Rumah Zakat Bantu Aksi Peduli Bencana di Lombok

LOMBOK- Rumah Zakat melakukan Aksi Peduli Bencana gempa yang mengguncang wilayah Lombok, Bali, dan Sumbawa pada Minggu (29/7). Bantuan tahap awal, Rumah Zakat menyalurkan bantuan berupa 50 paket sembako, 50 paket kebutuhan balita, 50 dus minuman air mineral, 50 paket makanan tambahan, bantuan logistik, serta Superqurban.

“Selanjutnya kami akan mengirimkan kembali beberapa relawan untuk membantu membersihkan puing-puing reruntuhan. Mereka juga akan membawa selimut untuk disalurkan kepada para korban di pengungsian,” ujar Andri Murdianto, Crisis Centre Rumah Zakat.

Berdasarkan data dari BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Provinsi Nusa Tenggara Barat, dari peristiwa tersebut menyebabkan 14 orang meninggal dunia, 162 luka-luka, dan ribuan unit rumah warga rusak. Dampak terparah dari gempa tersebut berada di Kabupaten Lombok Timur.

Menurut Sutopo Purwo Nugroho selaku Juru Bicara BNPB, hingga Minggu sore waktu setempat, telah terjadi gempa susulan sebanyak 133 kali. Dan 10 warga yang menjadi korban berasal dari Lombok Timur, dan empat korban lainnya berasal dari Lombok Utara.

“Mengingat banyaknya warga yang terdampak, kami menambah tiga relawan untuk membantu proses evakuasi dan mendistribusikan bantuan. Mereka juga membawa logistik untuk perlengkapan membersihkan puing-puing sisa gempa,” tambah Andri. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here