KeuanganSampai April, Pencapaian Pajak Jateng I Tembus Rp 5,3...

Sampai April, Pencapaian Pajak Jateng I Tembus Rp 5,3 Triliun

-

- Advertisment -spot_img

PAJAK- Kepala Kanwil DJP Jateng I, Irawan, memberikan keterangane terkait penerimaan pajak bulan April 2018, di Gedung GKN II Semarang. FOTO: M.Nurrozikan

SEMARANG- Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Tengah I mencatat hingga 2 April 2018, penerimaan pajak, telah berhasil mengumpulkan total penerimaan sebesar Rp 5,33 Triliun atau 16.72 persen dari target penerimaan Kanwil DJP Jawa Tengah l tahun 2018 sebesar Rp 32,33 Triliun.

Penerimaan tersebut terdiri dari, Pajak Penghasilan (PPh) Non Migas sebesar Rp 2,7 triliun, Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM), sebesar Rp 2,66 triliun, Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) sektor Perkebunan, Perhutanan, dan Pertambangan (P3) sebesar Rp 0,08 milyar, dan sisanya sebesar Rp 62,32 milyar disumbang oleh pajak lainnya.

Sedangkan hingga 2 April 2018, baru ada 575.978 atau 65.60 persen Wajib Pajak yang telah melapor Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Pajak Penghasilan (PPh) dari total 877.955 Wajib Pajak yang wajib menyampaikan SPT tahunan.

Jumlah pelapor SPT tersebut terdiri dari 76.092 Wajib Pajak Badan, 141.671 Wajib Pajak Non Karyawan, dan 660.192 Wajib Pajak Karyawan yang wajib menyampaikan SPT Tahunan PPh di Iingkungan Kanwil DJP Jawa Tengah I.

Kepala Kanwil DJP Jateng I, Irawan mengatakan, pihaknya memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada seluruh WP yang telah SPT PPh secara tepat waktu. Ia juga mengimbau masyarakat yang belum menyampaikan SPT Tahunan PPh WP Badan agar jangan menumpuk di sekitar batas waktu 30 April 2018.

“Batas waktu penyampaian SPT Tahunan PPh WP Badan dan pembayaran PPh Kurang Bayar adalah 30 April 2018. Kanwil DJP Jateng l akan memberi sanksi Rp. 1 juta untuk keterlambatan penyerahan SPT Tahunan PPh Badan ditambah 2 persen dari kurang bayar pajak bagi WP badan usaha yang sengaja terlambat menyampaikan SPT Tahunan tahun pajak 2017,” kata Irawan, Selasa (3/4)

Dijelaskan, saat ini tindakan tegas perlu dilakukan, mengingat selama ini Kanwil DJP Jateng I telah melakukan berbagai Iangkah-langkah persuasif untuk meningkatkan kepatuhan WP, mulai dari memberi teguran melalui surat. Jika surat itu diabaikan maka akan ada tindakan berupa Surat Tagihan Pajak (STP).

Irawan mengungkapkan, di samping itu Kanwil DJP Jateng I, juga sudah berupaya untuk mengingatkan kewajiban penyampaian SPT Tahunan dengan mengundang pemberi kerja untuk mendapatkan pencerahan mengenai pentingnya membayar pajak dan juga melakukan upaya menjemput bola, yaitu menyediakan gerai pajak dipusat perbelanjaan di kota semarang.

Ditambah sebelum batas penyampaian SPT Tahunan PPh WP Orang Pribadi pada 31 Maret 2018 Ialu, seluruh Kantor Pelayanan Pajak telah memperpanjang jam pelayanan untuk WP dengan membuka Iayanan juga pada hari Sabtu.

“Kita mengharapkan, ada komitmen dari seluruh WP agar ke depannya dapat menjadi WP yang patuh demi terwujudnya Negara Kesatuan Republik Indonesia yang mandiri dan sejahtera,” ujarnya.

Sementara itu, untuk informasi Iebih lanjut dapat mengunjungi Iaman www.pajak.go.id atau menghubungi Kring Pajak 1500 200 atau Kantor Pelayanan Pajak terdekat. (ZP/05).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

JNE Ikut ‘Mengantarkan’ Kesuksesan Bigissimo

SEMARANG - Kesuksesan penjualan produk fashion bigsize yang digeluti Prasina Dewi Nur Cahyani melalui brand Bigissimo tak terlepas juga...

Kerja Sama XL Axiata – Bank BCA Permudah Pelanggan Beli Paket Data

JAKARTA– PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) menjalin kerjasama strategis dengan Bank Central Asia (BCA) guna mempermudah pelanggan yang...

Stall Gerobak Nasi Goreng Hotel Santika Pekalongan

PEKALONGAN - Berbagai Menu makanan dengan bahan dasar nasi sepertinya masih menjadi idola untuk masyarakat Indonesia. Sebut saja Nasi...

Bentomie, Perpaduan Mie dan Bento

SEMARANG- Pengunjung Prima Raja Resto yang berada di kawasan Puri Anjasmoro Semarang kini diberikan ragam pilihan menu. Selain seafood...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Masjid Megah Pendiri JNE, diresmikan Gubernur Bangka Belitung

BANGKA BELITUNG– Masjid Jami’ Soeprapto Soeparno pertama kali dibangun oleh pendiri JNE, Almarhum Bapak H. Soeprapto Soeparno tahun 1979....

XL Axiata Dukung Geliat Wisata Jawa Tengah

*Pastikan Kualitas Jaringan di Magelang, Wonosobo, dan Temanggung MAGELANG- Industri wisata di Jawa Tengah terus menggeliat dan mencoba bangkit, antara...

Must read

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...

PGSI Jateng Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Sosial Hadapi Corona

  SEMARANG - Ketua Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI)...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda