Ekonomi BisnisPertumbuhan Ekonomi Jateng Triwulan I 2019 Capai 5,14%

Pertumbuhan Ekonomi Jateng Triwulan I 2019 Capai 5,14%

-

- Advertisment -spot_img
Kepala BPS Provinsi Jawa Tengah, Sentot Bangun Widoyono.

SEMARANG – Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jawa Tengah mencatat perekonomian di Jawa Tengah triwulan I 2019 tumbuh 5,14% secara year on year (yoy).

Adapun, dari sisi produksi, pertumbuhan didorong oleh semua lapangan usaha dengan pertumbuhan tertinggi dicapai lapangan Penyediaan Akomodasi dan Makan Minum yang tumbuh 12,55%.

Sementara, dari sisi pengeluaran, pertumbuhan tertinggi dicapai oleh Komponen Pengeluaran Konsumsi LNPRT yang tumbuh sebesar 12,41%.

Kepala BPS Provinsi Jawa Tengah, Sentot Bangun Widoyono mengatakan, ekonomi Jawa Tengah triwulan l-2019 meningkat sebesar 1,83% (q-to-q).

Dari sisi produksi, pertumbuhan tertinggi terjadi pada lapangan usaha pertanian, kehutanan dan perikanan sebesar 20,80%. Sementara dari sisi pengeluaran dicapai oleh komponen pengeluaran konsumsi rumah tangga.

“Perekonomian di Jateng tumbuh 5,4% jika dibandingkan tahun lalu. pertumbuhan tertinggi dicapai oleh kategori akomodasi makan dan minum 12,5%, informasi dan komunikasi 12,2% serta transportasi dan pergudangan 9,22%,” kata Sentot, Senin (6/5/19).

Dijelaskan perekonomian Jawa Tengah berdasarkan besaran Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) atas dasar harga berlaku triwulan I-2019 mencapai Rp328.002,76 miliar dan atas dasar harga konstan 2010 mencapai Rp240.347,87 miliar.

Sementara itu, untuk sruktur ekonomi Jawa Tengah pada triwulan l-2019 dari sisi produksi masih tetap didominasi oleh lapangan usaha Industri Pengolahan yaitu sebesar 34,20%.

Sedangkan, dari sisi pengeluaran didominasi oleh komponen pengeluaran Konsumsi Rumah Tangga (PKRT) yang mencapai sebesar 60,86%. (ZP/06)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

PLN Siap Serap Listrik 5 MW dari PLTSa Terbesar di Jawa Tengah

SURAKARTA - PT PLN (Persero) siap menyerap listrik sebesar 5 megawatt (MW) yang dihasilkan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa)...

‘CB150R Charity’ Kumpulkan Rp8 Juta Untuk Anak Disabilitas

SOLO – Astra Motor Jateng bersama dengan Trooper Custom resmi mengakhiri program “CB150R Charity Ride” dengan melakukan live Instagram...

Dukung Energi Hijau, PLN Siap Serap Listrik dari PLTSa Terbesar di Jateng

SURAKARTA- PT PLN (Persero) siap menyerap listrik sebesar 5 megawatt (MW) yang dihasilkan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) Surakarta...

Hotel Santika Pekalongan Rutin Gelar Simulasi Pemadam Kebakaran

PEKALONGAN - Hotel Santika Pekalongan Sebagai salah satu hotel berbintang yang ada di Kota Pekalongan menggelar Simulasi Fire Drill...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Indosat Ooredoo Hutchison Siap Jadi Perusahaan Telekomunikasi Paling Dipilih di Indonesia

SEMARANG – Indosat Ooredoo Hutchison telah mengumumkan penyelesaian penggabungan usaha pada 4 Januari 2022 lalu, setelah menerima semua persetujuan...

Membanggakan, Desa Wisata Bakti BCA Torehkan Prestasi Gemilang

JAKARTA– PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) melalui program Corporate Social Responsibility senantiasa berkomitmen memberikan kontribusi bagi negeri ini....

Must read

Akhir 2021, Dafam Buka 2 Hotel Baru SEMARANG- Pandemi tidak...

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda