Sido Muncul Gandeng Universitas Mataram Kerjasama Bidang Farmasi

Direktur PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk, Irwan Hidayat dan Rektor Universitas Mataram, Prof. DR. Lalu Husni, S.H., M.Hum., saat mendatangi kerjasama bidang farmasi, Jumat (6/12)

SEMARANG – PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk tak henti-hentinya menggandeng kalangan akademisi dalam pengembangan produk-produknya. Kali ini, Sido Muncul menggandeng Universitas Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB) untuk pengembangan riset tanaman obat alam.

Penandatanganan Memory of Understanding (MoU) dilakukan antara Direktur PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk, Irwan Hidayat, dengan Rektor Universitas Mataram, Prof. DR. Lalu Husni, S.H., M.Hum., pada Jumat (6/12), di Pabrik Sido Muncul Bergas Kabupaten Semarang.

Hadir pula bersama rombongan Yusron Saadi, ST.,M.Sc.,Ph.D (Wakil Rektor 4), dr. Hamsu Kadriyan, M.Kes., Sp.THT-K (Dekan Fakultas Kedokteran), Siti Rahmatul Aini, S.Farm, Apt., M.Sc (Sekretaris Prodi Farmasi), dan Dyke Gita Wirasisya, S.Farm., M.Sc., Apt. (Staff).

Dalam kesempatan tersebut Irwan Hidayat mengatakan, Sido Muncul selalu terbuka untuk kalangan akademisi, baik untuk melakukan kunjungan pabrik, melihat langsung proses produksi, hingga melakukan kerjasama riset. Dari kunjungan ke pabrik, kalangan akademisi bisa tahu langsung visi misi dan roh Sido Muncul dalam menjalankan roda bisnisnya.

“Kedatangan akademisi bagi saya sangat penting. Saya punya kesempatan untuk menunjukkan cara kerja Sido Muncul seperti apa, karena ada yang berpendapat melihat sekali lebih penting daripada mendengar 100 kali. Dan hasil kunjungan ini nantinya akan diceritakan pada 32.000 mahasiswanya di Universitas Mataram,” katanya, disela Kunjungan Kerja dan Penandatanganan MoU antara PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk dengan Universitas Mataram, Jumat (6/12), di Pabrik Sido Muncul Bergas, Kabupaten Semarang.

Menurutnya, dari kunjungan Universitas Mataram ini, Sido Muncul rencananya akan bekerjasama dalam pengembangan obat-obatan herbal. Apalagi, Universitas Mataram baru mendirikan program studi farmasi.

“Bentuk kerjasama dengan Universitas Mataram ini akan lebih mengarah pada penelitian tanaman obat alam untuk pengembangan obat herbal di Sido Muncul,” ungkapnya.

Irwan mengaku, sejauh ini sedikitnya Sido Muncul telah bekerjasama dengan 45 perguruan tinggi di Indonesia. Selain pengembangan riset bahan alam, Sido Muncul pada prinsipnya juga ingin kalangan milenial seperti mahasiswa bisa mengerti tentang obat-obatan herbal beserta khasiatnya.

“Saya sudah ketemu sekitar 45 perguruan tinggi, khususnya mahasiswa Fakultas Kedokteran. Saya ingin mahasiswa juga tahu tentang obat-obatan herbal,” ujarnya.

Rektor Universitas Mataram, Prof. DR. Lalu Husni, SH. M.Hum menyatakan terima kasih atas kesempatannya bisa berkunjung ke Pabrik Sido Muncul, melihat langsung proses produksi, hingga sekaligus bekerjasama. Setelah melihat proses produksi, makin meyakinkannya dalam mengkonsumsi produk Sido Muncul.

“Produksinya sudah berstandar internasional, makin meyakinkan kita dalam konsumsi produk Sido Muncul. Apalagi kita juga tahu, produk Sido Muncul banyak menggunakan bahan kekayaan alam Indonesia,” terangnya.

Dijelaskan, Universitas Mataram tengah mengembangkan program studi farmasi, yang lebih memfokuskan diri pada herbal. Ke depan, pihaknya akan turut melakukan penelitian tanaman obat, yang diharapkan bisa berkontribusi pada pengembangan produk Sido Muncul.

“Untuk kerjasamanya nanti lebih pada riset tanaman obat alam yang bisa ditawarkan ke Sido Muncul. Selain itu juga terkait dengan untuk kebutuhan narasumber dalam kegiatan-kegiatan riset dan lain-lain, yang akan dilakukan pihak kampus,” tandasnya. (ZP/06)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here