Stok Pangan di Jepara Dipastikan Aman Hingga Lebaran

JEPARA – Pemerintah Kabupaten Jepara memastikan stok pangan aman selama Ramadan hingga Lebaran. Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Jepara, juga terus mendorong percepatan proses distribusi agar ketersediaan bahan pangan di pasaran tetap terjaga.

“Sampai dengan Mei 2020, stok pangan khususnya surplus cukup tinggi, antara ketersediaan dan kebutuhan,” ujar Kepala DKPP Kabupaten Jepara Achid Setiawan baru-baru ini.

Menurut Achid, ketersediaan stok sebelas komoditas bahan pangan saat ini terjaga dengan baik dan dengan harga yang stabil. Selain terus memantau perkembangan harga, pihaknya juga telah gencar mendorong pemanfaatan lahan pekarangan.

Kabid Ketahanan Pangan Sujima menambahkan, keberadaan toko tani juga membantu memasarkan bahan pangan dengan harga terjangkau. Sebarannya pun merata di Kabupaten Jepara. Hal ini juga didukung para pelaku usaha pangan yang memiliki koneksi dengan petani, dan para pedagang pangan di daerah produsen.

“Kita punya binaan pelaku usaha pangan yang mensuplai ke pengecer-pengecer melalui toko tani. Kegiatan ini diharapkan bisa menjaga harga, di samping menjaga ketersediaan,” tutur Sujima.

Pada puncak panen raya April ini, DKPP Kabupaten Jepara memprediksi luas panen mencapai lebih 21 ribu hektare. Sedangkan produksi gabah kering giling (GKG) mencapai 114 ton. (ZP/07)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here