BADAN Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia (BPOM RI) menarik 27 produk Ikan Makarel kalengan yang terbukti mengandung cacing parasit.

Ditariknya puluhan merek produk ikan kaleng oleh BPOM RI membuat kita resah. Pasalnya ikan kalengan ini menjadi salah satu makanan favorit yang biasa dimasak sehari-hari.

Meski sering kita masak dan tak jarang ditemui, ternyata diantara kita masih kesulitan membedakan antara Ikan Makarel dan Ikan Sarden. Hal itu karena makanan kaleng ini jika dilihat sepintas memang sama, bahkan kebanyakan dari kita sering menyebutnya sebagai Ikan Sarden. Padahal ikan sarden dan ikan makarel adalah dua jenis yang berbeda.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa perbedaan antara Ikan Makarel dan Ikan Sarden:

1. Jenis Ikan Berbeda

Ikan Makarel/Istimewa

Ikan makarel adalah jenis ikan yang banyak terdapat di laut Atlantik. Ikan ini masuk dalam keluarga Ikan Kembung dan Tenggiri. Jenis ikan ini masuk dalam klan Scombridae.

Sementara Ikan Sarden termasuk jenis ikan kecil yang banyak hidup di laut mediterania. Ikan Sarden masuk dalam keluarga Clupeidae. Jenis ikan ini termasuk ikan yang mengandung minyak tinggi, berukuran kecil dan sering disebut Ikan Herring.

2. Bentuk dan Ukurannya Berbeda

Ikan Sarden/Istimewa

Ikan Makarel memiliki ciri bertubuh ramping dan memanjang. Selain itu di seluruh tubuh ikan ini juga terdapat garis hitam memanjang. Ikan Makarel punya ukuran yang cukup besar, salah satu yang terkenal paling besar adalah jenis makarel sirip hiu atau bluefin.

Sedangkan Ikan Sarden punya tubuh yang dilapisi sisik berwarna perak dengan bagian daging berwarna gelap. Ikan Sarden masuk dalam kelompok ikan berukuran kecil.

3. Harga di Pasaran 

Ikan Sarden/Istimewa

Ikan makarel hidup di perairan yang dalam sehingga dibutuhkan teknik khusus dari para nelayan untuk menangkapnya. Tak heran karena sulit ditangkap, harganya juga melambung tinggi.

Sedangkan Ikan Sarden lebih mudah ditangkap oleh nelayan dan populasinya di laut juga sangat banyak sehingga lebih mudah ditemui di pasaran. Ikan sarden juga hidup berkelompok jadi mudah dijaring. Inilah alasan mengapa harganya terbilang lebih terjangkau.

4. Ikan Sarden Kalengan Aman Dikonsumsi

Ikan Sarden kalengan/Istimewa

Merujuk daftar yang dikeluarkan oleh BPOM RI ikan kalengan yang diketahui mengandung cacing parasit adalah Ikan Makarel. Jenis ikan ini dari perairan dalam dan dingin dan bukan dari perairan Indonesia. Karenanya ikan Sarden kalengan masih aman dikonsumsi. Tetapi tetap harus dimasak dengan suhu tinggi sebelum dikonsumsi. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

SIG Bukukan Kenaikan Laba 29,7%

JAKARTA- PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) pada semester 1 tahun 2021 berhasil membukukan laba yang dapat diatribusikan kepada...

Sambut HUT RI, KAI Hadirkan Livery Khusus

SEMARANG- PT Kereta Api Indonesia (Persero) memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2021 dengan memasang...

BULOG Jateng Pastikan Beras PPKM Tepat Kualitas

SEMARANG- Perum BULOG Kanwil Jawa Tengah memastikan, beras yang digunakan untuk 'Program Bantuan Beras PPKM' memiliki kualitas dan kuantitas...

Bayar Listrik di Awal Bulan Lebih Nyaman dengan Aplikasi PLN Mobile

JAKARTA – Listrik memudahkan hidup orang di kehidupan modern ini. Namun jangan lupa membayar biaya listrik sesuai penggunaan agar...
- Advertisement -spot_imgspot_img

FASTLab Semarang Buka di UTC Convention Hotel

SEMARANG - Menjaga daya tahan tubuh dengan mengatur pola makan, istirahat yang cukup serta olahraga teratur menjadi hal yang...

SNI untuk Jamin Kualitas Mutu Madu

JAKARTA - Pandemi Covid-19 masih terus melanda dunia termasuk Indonesia. Memperkuat dan meningkatkan imunitas tubuh merupakan salah satu cara...

Must read

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...

PGSI Jateng Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Sosial Hadapi Corona

  SEMARANG - Ketua Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI)...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda