Pertamina Kembali Salurkan Bantuan 200 Paket APD ke Puskesmas dan RS Rujukan Covid-19

 

YOGYAKARTA– Dalam rangka membantu para tenaga medis yang tengah berjuang menangani para pasien positif Covid-19, PT Pertamina (Persero) melalui Marketing Operation Region IV menyerahkan bantuan 200 paket Alat Pelindung Diri (APD). Dari jumlah tersebut, 100 APD diantaranya disalurkan ke Rumah Sakit yang berada di Kab. Gunung Kidul dan Kab. Bantul, DIY pada Senin (30/4/2020), dan 100 sisanya diserahkan kepada puskesmas yang berada di wilayah operasional Pertamina yang tersebar di kota Semarang, Bantul, Sleman, Boyolali, Cilacap dan Tegal.

Total bantuan APD yang sudah tersalurkan dalam pekan ini berjumlah 400 paket APD. Bantuan tersebut tersebar di wilayah operasional Pertamina MOR IV (Jateng & DIY).

Khusus bantuan untuk RS di Gunung Kidul diserahkan oleh Sales Area Manager Yogyakarta, Pande Made Andi Suryawan, dan diterima langsung oleh Bupati Gunung Kidul, Bandingah. Sedangkan pada hari sebelumnya, bantuan untuk RS di Kab. Bantul juga diterima langsung oleh Bupati Bantul, Suharsono, Rabu (29/4/2020).

Menurut Pande, penyerahan bantuan ini merupakan implementasi dari arahan Kementerian BUMN yang membentuk Gugus Tugas dari seluruh BUMN untuk mencegah penyebaran Covid-19 di Indonesia.

“Sebagai salah satu BUMN, Pertamina di wilayah MOR IV ini turut membantu upaya pemerintah untuk mencegah penyebaran virus corona. Nantinya seluruh APD yang diterima oleh para bupati tersebut akan digunakan di RS Rujukan Covid di masing-masing kota yaitu RSUD Panembahan Senopati, RSUD Wonosari dan RS Panti Rahayu,” ujar Pande.

Bandingah, selaku Bupati Gunung Kidul mewakili tim gugus tugas penanganan covid-19 di Kab. Gunungkidul mengungkapkan, bantuan APD saat ini memang sangat diperlukan oleh para tenaga medis yang menangani pasien covid-19.

“Terus meningkatnya jumlah pasien covid-19 membuat stok APD di Rumah Sakit berkurang. Tentunya bantuan dari BUMN dalam hal ini Pertamina sangat kami apresiasi sebagai upaya kita bersama menanggulangi covid-19 di Indonesia terutama di Kab. Gunung Kidul,” ungkap Bandingah.

Selain bantuan kepada RS Rujukan Covid tersebut, seperti yang disampaikan sebelumnya, Pertamina di wilayah MOR IV juga memberikan bantuan 100 APD Medis kepada puskesmas yang berada di sekitar wilayah operasionalnya yang tersebar di kota Semarang, Bantul, Sleman, Boyolali, Cilacap dan Tegal.

“Puskesmas sebagai fasilitas kesehatan rujukan pertama juga membutuhkan APD sama seperti di RS Rujukan, sehingga kami berinisiatif untuk membantu menyediakan kebutuhan tersebut,” ungkap Anna Yudhiastuti, selaku Unit Manager Comm, Rell & CSR MOR IV.

Ia menambahkan, Pertamina sebelumnya juga telah melakukan upaya pencegahan penyebaran covid-19 di seluruh fasilitas seperti SPBU dan Terminal BBM dengan menyemprotkan disinfektan, serta melengkapi operator dan seluruh petugas dengan alat pelindung diri berupa masker dan sarung tangan.

Pertamina melalui Marketing Operation Region IV akan terus berkoordinasi dan bekerjasama dengan seluruh pihak dalam upaya mengurangi penyebaran virus covid-19 di Jawa Tengah dan Yogyakarta. (ZP/07)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here