UmumTransportasiPT KAI Pantau Kesiapan Angkutan Lebaran Di Lintas Jalur...

PT KAI Pantau Kesiapan Angkutan Lebaran Di Lintas Jalur Rel Cepu – Brumbung

-

- Advertisment -spot_img

EVP (Executive Vice President) PT KAI Daop 4 Semarang, Dwi Erni Ratnawati bersama jajaran melaksanakan inspeksi kondisi lintasan jalur rel Rabu (16/5).

Semarang – Dalam rangka meninjau kesiapan dan kondisi jalur rel di lintas utara, EVP (Executive Vice President) PT KAI Daop 4 Semarang, Dwi Erni Ratnawati bersama jajaran melaksanakan inspeksi kondisi lintasan jalur rel Rabu (16/5).

Inspeksi dengan menggunakan kendaraan dresin (kendaraan khusus inspeksi jalur rel) dilakukan dari  Stasiun Cepu hingga Stasiun Brumbung.

Di lintas jalur rel sepanjang 125,263 km antara Cepu – Brumbung ini, terbentang 16 Stasiun yang masuk dalam wilayah PT KAI Daop 4 Semarang . Dimana, total ada 44 Stasiun yang menjadi wilayah operasional PT KAI Daop 4 Semarang.

Yang menjadi fokus dalam pantauan ini diantaranya kesiapan sistem keamanan di stasiun, fasilitas kenyamanan penumpang, kondisi jalur rel dan kondisi pendukung keamanan perjalanan kereta api lainnya.

Dalam pantauan kondisi jalur rel, rombongan inspeksi juga memantau kondisi jalur rel yang menjadi titik rawan banjir dan longsor, dimana di wilayah PT KAI Daop 4 Semarang ada sekitar 12 titik yang menjadi pantauan potensi banjir dan longsor tersebut.

“Salah satu titik yang menjadi pantauan siaga adalah di wilayah antara Stasiun Karangsono – Gundih di Km 60 +7/8. Guna mengantisipasi hal tersebut, pihak PT KAI Daop 4 Semarang telah melaksanakan perbaikan dan penguatan pendukung pondasi tubuh badan rel, serta akan menambah tenaga pemeriksa jalur rel (PPJ/ Petugas Penilik Jalur Rel ekstra) sebanyak 97 petugas,” kata EVP (Executive Vice President) PT KAI Daop 4 Semarang, Dwi Erni Ratnawati.

Dalam mengantisipasi kejadian alam, pihak PT KAI Daop 4 Semarang telah menyiapkan management resiko AMUS (Alat Material Untuk Siaga) di titik strategis seperti di Stasiun Tegal, Pekalongan, Kalibodri, Semarang Tawang, Alastua, Brumbung, Gundih, Cepu dan Gambringan.

Sedangkan untuk titik perlintasan, pihak PT KAI Daop 4 Semarang akan menambah petugas penjaga Pelintasan (JPL / Juru Penjaga Lintasan) ekstra sebanyak 119 petugas. Saat ini, ada total 512 titik pelintasan di wilayah Daop 4 Semarang, yang terdiri 76titik dijaga petugas KAI, 33 titik dijaga pihak Dishub / swasta, 25 titik Fly over / under pass, dan 378 titik tidak terjaga.

“Kami menghimbau kepada masyarakat yang akan melintas di pelintasan jalur rel dengan jalan raya agar mematuhi rambu lalu lintas yang ada.  Berhenti, tengok kanan – kiri, apabila aman, bisa melanjutkan perjalanan. Kita ingatkan, bahwa palang pintu dan penjaga pelintasan hanyalah alat bantu keamanan semata, ” Tambah Manager Humas PT KAI Daop 4 Semarang, Suprapto. (ZP/01).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Bentomie, Perpaduan Mie dan Bento

SEMARANG- Pengunjung Prima Raja Resto yang berada di kawasan Puri Anjasmoro Semarang kini diberikan ragam pilihan menu. Selain seafood...

Masjid Megah Pendiri JNE, diresmikan Gubernur Bangka Belitung

BANGKA BELITUNG– Masjid Jami’ Soeprapto Soeparno pertama kali dibangun oleh pendiri JNE, Almarhum Bapak H. Soeprapto Soeparno tahun 1979....

XL Axiata Dukung Geliat Wisata Jawa Tengah

*Pastikan Kualitas Jaringan di Magelang, Wonosobo, dan Temanggung MAGELANG- Industri wisata di Jawa Tengah terus menggeliat dan mencoba bangkit, antara...

Dorong Produksi Ekspor, PLN Tambah Daya Produsen Tas

KUDUS– PLN melakukan energize PT Wanxinda Travel Goods. Produsen tas ini menyepakati penambahan daya dari daya I2/197 kilo Volt...
- Advertisement -spot_imgspot_img

PLN Mendukung Pengembangan Ekosistem Electric Vehicle

SEMARANG- PT PLN (Persero) siap mendukung program pemerintah terkait percepatan implementasi Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) atau Electric...

PLN Sambung Listrik Gratis di Kulon Progo

YOGYAKARTA- PLN kembali melakukan penyambungan gratis kepada masyarakat kurang mampu di Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta melalui Program Corporate Social Responsibility...

Must read

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...

PGSI Jateng Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Sosial Hadapi Corona

  SEMARANG - Ketua Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI)...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda