Gibran Resmi Daftar Balon Wali Kota Solo Lewat PDIP Jateng

Gibran Rakabuming Raka resmi mendaftar sebagai Bakal Calon Wali Kota Solo melalui DPD PDIP Jateng, Kamis (12/12/19). ANTARA/Mohammad Ayudha.

SEMARANG – Putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka resmi mendaftar sebagai Bakal Calon Wali Kota Solo. Gibran telah mengambil dan mengembalikan formulir pendaftaran di Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Jawa Tengah, Kamis (12/12) siang.

Formulir tersebut diterima langsung oleh Ketua Panitia Pendaftaran Bakal Calon Kepala Daerah Pilkada Jateng 2020 DPD PDIP Jawa Tengah, Abang Baginda Muhammad Mahfuz Hasibuan. Baginda mengatakan, tidak ada yang istimewa dari pendaftaran yang dilakukan oleh Gibran.

“Semua yang mendaftar kami perlakukan sama. Tidak ada perlakuan khusus, termasuk pada Gibran,” kata dia.

Baginda mengatakan, Gibran sudah melewati mekanisme yang ditetapkan partai. Dalam mekanisme tersebut, kandidat diperbolehkan untuk mendaftar melalui tim penjaringan yang ada di level Dewan Pimpinan Cabang (DPC) maupun DPD.

Dia menilai, penjaringan bakal calon kepala daerah Pilkada 2020 oleh DPC PDIP Surakarta sudah benar. Namun penjaringan bakal calon kepala daerah melalui DPD PDIP Jawa Tengah juga sesuai mekanisme partai.

Tahapan selanjutnya adalah menyerahkan nama-nama yang masuk kepada DPP untuk diterbitkan rekomendasi. Rekomendasi inilah yang menjadi nama yang mendapat restu dari DPP PDIP untuk berkontestasi di Pilkada 2020.

Pantauan di lapangan, ratusan orang mengenakan seragam putih dan bermotif warna cerah yang bergambar presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno. Musik angklung dan gamelan mengiringi pendaftaran Gibran di kantor DPD PDIP.

“Alat musik, makanan, sambutan dan segala sesuatu ini bukan kami dari DPD yang menyiapkan. Kami hanya memfasilitasi tempat pendaftaran saja,” imbuhnya. (ZP/06)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here