Stasiun Semarang Tawang Sajikan Kebersamaan Dengan “Angkringan On Station”

ANGKRINGAN- PT Kereta Api Indonesia (Persero) telah menghadirkan kegiatan “Angkringan on Station”, selama 4 hari yakni 17-18 April 2018 dan 24-25 April 2018 dari pukul 16.30 WIB sampai 21.00 WIB. FOTO: M.Nurrozikan

SEMARANG- Jika biasanya anda melihat angkringan kebanyakan ada di pinggir-pinggir jalan, kini anda akan menemukannya di dalam stasiun kereta. Hal itu karena PT Kereta Api Indonesia (Persero) telah menghadirkan suasana tersebut kepada pelanggannya dengan mengadakan kegiatan “Angkringan on Station”.

EVP Daop 4 Semarang, Wiwik Widayanti mengatakan, kegiatan itu bertujuan untuk mendekatkan PT KAI dengan pelanggannya, di mana pelanggan dapat menikmati suasana santai penuh kekeluargaan diiringi sajian live music maupun pertunjukan seni lainnya plus merchandise menarik.

“Dengan kegiatan ini, kami memberikan suasana yang berbeda dan khas kepada para pengguna jasa KA di Stasiun Semarang Tawang, di mana mereka dapat menikmati makanan khas angkringan yang melibatkan para pelaku usaha UMKM yang bergerak di bidang kuliner tradisional. Kami berharap kegiatan Angkringan on Station ini dapat menambah rasa kebersamaan dan kekeluargaan antara KAI dan masyarakat khususnya pengguna setia jasa KA,” kata Wiwik Widayanti, Selasa (17/4).

Dijelaskan, Angkringan on Station berlangsung di Stasiun Semarang Tawang selama 4 hari yakni 17-18 April 2018 dan 24-25 April 2018 dari pukul 16.30 WIB sampai 21.00 WIB. Selain di Stasiun Semarang Tawang, kegiatan ini juga dilaksanakan secara serentak di sembilan stasiun besar dari Daop 1 Jakarta hingga Daop 9 Jember (Gambir, Bandung, Cirebon, Semarang Tawang, Purwokerto, Yogyakarta, Madiun, Surabaya Gubeng dan Jember).

Dikatakan, KAI sengaja menyelenggarakan Angkringan on Station pada Selasa dan Rabu, agar bisa memberikan pengalaman yang menyenangkan kepada para pelanggan setianya saat bepergian menggunakan moda transportasi kereta api saat week day. Sedangkan sajian itu pun bisa dinikmati secara gratis oleh calon penumpang.

“Penumpang dapat menikmati sajian di gerai angkringan tersebut secara gratis. Syaratnya sangat mudah, yakni cukup menginstal dan register aplikasi KAI Access di smartphone masing-masing,” ucapnya.

Ia menambahkan, selain itu, PT KAI juga ingin mensosialisasikan berbagai promo menarik saat weekday seperti weekdays holiday dan diskon rombongan 15 persen. Promo weekdays holiday sendiri merupakan program yang ditawarkan KAI pada hari Selasa dan Rabu yang telah berlangsung sejak 13 Maret 2018 hingga 25 April 2018 mendatang. Dengan promo ini, masyarakat dapat membeli tiket KA dengan harga lebih murah dari harga biasanya.

Pemesanan tiket, lanjutnya dapat dilayani di loket reservasi, aplikasi KAI Access, website kai.id, vending machine dan channel eksternal mitra perusahaan. Sebagai informasi, tiket dengan tarif promo tersebut dapat direduksi dan bisa dibatalkan maupun diubah jadwalnya.

Sementara, tercatat di tahun 2017 yang lalu, jumlah penumpang kereta api di wilayah PT KAI Daop 4 Semarang berjumlah total 5.808.033 orang, dimana 13.127 orang menggunakan fasilitas tiket rombongan. Sebagai perbandingan jumlah tiket rombongan di wilayah Daop 4 Semarang, telah terjadi kenaikan pertumbuhan sebesar 34 persen, dimana pada angkutan rombongan di Tri wulan 1 tahun 2017 berjumlah 3.517 orang, dan di periode pada Tri wulan 1 tahun 2018 (pada periode yang sama) berjumlah 8.215 orang.

Sedangkan dalam hal pengguna pemesanan tiket secara online di wilayah Daop 4 Semarang telah terjadi peningkatan sebesar 5 persen, dimana sebelumnya berkisar di angka 65 persen dari transaksi hariannya di tahun 2017, kini di tahun 2018 meningkat menjadi 70 persen. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here