spot_img
UmumKesehatanSido Muncul Pastikan Tolak Angin Menggunakan Rempah-Rempah Indonesia

Sido Muncul Pastikan Tolak Angin Menggunakan Rempah-Rempah Indonesia

*Tidak Mengandung Etilen Glicol dan Dietilen Glicol

-

- Advertisment -spot_img
-PENJELASAN- Tolak Angin tidak mengandung Etilen Glicol dan Dietilen Glicol. Foto : ist/zonapasar.com

ZONAPASAR.COM, SEMARANG – Terkait penghentian sementara produk obat dalam sediaan cair atau sirup tengah ramai menjadi pembicaraan khalayak ramai.

Direktur PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul, Irwan Hidayat, memastikan produk Tolak Angin Sido Muncul tidak mengandung senyawa etilen glicol dan dietilen glicol yang diduga sebagai penyebab gagal ginjal akut.

“Produk Tolak Angin Sido Muncul aman dikonsumsi dan bebas dari kandungan etilen glicol dan dietilen glicol,” katanya, Rabu (19/10/2022).

Menurutnya, produk Tolak Angin tidak ada kaitannya dengan senyawa itu. Produk Tolak Angin menggunakan rempah-rempah Indonesia dan tidak ada kandungan etilen glicol dan dietilen glicol.

Dijelaskan, sehubungan dengan pemberitaan yang beredar di masyarakat terkait himbauan untuk tidak mengedarkan dan mengkonsumsi obat-obat dalam bentuk sirup tidak berkaitan dengan Sido Muncul. Pasalnya, Sido Muncul tidak memproduksi obat-obat dalam bentuk sirup.

“Kami memproduksi obat tradisional dalam bentuk jamu dan herbal terstandar dalam berbagai bentuk sediaan, diantaranya cair,” jelas Irwan.

Seluruh produk Sido Muncul, lanjut Irwan, diproduksi dengan standar CPOTB yang ketat di bawah pengawasan Badan POM RI. Bahkan produk Sido Muncul dalam bentuk sachet cair, di antaranya Tolak Angin, Tolak Angin Anak, Tolak Linu, dan Esemag, semuanya menggunakan rempah-rempah Indonesia.

“Jadi produk Sido Muncul tidak mengandung senyawa etilen glicol dan dietilen glicol,” tutur Irwan.

Sementara, hingga saat ini, 241 jenis obat herbal dan suplemen soft yang diproduksi Sido Muncul telah lolos untuk memperoleh sertifikat Halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).
Berdasarkan pemeriksaan dokumen dan audit Sistem Jaminan Halal Lembaga Pengkajian Pangan Obat-Obatan dan Kosmetika – MUI (LPPOM-MUI), Pabrik Sido Muncul bahkqn dinilai telah menerapkan Sistem Jaminan Halal dengan kategori Excellent A atau Sangat Baik.(ule)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Telkomsel Dukung BKKBN Digitalasi Percepatan Penangan Stunting di Jawa Tengah

SEMARANG - Telkomsel bersama BKKBN melakukan sosialisasi penanganan stunting secara hybrid dengan menghadirkan dr. Irma Ardiana, MAPS Direktur Bina...

Terkait UMK 2023, SPN Berharap Gubernur Jateng Ganjar Pranowo Perjuangkan Aspirasi Buruh

SEMARANG, ZONAPASAR.COM - Serikat Pekerja Nasional (SPN) Jawa Tengah berharap Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo akan menyetujui usulan buruh...

DPRD Pati Minta Masyarakat Waspadai Banjir Musiman

ZONAPASAR.COM, PATI - Sejumlah wilayah di Kabupaten Pati dilanda banjir beberapa waktu lalu.   Salah satu penyebabnya adalah wilayah geografis Pati...

Soroti Kasus HIV, DPRD Pati Ungkap Upaya Pengendaliannya

ZONAPASAR.COM, PATI - Anggota DPRD Kabupaten Pati, Muntamah turut menanggapi terkait kasus HIV.   Menurut Muntamah, salah satu penyebab maraknya kasus...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Peringati HGN, DPRD Pati Sebut Guru Pelita Dunia

ZONAPASAR.COM, PATI - Anggota DPRD Kabupaten Pati turut buka suara terkait peringatan Hari Guru Nasional (HGN) yang dirayakan setiap...

XL Axiata Future Leaders Gelar Pelatihan IoT Untuk Mahasiswa

ZONAPASAR.COM, JAKARTA - Masifnya pertumbuhan dan perkembangan teknologi digital membuat perubahan di berbagai bidang kehidupan nampak semakin terasa. Adanya kemudahan...

Must read

Hadirkan Konten Video Premium untuk Pelanggan, Smartfren Tandatangani Kerja Sama Ekslusif dengan Vision+

JAKARTA – Smartfren menjadi operator pertama di Indonesia yang...

Kementerian Ketenagakerjaan Indonesia Lakukan Tes IVA Kepada 500 Karyawan Perempuan Sido Muncul

  ZONAPASAR.COM, SEMARANG - Setiap perempuan berisiko untuk terkena kanker leher...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda