Satgas TMMD Kodim 0733 BS/Semarang Edukasi PHBS Anak-anak Rowosari

Tim Kesehatan Lapangan TNI AD sedang mengajarkan cara membersihkan tangan dengan Hand Sanitizer di lokasi TMMD Kodim 0733 BS Semarang, Rowosari Semarang.

Semarang – Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler Ke-107 Kodim 0733 BS Semarang mengdukasi anak-anak di Kelurahan Rowosari Kota Semarang, untuk menerapkan prilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Dengan mengerahkan Tim Kesehatan Lapangan (Keslap) dari Detasemen Kesehatan (Denkes) mendatangi rumah-rumah yang terdapat anak-anak main di halaman depan rumah.

Tim yang dipimpin Kopral kepala Fransisco Ari Amd Keb langsung mengedukasi anak-anak tentang Social Distancing dan perilaku hidup sehat dengan menjaga kebersihan badan dan lingkungan.

“Mereka kami ajarkan cara cuci tangan dengan benar, mengajak untuk selalu menggunakan masker dan menjaga kebersihan,” katanya, Selasa (31/3).

Menurut Ari, ada banyak anak-anak yang tidak memanfaatkan liburan untuk pencegahan COVID-19 dengan istirahat dan berdiam di dalam rumah untuk memutus mata rantai penyebaran atau penularan.

Terpisah, Dandim 0733 BS Semarang Kolonel Kav Zubaedi mengatakan, Satgas TMMD Reguler Ke-107 sedang membantu percepatan pembangunan sarana dan prasarana di wilayah Kelurahan Rowosari.

Dia menjelaskan, Prajurit TNI memiliki tugas dan tanggung jawab melindungi segenap bangsa dari potensi ancaman, termasuk kini adalah wabah COVID-19.

Karena itu prajurit di lokasi TMMD, Prajurit yang memiliki kemampuan dan pengetahuan tentang kesehatan, juga diperintahkan untuk membantu masyarakat mengatasi penyebaran COVID-19.

“Setelah mengedukasi warga masyarakat kaum dewasa, kini mengenalkan dan mengajarkan pada anak-anak untuk pentingnya hidup bersih agar terhindar dari COVID-19,” tegas Dandim.

Langkah ini, kata Dandim, mendapat tanggapan positif dari masyarakat. Dengan pendekatan humanis, anak-anak yang semula senang main bergerombol di luar rumah, kini jadi lebih tertib.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here