Pilkada 2020: Golkar Bidik Kemenangan 60 Persen di Jateng

SEMARANG – Partai Golongan Karya membidik kemenangan besar dalam Pemilihan Kepala Daerah 2020 serentak di Provinsi Jawa Tengah.

Ketua Harian Partai Golkar Jawa Tengah, Iqbal Wibisono, menyatakan penjajakan dengan partai-partai lain sedang dilakukan untuk bersedia mengusung jagoan dari partai beringin tersebut.

“Kalau dicalonkan dengan partai-partai lain ya minimal menang 60 persen di 21 Kabupaten atau Kota di Jateng,” kata Iqbal di Semarang, Senin (11/11/19).

Pada Pilkada 2020, kata Iqbal, Golkar dipastikan bisa mengusung jagoannya sendiri hanya di Kota Pekalongan. Daerah-daerah sisanya, ujar Iqbal, Golkar harus membangun koalisi dengan partai-partai lain.

“Yang bisa calonkan sendiri itu di Kota Pekalongan. Kota Pekalongan kita selalu menang,” ujarnya.

Namun, ia menyatakan hingga kini Golkar belum melakukan penjaringan bakal calon kepala daerah. Malahan, Golkar Jateng justru sedang berfokus menyiapkan diri untuk Rapat Pimpinan Nasional Partai Golkar pada 15 November 2019.

Menurutnya, pada Rapimnas Golkar nanti, Jawa Tengah akan mengusulkan pemilihan legislatif dan eksekutif dipisah pada 2024.
“Waktunya legislatif dulu baru eksekutif,” terang Iqbal.

Dia berujar pemisahan pemilihan eksekutif dan legislatif harus dipisah karena alasan efektivitas. Pemilu 2019 dinilai Golkar Jateng tidak efektif karena memakan banyak korban jiwa di kalangan penyelenggara Pemilu dan membuat bingung konstituen.

“Ke depan agar hasil maksimal, partispasi masyarakat meningkat, maka harus dipisah. Sehingga partai lebih fokus, kampanye eskekutif sendiri, legislatif sendiri. Mana terbaik saya kira harus dikaji DPR bersama Pemerintah,” pungkasnya. (ZP/06)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here